Karbohidrat bukan musuh, kamu pun harus mencukupi asupannya biar gak gampang lesu!

Siapa di sini yang masih ogah-ogahan dalam mengonsumsi karbohidrat, karena takut menjadi penyebab berat badan meningkat? Jangan kayak gini lagi, ya. Karena, karbohidrat merupakan gizi yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

Selain itu, karbohidrat juga memiliki peranan penting untuk menjalani aktivitas harian, seperti menjadi makanan utama bagi otak.

Makanan tinggi karbohidrat biasanya kerap dihindari, khususnya oleh orang-orang yang tengah berupaya menurunkan berat badan. Sebab, sumber gizi tersebut umumnya memiliki gula yang tinggi dan sudah diproses berulang kali.

Meski demikian, ada lho, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tapi tetap menyehatkan. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Quinoa

Credit Image - thespruceeats.com

Quinoa atau kinoa adalah jenis makanan yang populer di antara pegiat pola makan sehat. Kinoa diklasifikasikan sebagai "pseudosereal", yaitu biji-bijian yang diolah dan dimakan seperti padi-padian (grain).

Dilansir Healthline, kinoa mengandung 70 persen karbohidrat, membuatnya sebagai sumber karbohidrat tinggi. Di sisi lain, kinoa juga sumber baik protein dan serat. Kinoa juga mengandung banyak mineral dan senyawa tanaman yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk memperbaiki manajemen gula darah dan kesehatan jantung.

 

2. Oat

Oat adalah salah satu biji-bijian yang paling sehat dan serbaguna. Varietas yang berbeda tersedia, termasuk rolled oatsteel cut, dan quick oat. Secangkir rolled oat dapat menyediakan 27 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 4 gram serat.

Studi dalam jurnal Nutrients tahun 2013 menunjukkan bahwa oat dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan kardiovaskular.

 

3. Buah-buahan Kering

Credit Image - realsimple.com

Buah-buahan kering mengandung lebih banyak karbohidrat per gram daripada buah segar karena semua airnya telah dihilangkan. Hal ini membuat buah kering lebih padat kalori, sehingga bisa menjadi camilan sebelum olahraga yang memberikan energi yang dibutuhkan tanpa membuat perut kembung.

Contohnya adalah satu buah kurma Medjool kering tanpa biji (17,9 gram karbohidrat), secangkir kismis (129,48 gram), dan secangkir goji berry (32 gram karbohidrat). Selain karbohidrat, ketiganya juga mengandung mikronutrien penting.

 

4. Pisang

Satu buah pisang berukuran besar (136 gram) mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati atau gula. Buah ini juga kaya akan kalium, vitamin B6, dan C, serta senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Pisang hijau mentah memiliki kandungan pati yang lebih tinggi. Ini berubah menjadi gula alami saat pisang matang, menjadi kuning dalam prosesnya. Dengan demikian, kamu akan cenderung mendapatkan lebih banyak pati dan lebih sedikit gula jika kamu makan pisang yang kurang matang.

 

5. Ubi Jalar

Credit Image - doktersehat.com

Satu ubi jalar panggang dengan kulit berukurang sedang mengandung 23,61 gram karbohidrat. Ubi jalar adalah sumber potasium dan vitamin A dan C yang sangat baik. Sebuah studi dalam jurnal Carbohydrate Polymers tahun 2015 menemukan bahwa beberapa molekul karbohidrat dalam ubi jalar ungu mungkin juga memiliki manfaat antioksidan dan antitumor.

 

6. Jeruk

Jeruk terutama terdiri dari air dan sekitar 15,5 gram karbohidrat per porsi 100 gram. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, jeruk juga kaya akan vitamin C, kalium, dan beberapa vitamin B.

Makan jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah batu ginjal. Jeruk juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain yang kamu makan sehingga dapat melindungimu dari anemia defisiensi besi, mengutip Healthline.

Tidak hanya bisa menjadi sumber karbohidrat, tetapi rutin mengonsumsi buah-buahan, termasuk jeruk juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh, lho. Ini tentu bermanfaat baik bagi sistem imunitas tubuh.

Selain dari buah-buahan, mencukupi kebutuhan vitamin juga disarankan dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tak mengonsumsi karbohidrat, ya. Kamu bisa memilih jenis karbohidrat di atas yang lebih sehat – dan tentunya tetap bisa memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

 

 

Featured Image – healthyforlifemeals.com

Source – idntimes.com