Habis sakit? Yuk, lakukan cara mengembalikan stamina tubuh ini agar kembali bugar!

Setelah sakit – dan berbaring lama di tempat tidur, tentu saja kamu membutuhkan energi untuk kembali beraktivitas. Setelah terserang penyakit, badan belum bisa pulih seutuhnya seperti sedia kala. Nah, selama masa pemulihan ini, tubuh membutuhkan adaptasi.

Ketika beraktivtias, setiap orang membutuhkan stamina. Bahkan, hal ini juga diperlukan ketika kamu sedang berpikir, lho. Ibarat “oli”, stamina dibutuhkan untuk menggerakan tubuh agar mampu melakukan kegiatan.

Setelah sakit, kamu perlu melakukan beberapa cara mengembalikan stamina tubuh agar kembali mampu berkegiatan seperti sebelumnya. Berikut ini trik yang bisa kamu lakukan.

 

 

1. Mulai Yoga dan Lakukan Meditasi

Credit Image - halodoc.com

Bayangkan ketika stamina tak terkumpul secara optimal. Sementara, setelah pulih ada banyak pekerjaan yang menunggumu. Salah satu cara memulihkan stamina adalah dengan bermeditasi atau yoga.

Keduanya mampu membuat kamu menjadi lebih rileks dan fokus. Melakukannya secara konsisten dapat mengurangi stres dan mendongkrak stamina.

Dibuktikan pula dalam sebuah studi yang melibatkan 27 partisipan dari mahasiswa kedokteran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi atau yoga mampu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan tubuh.

 

2. Berolahraga Rutin

Cara mengembalikan stamina tubuh setelah sakit selanjutnya, yaitu dengan mulai berolahraga.

Rasanya pasti melelahkan dan berat untuk memulai olahraga. Meskipun sulit, dorong diri untuk melakukan aktivitas fisik. Karena cara ini ini mampu memulihkan stamina setelah sakit. Misalnya, bersepeda, jalan pagi, atau jogging.

Menurut Kerry J. Stewart, profesor dan direktur klinis dan riset olahraga fisiologi dari Hopkins University School of Medicine., olahraga secara konsisten dapat menambah semangat dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Secara efisien, olahraga mampu memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, maupun otot. Aktivitas fisik dapat memenuhi stamina. Bagi kamu yang setiap harinya hampir dilanda deadline, ada baiknya berolahraga untuk memompa stamina, ya!

 

3. Banyak Minum Air

Credit Image - medicalnewstoday.com

Menjaga hidrasi tubuh juga menjadi cara mengembalikan stamina tubuh setelah sakit, lho. Paling tidak, kamu minum sebanyak 2 liter – atau setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya.

Untuk memastikan apakah kamu kekurangan minum atau tidak, cobalah tengok warna urin. Jika urin berwarna kuning gelap, itu tandanya kurang minum. Namun, jika warna kuning terang hingga bening, artinya kamu sudah cukup minum.

 

4. Makanlah Lebih Sering

Usai sakit, biasanya tubuh masih terasa lemas. Cobalah untuk makan lebih banyak, sebagai cara untuk memulihkan stamina. Nah, kamu bisa makan dalam porsi kecil tetapi sering sepanjang hari, ya.

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks biasanya memakan waktu yang lebih lama untuk diserap tubuh, serta mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

 

5. Istirahat yang Cukup

Credit Image - alodokter.com

Meskipun kamu perlu beraktivitas fisik selama pemulihan, tapi jangan abaikan waktu istirahat. Kurang waktu tidur dapat meningkatkan kelelahan, sehingga tubuh jadi kembali tak bertenaga pada keesokan harinya.

Dilansir oleh WebMD, studi dari Standford University mengatakan bahwa cukup tidur dapat meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah. Maka itu, penting untuk mengatur jam tidur dan istirahat.

Setidaknya setiap orang butuh waktu paling tidak 10 menit untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Sementara itu, kualitas jam tidur seseorang setidaknya 7-8 jam setiap harinya. Tidur yang cukup menjadi salah satu cara mengembalikan stamina tubuh usai sakit yang efektif, lho!

 

6. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Nah, selain menerapkan cara mengembalikan stamina tubuh di atas, kamu juga dianjurkan agar rutin mengonsumsi vitamin dan mineral, sehingga tubuh kembali berenergi selama beraktivitas.

Kamu pun  dianjurkan mengonsumsi multivitamin, apalagi yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, lho. Jenis nutrisi satu ini membantu proses metabolisme – yang berperan membentuk energi serta meningkatkan suasana hati.

Lantas, apa multivitamin yang direkomendasikan?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Nah, jadi itulah beragam cara mengembalikan stamina tubuh setelah sakit. Kalau kamu sedang masa pemulihan, yuk, coba terapkan tips-tips di atas sehingga mampu kembali berkegiatan dengan optimal – dan tentunya menjadi tak mudah lemas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – kompasiana.com

Source – hellosehat.com