Stamina yang baik akan mendukung kesehatan, baik itu secara fisik maupun mental. Kalau sudah begini, produktivitas harian dapat berjalan lancar, kan? Selain itu, menjaga stamina pun mampu membuatmu gak gampang lemah dan tak mudah stres, lho.

Tak perlu repot-repot, ada berbagai cara meningkatkan stamina tubuh makin kamu makin berenergik, kok!

Sebenarnya, stamina merupakan ketahanan fisik dan mental seseorang dalam jangka waktu lama. Seseorang dengan stamina prima akan tetap mampu beraktivitas meski fisik atau mentalnya tengah kurang stabil.

Agar semakin berenergi – dan bebas beraktivitas tanpa takut mudah lelah, berikut cara meningkatkan stamina yang perlu dilakukan. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Berolahraga Rutin

Credit Image - rsud.sawahluntokota.go.id

Cara meningkatkan stamina tubuh yang pertama, yaitu dengan rutin berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Jika kamu termasuk orang yang jarang olahraga, mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan santai, tapi lakukan secara konsisten. Bila sudah terbiasa, maka kamu dapat meningkatkan intensitasnya.

Ini perlu dilakukan karena penambahan intensitas olahraga secara berkala juga dapat memperkuat stamina tubuh. Pilihan olahraga yang bisa meningkatkan stamina juga ada banyak, mulai dari jogging, bersepeda, hingga angkat beban.

 

2. Mendengarkan Musik Mampu Mendongkrak Stamina!

Selama olahraga, kamu pun bisa sambil mendengarkan musik. Hal ini bisa meningkatkan suasana hati sekaligus mengalihkan perhatian dari rasa lelah. Dengan begitu, olahraga dapat jadi lebih maksimal sehingga stamina menjadi lebih kuat.

 

3. Melakukan Meditasi Juga Direkomendasikan

Credit Image - klikdokter.com

Meditasi dan yoga tidak hanya membuatmu rileks, tapi juga merupakan salah satu cara meningkatkan stamina tubuh, lho. Jika dilakukan secara rutin, kedua aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi stres dan lelah.

Ada pun gerakan yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina antara lain sebagai berikut.

  • Pose perahu. Duduklah dengan kedua kaki lurus dan kedua tangan di sisi tubuh. Angkat dan luruskan kaki ke atas (tubuh membentuk huruf V), lalu tempatkan tangan di samping lutut sehingga kamu duduk bertumpu pada bokong. Tahan selama beberapa detik.
  • Pose upward-facing dog. Berbaringlah tengkurap dengan telapak tangan menyentuh matras. Lalu, luruskan tangan hingga tubuhmu terangkat sedikit, namun dengan kaki yang tetap sejajar dengan matras (terangkat sedikit). Tahan pose ini selama beberapa detik.
  • Pose dewi (goddess pose). Berdirilah dengan melebarkan kedua kaki dan ujung kaki menghadap ke luar. Embuskan napas, lalu tekuk lutut kamu seperti posisi squat. Angkat dan luruskan kedua tanganmu ke atas, dan tahan selama 5 tarikan napas.

 

4. Istirahat yang Cukup

Pastikan waktu tidurmu sudah tercukupi dengan baik, ya. Karena, ini juga termasuk cara meningkatkan stamina tubuh yang efektif, lho.

Tidur yang cukup berperan terhadap peningkatan stamina karena tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih berenergi, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati. Orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7-8 jam setiap malamnya.

 

5. Minum Air Putih yang Cukup

Credit Image - halodoc.com

Cara meningkatkan stamina tubuh yang berikutnya, yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian.

Tak hanya mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya juga turut memengaruhi stamina. Jadi, jangan lupa untuk membiasakan diri minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter sehari agar stamina tetap terjaga.

 

6. Mengonsumsi Makanan Penambah Stamina

Kemudian, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah energi jika ingin memiliki stamina yang kuat. Adapun pilihan makanan yang dapat dipilih ada beragam, sepert oatmeal, telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi lain agar kebutuhan nutrisi harian bisa terpenuhi dengan baik.

 

7. Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral, Jangan Dilewatkan!

Credit Image - popsugar.com

Tidak hanya cara meningkatkan stamina tubuh di atas, kamu juga disarankan mencukupi asupan vitamin dan mineral untuk mendongkrak energi tubuh. Nah, khusus tips ini, baiknya kamu memperbanyak konsumsi vitamin B kompleks, ya.

Karena, jenis nutrisi tersebut dikenal efektif untuk membantu proses metabolisme, sehingga energi dapat terbentuk dengan baik – dan akhirnya stamina tubuh ikut meningkat. Selain itu, energi yang cukup dapat meningkatkan suasana hati, lho.

Selain dari makanan, asupan vitamin dan mineral, terlebih vitamin B kompleks dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C yang ramah di lambung dan zincnya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak mudah menyerang tubuh.

Kemudian, yang sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah deretan cara meningkatkan stamina tubuh yang dapat kamu lakukan biar gak gampang lelah selama beraktivitas. Yuk, mulai dilakukan!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – alodokter.com