Kamu pekerja komuter? Tips menjaga kesehatan di bawah ini jangan sampai terlewatkan, ya!

Menjaga kesehatan selama commuting – atau pergi pulang dari kantor harus dilakukan secara tepat. Hal ini penting apalagi jika harus menempuh jarak jauh dari dan menuju tempat kerja. Para komuter pun lebih sering menghabiskan waktu di jalan yang menguras waktu dan tenaga.

Untuk itu, penting sekali menjaga daya tahan tubuh dengan baik, sehingga badan tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

Nah, para pekerja komuter sendiri kerap dihantui dengan berbagai masalah kesehatan, seperti mudah terserang penyakit – akibat adanya paparan asap, debu, kotoran, dan kuman. Kemudian, mudah lelah, dan stres karena harus bergelut dengan kemacetan.

Untukmu pejuang komuter, berikut tips menjaga kesehatan yang penting dilakukan.

 

 

1. Mencuci Tangan

Credit Image - healthline.com

Cuci tangan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri, apalagi semenjak pandemi melanda negeri. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun ataupun hand rub yang mengandung alkohol.

Menurut WHO, mencuci tangan dengan sabun ataupun hand rub yang mengandung alkohol dapat membunuh virus-virus yang mungkin menempel di tangan kamu. Sabun pencuci tangan biasanya tersedia di kamar mandi kantor. Jikalau tidak ada, ada baiknya kamu membawa sendiri pembersih tangan demi menjaga kesehatan saat commuting kerja.

 

2. Menjaga Jarak Selama Perjalanan

Tips menjaga kesehatan bagi pekerja komuter yang selanjutnya, yaitu menjaga jarak, terlebih ketika sedang menggunakan kendaraan umum.

Selain itu, ketika sedang di kantor dan kebetulan ada yang sedang sakit, maka sebaiknya kamu harus jaga jarak dengannya. Hal ini terutama saat dia sedang bersin ataupun batuk, jangan sampai kamu berada di dekatnya.

Usahakan jaga jarak sampai 1 meter dengan orang yang sedang sakit untuk menghindari penularan virus ke dalam tubuh kamu, ya!

 

3. Hindari Menyentuh Wajah, Terutama Mata, Mulut, dan Hidung

Credit Image - bbc.com

Untuk pekerja komuter yang sering menggunakan transportasi umum coba deh hilangkan kebiasaan menyentuh wajah, terlebih bagian mata, mulut, dan hidung. Karena, tangan sudah menyentuh apapun sebelumnya sehingga kemungkinan ada virus yang menempel.

Dengan keadaan tersebut, maka ada kemungkinan tangan akan mentransfer virus ke mata, mulut atau hidung kamu sehingga menyebabkan virus masuk ke tubuh dan membuat kamu sakit. Jadi, pastikan sebelum menyentuh mata, mulut, dan hidung, tangan harus bersih terlebih dahulu.

 

4. Duduk di Belakang

Ketika sedang berangkat ke kantor menggunakan taksi konvensional maupun taksi online, maka sebaiknya kamu duduk di belakang. Hal ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan saat commuting untuk pergi kerja.

Taksi merupakan kendaraan yang cenderung aman karena tertutup dan tidak banyak orang di dalamnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu harus duduk di belakang pengemudi ketika naik taksi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyebaran virus ketika pengemudi bersin atau batuk.

 

5. Menghindari Jam Sibuk

Credit Image - todayonline.com

Bagi kamu pekerja komuter yang lebih sering menggunakan transportasi umum seperti bus, MRT, atau KRL Commuter Line, maka sebisa mungkin hindari jam sibuk, ya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kontak fisik yang terlalu sering dengan orang lain.

Menurut BioMed Central, sebagaimana dikutip oleh Telegraph, pengguna transportasi umum seperti bus atau kereta memiliki risiko yang tinggi dalam penyebaran flu atau virus lain hampir enam kali lipat.

Ketika kamu naik bus atau kereta, usahakan duduk dengan tenang, tetap waspada terhadap apa yang kamu pegang. Yang juga penting, jangan lupa cuci tangan setelah turun dari kendaraan umum tersebut.

 

6. Meningkatkan Proteksi Tubuh

Nah, biar kesehatan senantiasa terjaga, pekerja komuter juga harus menerapkan gaya hidup sehat, sehingga sistem kekebalan tubuh tak mudah melemah. Kalau begini, kamu pun tak mudah lemas maupun jatuh sakit mesti punya akitivitas padat, kan?

Ada pun gaya hidup sehat yang bisa diterapkan, seperti:

  • Menerapkan pola makan sehat. Kalau bisa kamu membawa bekal dari rumah, ya, karena sudah pasti lebih terjamin kebersihannya.
  • Olahraga secara rutin. Para pekerja komuter biasanya kurang memiliki waktu untuk olahraga. Coba luangkan waktu sejenak untuk melakukan olahraga ringan di kantor.
  • Menghindari stres. Penting untuk mengelola stres dengan baik agar perjalanan yang ditempuh tidak terasa terlalu menyiksa. Cara menghindari stres di jalan di antaranya berbincang dengan sesama komuter atau mendengarkan yang disukai.
  • Istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Selain tips di atas, kamu juga dapat mengonsumsi multivitamin untuk menambah proteksi tubuh. Nah, kamu bisa memilih suplemen dengan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan juga zinc yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga energi.

Tapi, multivitamin apa yang mengandung sejumlah vitamin tersebut? Tak perlu pusing-pusing mencari lagi, kamu direkomendasikan minum Enervon Active yang kaya akan vitamin penting.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C yang ramah di lambung – dan juga zinc bermanfaat daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit. Kemudian, vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera dapatkan di sini, ya!

 

Jadi, untukmu para pekerja komuter, yuk, terus jaga kesehatan dengan menerapkan tips mudah di atas!

 

 

Featured Image – shrm.org

Source – glints.com