Untuk menguatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan menjaga asupan makanan bergizi seimbang. Hal ini dilakukan agar kebutuhan vitamin dan mineral dapat terpenuhi. Diketahui kedua nutrisi ini berperan penting dalam menjaga sistem imunitas.

Ada berbagai vitamin kekebalan tubuh yang perlu dikonsumsi. Meski dibutuhkan dalam jumlah yang relatif kecil, namun kebutuhan mikronutrien ini harus tetap tercukupi, sehingga respons imun untuk melawan patogen penyebab penyakit pun dapat bekerja maksimal.

Nah, secara spesifik, ada 5 jenis vitamin untuk kekebalan tubuh yang asupannya penting diperoleh secara rutin. Yuk, simak informasinya di bawah ini biar kamu gak salah konsumsi!

 

 

1. Vitamin C

Credit Image - kompas.com

Jenis vitamin kekebalan tubuh satu ini pasti sudah familiar, kan? Yap, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang memiliki manfaat baik bagi tubuh, mulai dari mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi, menangkal efek radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan vitamin C sebagai salah satu jenis vitamin yang paling sering dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, berbagai macam produk suplemen dengan kandungan vitamin C juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Vitamin C dapat kamu peroleh dari buah-buahan, seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi, serta sayuran seperti brokoli dan bayam. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dengan rutin minum suplemen secara rutin, ya.

 

2. Vitamin B1

Lanjut ke vitamin kekebalan tubuh lainnya. Ada vitamin B1 – atau thiamin yang berperan memberi asupan energi buat tubuh. Saat beraktivitas, kamu cenderung kehilangan banyak energi. Nah, di sinilah vitamin B1 menjalankan perannya.

Vitamin B1 akan membantu tubuh dalam melakukan proses pencernaan zat glukosa – yang dihasilkan dari makanan yang sudah dikonsumsi. Pengolahan ini bertujuan agar glukosa diubah menjadi energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Tidak hanya memberikan energi pada tubuh, vitamin B1 juga berperan penting dalam menjalani fungsi sistem kerja jantung, menyehatkan sistem pencernaan, dan sistem endorkin.

Dan, agar asupan thiamin terpenuhi, konsumsi makanan seperti daging sapi, hati sapi, gandum, kacang-kacangan, buah beri, bayam, dan jagung, maupun konsumsi suplemen.

 

3. Vitamin B2

Credit Image - klikdokter.com

Selanjutnya, vitamin B2 – atau dikenal juga sebagai riboflavin yang juga penting dipenuhi asupannya secara rutin. Kenapa vitamin kekebalan tubuh satu ini dibutuhkan? Karena vitamin B2 memiliki peran untuk memudahkan proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak untuk menghasilkan cukup energi. Jadi, kamu tidak akan mudah lemas saat berkegiatan!

Selain itu, vitamin B2 sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit – bisa mengurangi risiko kulit kering ketika puasa lho, kemudian menyehatkan organ mata, hingga membantu kelancaran fungsi organ vital lainnya dalam tubuh.

Vitamin yang satu ini dapat kamu peroleh dari berbagai sumber makanan sehat, seperti kuning telur, daging merah, ikan salmon dan tuna, kacang kedelai dan almond, hingga berbagai jenis gandum.

 

4. Vitamin B6

Vitamin B6 atau pyridoxine juga menjadi salah satu jenis vitamin kekebalan tubuh yang wajib dipenuhi kebutuhannya sehari-hari. Vitamin B6 punya peran penting untuk mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi, sehingga energi pun dapat terbentuk.

Tak hanya itu, vitamin B6 memiliki fungsi penting lainnya, seperti menjaga kesehatan rambut, kulit, dan penglihatan. Kemudian, pyridoxine juga dapat membantu kerja hati, otak, sistem saraf, serta membentuk sel-sel darah merah.

Biar kebutuhannya terpenuhi, kamu dapat memperoleh asupan vitamin ini dengan memasukkan daging sapi, daging ayam, ikan tuna, kacang-kacabgan, pisang, dan kentang ke dalam menu masakan, ya!

 

5. Vitamin B12

Credit Image - orami.co.id

Vitamin kekebalan tubuh yang terakhir, yaitu vitamin B12 yang juga berperan memberikan energi pada tubuh. Bernama lain kobalamin, vitamin ini pun tak kalah pentingnya dari nutrisi untuk imunitas di atas, lho.

Adapun kerja utama dari vitamin B12, yaitu mendukung kerja otak dan sistem saraf. Serta, berpran penting dalam membantu produksi sel DNA di dalam tubuh, yang juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan sel-sel darah merah.

Dengan mencukupi kebutuhan kobalamin, tulang pun jadi lebih kuat dan kamu terhindar dari risiko pengeroposan tulang, lho. Asupan vitamin B12 bisa diperoleh dari jenis makanan, seperti daging sapi dan unggas, ikan tuna, susu, keju, yogurt, dan telur.

 

Penuhi Asupan Vitamin dengan Praktis, Minum Suplemen Ini, Yuk!

Kalau dari penjelasan di atas, sudah disebutkan bahwa sejumlah vitamin kekebalan tubuh di atas bisa diperoleh dari sumber makanan – yang harusnya mudah kamu temukan, ya. Tapi, masih ada sumber lainnya yang juga wajib kamu konsumsi, nih, yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Tunggu apa lagi? Yuk, segera temani aktivitas harianmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin andalan satu ini. Untuk mendapatkannya segera kunjungi official store Enervon, ya!

 

Jadi, itulah berbagai jenis vitamin kekebalan tubuh yang baiknya kamu penuhi asupannya secara rutin biar imunitas mampu bekerja secara maksimal.

 

 

 Featured Image – prevention.com

Source – alodokter dan sehatq.com