Bukan hal baru lagi kalau sistem imunitas yang lemah dapat membuat seseorang lebih mudah jatuh sakit. Ada pun berbagai masalah kesehatan yang kerap menyerang, seperti kelelahan kronis, sakit perut, nyeri sendi, mudah flu, dan kehilangan nafsu makan.

Namun, jangan khawatir ketika kamu sedang mudah sakit – atau gampang lemah, ya. Karena, imunitas dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, termasuk mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.

Dilansir dari Kompas¸ menurut dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, menjelaskan beberapa makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh yang lemah. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

1. Umbi-Umbian

Credit Image - unileverfoodsolutions.co.id

Umbi-umbian seperti ubi dan kentang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas karena selain mengandung karbohidrat juga memiliki respons glikemik yang rendah. Artinya, bahan makanan tersebut tidak akan mengakibatkan lonjakan gula darah dan penyerapan glukosa di dalam tubuh menjadi lebih stabil.

 

2. Makanan Berserat

Serat yang terkandung pada makanan dapat meningkatkan imunitas tubuh karena membantu pertumbuhan mikrobiota atau bakteri baik di saluran pencernaan. Contoh makanan berserat yang sebaiknya kamu konsumsi, yaitu:

  • Sayuran, seperti wortel, brokoli, dan tomat
  • Buah, seperti pepaya dan mangga

 

3. Makanan Tinggi Protein

Credit Image - womenshealthmag.com

Ada berbagai makanan sumber protein yang bisa meningkatkan sistem imun, seperti:

  • Telur
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Kacang-kacangan
  • Ikan

Demi mendapatkan asupan protein yang maksimal, kamu disarankan cara memasak yang tepat yaitu dengan dikukus, direbus, atau ditumis.

 

4. Air

Selain mengonsumsi beberapa makanan, kita juga perlu menjaga asupan cairan untuk menunjang kerja sistem imun. Cairan yang cukup bisa membantu proses transportasi imun menjadi lebih optimal ke seluruh bagian tubuh.

Kamu bisa mencukupi cairan dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Selain itu, asupan cairan juga dapat diperoleh dari konsumsi air kelapa, kaldu ayam, hingga cairan elektrolit.

 

5. Pola Hidup untuk Menjaga dan Meningkatkan Imunitas

Credit Image - imachinstitute.com

Selain mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat, kita perlu menjaga pola hidup guna menjaga dan meningkatkan imunitas. Dilansir dari Healthline, berikut pola hidup sehat yang bisa kita terapkan untuk menjaga kinerja sistem imun.

  • Tidur atau istirahat yang cukup
  • Rutin berolahraga
  • Manajemen stres yang baik
  • Konsumsi suplemen, seperti vitamin C dan zinc

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamkin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, sekaligus mempercepat proses pemulihan ketika sedang sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, itulah berbagai asupan makanan penambah imunitas. Kamu sudah rutin mengonsumsinya belum?

 

 

Featured Image – verywellfit.com

Source – kompas.com