Agar fungsinya dapat berjalan dengan baik, tubuh membutuhkan asupan vitamin, terlebih yang bermanfaat menguatkan sistem kekebalan. Untuk itu, tak heran banyak sekali vitamin daya tahan tubuh dewasa yang direkomendasikan, ya?

Tidak hanya dari makanan saja, asupan vitamin juga dapat dicukupi dengan mengonsumsi suplemen, sehingga sistem kekebalan selalu dalam kondisi yang optimal.

Namun, yang perlu diketahui, kebutuhan vitamin setiap orang berbeda-beda, lho. Hal ini dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan tertentu. Jadi, pastikan kamu mengetahui jumlah nutrisi vitamin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, untuk membantu menguatkan kekebalan, berikut ini 5 rekomendasi vitamin daya tahan tubuh dewasa yang perlu dikonsumsi secara rutin. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

1. Vitamin B1 – Thiamine

Credit Image - laodong.vn

Selain membantu tingkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin B1 juga dapat menjaga fungsi jantung dan otak dalam kondisi sehat. Vitamin ini dibutuhkan sebanyak 1 miligram pada pria dan 0,8 miligram pada wanita dengan rentang usia 19-64 tahun.

 

2. Vitamin B6 – Pyridoxine

Nah, nutrisi yang satu ini juga termasuk dalam vitamin daya tahan tubuh dewasa, lho. Vitamin B6 akan membantu tubuh dalam memproduksi antibodi – sekaligus juga sel darah putih untuk meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi sel darah merah dan daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah. Hal ini berkaitan dengan Covid-19 yang disebut dapat memengaruhi saturasi oksigen dalam darah. Penuhi sebanyak 1,4 miligram bagi pria dan 1,2 miligram bagi wanita per harinya.

 

3. Vitamin B9 – Asam Folat

Credit Image - umzu.com

Tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme DNA, tetapi vitamin B9 juga diperlukan dalam proses peningkatan kekebalan tubuh, lho. Selain itu, asam folat juga dikenal sebagai vitamin penting untuk ibu hamil – yang mampu menunjang kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Memenuhi kebutuhan vitamin B9 setiap harinya membantu dalam menjaga sistem pertahanan tubuh dan juga meningkatkan simpanan energi. Orang dewasa membutuhkan 200 mikrogram per harinya agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

 

4. Vitamin B12 – Cobalamin

Vitamin daya tahan tubuh dewasa yang satu ini bermanfaat dalam pembentukan protein, sel darah, hingga jaringan dalam tubuh yang dapat memengaruhi kondisi imun tubuh.

Untuk itu, penting mengetahui kebutuhan vitamin B12 yang diperlukan setiap harinya agar kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 dengan tepat. Vitamin ini dibutuhkan sebanyak 1,5 mikrogram per harinya.

 

5. Vitamin C

Credit Image - emergency-live.com

Vitamin daya tahan tubuh dewasa yang satu ini memang sudah dikenal manfaatnya untuk menguatkan kekebalan. Kamu pun pasti sudah tahu, kan?

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi, menangkal efek radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, hingga mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga sering disebutkan sebagai immune booster alias penambah daya tahan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kamu dapat mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C seperti  jeruk, lemon, kiwi, stroberi, papaya, mangga, tomat, brokoli, labu, bayam, kale, dan paprika.

 

6. Vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin C. Dengan sifat antioksidan didalamnya, vitamin E membantu tubuh melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Oleh karena itu, vitamin yang satu ini baik dikonsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh sekaligus membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas.

Untuk mendapatkan asupan vitamin E, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji bunga matahari, kacang almond, kacang hazelnut, dan kacang tanah. Kemudian, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran hijau, mangga, alpukat, bayam, makanan laut, dan minyak nabati.

 

Cukupi Kebutuhan Vitamin di Atas, Konsumsi Multivitamin Ini!

Credit Image - blog.nasm.org

Nah, seperti yang sudah disebutkan, vitamin daya tahan tubuh dewasa di atas dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah jenis makanan – dan minum multivitamin untuk mengoptimalkannya.

Ada pun jenis makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, yaitu daging, ikan tuna, ikan salmon, kedelai, susu, kuning telur, kedelai, kacang almond, dan gandum.

Sementara, kamu dapat mencukupi asupan vitamin C, baik itu dari buah-buahan maupun sayuran. Untuk buah, kamu bisa menemukan vitamin C pada jeruk, jambu biji, buah lemon, pepaya, kiwi, buah berries, nanas, leci, dan mangga.

Sementara untuk sayuran kamu dapat temukan kandungan vitamin C pada cabai merah, kangkung, brokoli, kale, paprika merah dan hijau, bayam, kubis, maupun kembang kol.

Yang perlu kamu ketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Untuk memaksimalkan pencukupan kebutuhan vitamin dan mineral harian, termasuk vitamin C, kamu disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, sekaligus mempercepat proses pemulihan. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Mencukupi kebutuhan vitamin daya tahan tubuh dewasa di atas dapat membantumu terhindar dari berbagai macam penyakit, lho. Pastikan kamu sudah mendapat asupannya setiap hari!

 

 

Featured Image – thenutritionconsultant.org.uk

Source – halodoc.com