Bingung mengapa beberapa orang menjadi lebih mudah sakit? Nah, hal ini mungkin disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah. Jika mengalaminya, kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing penyebab penyakit pun menurun.

Seperti diketahui, jika sistem imunitas lemah, tubuh tidak mampu mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan sehari-hari.

Berikut ini sejumlah penyebab melemahnya sistem kekebalan yang wajib kamu ketahui!

 

 

1. Stres Dapat Melemahkan Kekebalan, Lho!

Credit Image - roojai.co.id

Bukan rahasia lagi kalau hampir semua orang pernah merasakan efek stres di beberapa titik dalam hidup. Sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejala stres.

Faktor-faktor tersebut semua bergabung sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan. Jadi, jika alami stres, ada baiknya diatasi dengan cara yang tepat, ya.

 

2. Kurang Aktif – Alias Malas Gerak

Sistem imun lemah bisa disebabkan karena kurang aktif atau tidak berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dan terkadang dapat membahayakan kesehatan.

Menurut sebuah penelitian juga disebutkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme penyebab penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

 

3. Kurang Tidur

Credit Image - alodokter.com

Kurang tidur adalah salah satu hal yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab, sebetulnya saat tubuh sedang tidur, sel-sel dalam darah akan bekerja melawan penyakit. Maka dari itu, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit.

Oleh karena itu, pastikan waktu tidur kamu cukup sehingga sel dalam tubuh akan mampu bekerja efektif melawan penyakit. Nah, untuk orang dewasa, direkomendasikan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya, ya.

 

4. Kurang Minum Air Putih, Jadi Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan Anda lembap, juga untuk menghindari penyakit.

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, kamu kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan bernapas. Dehidrasi terjadi ketika Anda tidak cukup mengganti cairan yang hilang.

Dehidrasi ringan hingga sedang terkadang sulit diidentifikasi, tetapi bisa membuat kamu jatuh sakit. Gejala dehidrasi ringan hingga sedang dapat disalahartikan sebagai nyeri, kelelahan, sakit kepala, dan sembelit.

Kedua dehidrasi akut dan kronis bisa berbahaya, bahkan mengancam jiwa. Gejala termasuk haus yang ekstrem, mata cekung, sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, kebingungan dan merasa lelah.

 

5. Kurang Asupan Makanan Bergizi

Credit Image - allianz.co.id

Inilah alasan mengapa konsumsi makanan bergizi seimbang adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Sebab jika salah satu nutrisi tidak terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh akan melemah. Makanan yang dapat membuat sistem imun tetap  terjaga antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, dan sumber gandum utuh yang membantu mendukung sistem kekebalan dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia, dan yang paling penting yaitu antioksidan.

Selain itu, kamu juga wajib menghindari beberapa jenis makanan seperti yang mengandung lemak atau berminyak karena lemak jenuh yang terdapat di dalamnya dapat membuat sistem imun menjadi lemah.

Nah, apabila kamu adalah orang yang mempunyai jadwal yang cukup padat, kamu juga dapat menyiasatinya dengan cara mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

 

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Apakah kamu sudah memiliki pola hidup yang baik? Jika belum, yuk, coba perbaiki gaya hidup guna meningkatkan respons imunitas terhadap penyakit.

Mulailah dengan mengonsumsi sayur dan buah, serta mengonsumsi asupan lainnya yang kaya akan kandungan gizi. Kemudian, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, dan mengelola stres dengan baik – ingat, stres berlebih bisa melemahkan imun, lho!

Yang tak kalah pentingnya, konsumsi makanan kaya vitamin C. Jenis vitamin ini dapat merangsang pertumbuhan sel darah putih dan komponen lainnya di dalam tubuh, sehingga mendukung daya tahan semakin kuat.

Selain diperoleh dari makanan, vitamin C bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah serta menjaga daya tahan tubuhmu.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa langsung klik disini!

 

Jadi, itulah berbagai faktor penyebab menurunnya kekebalan tubuh. Pastikan kamu menghindari sejumlah kebiasaan di atas agar penyakit tak gampang menyerang!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – hellosehat.com dan halodoc.com