Di zaman sekarang, memiliki personal branding yang kuat memang sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Apalagi, dalam meraih pekerjaan impian. Bahkan, jika sudah punya branding-an diri yang baik, bukan tak mungkin pekerjaan itu bisa menghampiri dirimu sendiri, lho.

Manfaatnya tentu banyak, apakah kamu sudah membangun personal branding ini? Kalau belum, jangan khawatir. Belum telat, kok! Karena, ada berbagai cara sederhana untuk membangun image diri tanpa cara ribet.

Yuk, simak tipsnya di bawah ini – dan segera terapkan, ya. Dijamin diri pun terus berkembang secara perlahan!

 

 

1. Seperti Apa Kamu Ingin Dikenal Orang Lain? Tentukan Dulu Hal Ini, Ya

Credit Image - smartentrepreneurblog.com

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu menentukan apa tujuanmu untuk melangkah. Apa yang perlu kamu persiapkan. Apa yang kamu inginkan. Apa yang kamu butuhkan. Dalam membentuk personal branding kamu perlu menentukan seperti apa kamu ingin dikenal oleh orang lain.

Apakah kamu ingin dikenal menjadi penulis cerita fiksi? Apakah kamu ingin dikenal sebagai fotografer andal? Apakah kamu ingin dikenal sebagai musisi? Atau kamu ingin dikenal di banyak bidang? Tentukan dulu apa yang sangat melekat dalam dirimu. Tentukan hal-hal yang ingin terus kamu asah untuk menciptakan siapa dirimu yang sebenarnya.

 

2. Berani Memulai, Tapi Sambil Belajar

Apabila sudah berhasil menentukan seperti apa yang ingin orang lain kenal darimu? Kini saatnya meningkatkan rasa berani memulai. Uraikan tujuan besarmu menjadi tujuan-tujuan kecil yang sederhana, sehingga bisa kamu lakukan setiap harinya.

Kamu pun juga tidak akan merasa terbebani karena sudah menjabarkan tujuan besar menjadi hal-hal yang mudah dilakukan. Tidak usah takut salah, beranikan saja dulu dirimu melaju. Sambil jalan kan bisa sambil belajar. Jadi, yuk mulai semuanya sekarang!

 

3. Tunjukkan Hasil Karya di Media Sosial

Credit Image - kitalulus.com

Nah, ini sudah termasuk langkah yang nyata. Realisasikan semua tujuan besarmu dengan aksi kecil. Manfaatkan media sosial yang kamu miliki untuk mengunggah karyamu sendiri. Kamu bisa bebas mengunggah foto pemandangan dengan skill editing-mu. Kamu bisa bebas mengunggah tulisan puitis juga romantismu.

Kamu bisa bebas mengunggah video cover lagu kesukaanmu. Kamu bisa bebas mengunggah carousel berisi tips dan tricks dari pengalaman hidupmu. Intinya kamu bebas mengunggah apapun di media sosial milikmu selama itu hal positif dan bermanfaat.

 

4. Cuek Sama Omongan yang Menjatuhkan

Poin yang ke-4 ini adalah yang paling penting dalam membentuk personal branding. Beberapa orang sulit untuk maju karena dibelenggu takut dan ragu. Biasanya seseorang takut memulai karena khawatir diomongin ini itu. Padahal semua yang terjadi di hidupmu adalah hakmu sendiri.

Jadi untuk apa memikirkan omongan orang lain yang tidak benar-benar peduli? Sudahi ya mikirin omongan orang yang menjatuhkan. Buat mereka lelah sendiri dengan menghiraukannya. Buat mereka menyesal dengan pencapaian hebat yang kamu dapatkan di masa depan, yuk!

 

5. Jangan Takut untuk Gagal!

Credit Image - forbes.com

Tidak apa-apa bila harus merasakan gagal di beberapa kali percobaan. Tidak ada yang perjuangan yang mulus. Pasti selalu ada jatuh bangun yang membuatmu terlatih banyak hal. Dilansir dari IDN Times, hal ini seperti kata Tan Malaka “Terbentur, terbentur, terbentuk.”

Terkadang kamu perlu jatuh dahulu untuk bisa melihat banyak hal dari kacamata yang berbeda. Jadi, tidak usah takut gagal karena itu hal yang wajar. Selama mentari masih bersinar dan selama waktu masih berputar, yuk terus perjuangkan yang kamu inginkan!

 

6. Pastikan Kondisi Tubuh Terjaga, Biar Aktivitas Terasa Menyenangkan

Nah, tidak hanya menjalani tips-tips di atas saja, tapi dalam membangun personal branding, kamu juga harus menjaga kesehatan tubuh, lho. Kalau tubuh kurang fit, semua aktivitas pasti terasa sulit, kan?

Jadi, kamu disarankan untuk menjaga energi tubuh, misalnya dengan tidur yang cukup, hindari stres, serta mendapat mendapat asupan makanan bergizi seimbang. Selain itu, direkomendasikan pula untuk rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C yang ramah di lambung – dan juga zinc bermanfaat daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit. Kemudian, vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini tentu akan menunjang aktivitas harian, kan?

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera dapatkan di sini, ya!

 

Yuk, mulai bangun personal branding. Memang sih, terkadang terasa gampang-gampang susah, tapi jika kamu konsisten dalam melakukannya, pasti bisa – dan tentu membuahkan hasil yang baik. Yang penting jangan menyerah, okay? Terus berkembang demi menjadi orang sukses!

 

 

Featured Image – jilllowe.com

Source – idntimes.com