Bukan rahasia lagu kalau flu – alias influenza merupakan penyakit yang sering menyerang banyak orang. Apalagi di kondisi tertentu, penyakit satu ini pun semakin marah, bahkan menular dari satu orang ke orang lainnya.

Jangan khawatir, ini merupakan kondisi yang wajar dialami, asalkan kamu menanganinya dengan tepat.

Flu sendiri merupakan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderitanya pun dapat mengalami berbagai gejala, mulai dari demam, sakit kepala, hidung mampet, hingga batuk.

Tak hanya itu saja, tapi, ada beberapa gejala khas flu yang penting untuk diperhatikan. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Gejala Khas Flu

Credit Image - health.kompas.com

Dilansir dari CNBC Indonesia, menurut Dr Joseph Khabbaza, seorang dokter perawatan paru dan kritis di Cleveland Clinic di negara bagian Ohio, AS, mengatakan bahwa gejala flu ringan bisa berlangsung selama beberapa waktu. 

Ada pun gejala khas flu dapat meliputi:

Gejala flu dapat berlangsung tujuh hingga 10 hari dan mungkin paling menular dalam empat hingga lima hari pertama, kata Dr Maria Eugenia Petrini, direktur medis jaringan terintegrasi klinis di Nemours Children's Health di negara bagian Delaware, AS.

 

Faktor yang Memperburuk Flu

Credit Image - health.detik.com

Apa pun yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dapat mencegahmu menjadi lebih cepat sembuh, kata pakar kesehatan. Ini termasuk jarang melakukan aktivitas fisik, stres berat, merokok, dan mengonsumsi alkohol.

Selama flu pun kamu disarankan untuk tetap di rumah untuk mencegah penularan virus di ruang publik. Kemudian, setelah satu atau dua minggu, tidak apa-apa untuk mulai kembali ke aktivitas sehari-hari meskipun masih ada beberapa gejala flu yang tersisa. Tetapi penting untuk memperhatikan keterbatasan tubuh.

 

Cara Mengobati Flu

Credit Image - id.theasianparent.com

Jika kamu sudah tahu gejala flu paling umum yang sering dialami – dan jika kamu terpapar penyakit satu ini, tenang, ada berbagai cara ampuh lainnya yang bisa membantu meredakan gejala yang sedang dialami.

Untuk pengobatan, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan flu, antara lain anti-nyeri dan penurun panas serta obat batuk.

Selan itu, bisa juga mencoba pengobatan flu alami yang sederhana, seperti menghirup uap hangat maupun menggunakan minyak esensial. Atau, kamu bisa mempraktikkan beberapa cara ini:

  • Menghirup uap hangat dengan menyampurkan 2 sendok teh balsam dengan air panas. Atau dengan bantuan vaporizer untuk mengencerkan ingus yang menyumbat hidung.
  • Berkumur dengan air garam hangat atau obat kumur bisa meringankan sakit tenggorokan.
  • Mandi air hangat atau kompres dengan bantalan pemanas bisa membantu meringankan nyeri otot.
  • Minum air yang banyak adalah yang paling penting.
  • Perbanyak cairan dalam tubuh: minum 2 liter air putih setiap harinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang
  • Istirahat yang cukup

Yang juga direkomendasikan, yaitu mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya suplemen dengan kandungan vitamin C. Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu selama proses pemulihan sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga pemulihan saat sakit pun bakal lebih optimal.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah berbagai gejala flu yang penting untuk diperhatikan. Jika kamu tengah mengalami kondisi ini, segera lakukan langkah penanganan tepat agar lekas pulih.

 

 

Featured Image – healthline.com

Source – cnbcindonesia.com