Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang adalah contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Padahal, masalah gigi tidak hanya sekedar menyebabkan kamu sulit makan atau bicara, tapi kesehatan gigi yang buruk juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips bermanfaat untuk menjaga gigi tetap sehat/

1. Hindari menyikat gigi terlalu keras

Credit: implantdentistnj.com/

Jika kamu menyikat gigi terlalu keras, gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang tipis. Akibatnya, gigimu jadi lebih sensitive. Selain itu, sikat gigi yang dilakukan dengan cara yang salah dapat menyebabkan plak gigi semakin menumpuk dan mengeras, yang dapat menyebabkan peradangan gusi. Jadi, sikatlah gigi secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat.

2. Sikat gigi sebelum tidur

Credit: classlifestyle.com

Sikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak pada gigimu yang menumpuk lama sepanjang hari. Selain menyikat gigi, dianjurkan untuk menyikat lidah agar kuman atau plak yang menempel pada lidah bisa hilang.

3. Gunakan pasta gigi berflourida

Credit: wnct.com

Flourida merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, dan memberikan perlindungan alami untuk gigimu. Jadi, sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung flourida ya!

4. Hindari merokok

Credit: qmul.ac.uk

Tembakau dapat menyebabkan gigi jadi kuning dan bibir menghiam. Selain itu, merokok juga melipatgandakan risiko terhadap penyakit gusi dan kanker mulut.

5. Minum lebih banyak air

Credit: timesofisrael.com

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatanmu secara keseluruhan, termasuk untuk kesehatan mulutmu. Minum air dapat membantu membersihkan beberapa efek negative dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi.

6. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam

Credit: spot.ph

Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulit yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigimu. Asam inilah yang menyebabkan gigimu jadi cepat berlubang. Kamu tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali, kamu hanya perlu membatasi konsumsinya saja.

7. Makan makanan yang bergizi

Credit: whbc.com

Sama dengan air, mengonsumsi makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Makan makanan yang bergizi termasuk biji- bijian, kacang- kacangan, buah- buahan, sayuran, dan produk susu dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, makanan dengan omega-3 dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga risiko penyakit gusi pun menurun.

 

 

Featured Image - thestatesman.com