Tidur terlalu malam – atau begadang memang tidak dianjurkan dilakukan, baik itu oleh orang dewasa maupun anak-anak. Sayangnya, besarnya energi Si Kecil seringkali membuatnya susah terlelap di malam hari. Setuju, gak, moms dan dads?

Ketika kamu dan pasangan sudah terlalu lelah, namun anak masih tidak mau tidur. Hal tersebut kerap menjadi permasalahan dalam mengurus sang buah hati.

Tapi, jangan putus asa dulu, moms dan dads. Masih ada banyak cara jitu yang dapat dilakukan orangtua dalam membuat Si Kecil cepat tertidur di malam hari. Misalnya, membuat suasana kamar senyaman mungkin.

Selain itu, masih ada beberapa trik lainnya yang dapat diterapkan untuk membantu Si Kecil mudah terlelap di malam hari. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini – dan jangan lupa diaplikasikan, ya!

 

 

1. Buatlah Posisi Kamar Senyaman Mungkin

Credit Image - kompas.com

Tips pertama tentu sudah semestinya dilakukan oleh semua orangtua jika ingin anaknya segera terlelap. Suasana kamar tidur yang nyaman ternyata memengaruhi cepat atau tidaknya proses tidur, lho. Untuk itu, pastikan tidak ada lagi suara bising, televisi yang menyala, dan jauhkan dari semua mainan yang dapat menstimulus anak untuk bangun dan bermain.

Setelahnya, kamu bisa mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur yang lebih redup. Jika udara di kamar cukup dingin, jangan lupa kenakan pada Si Kecil baju tidur yang hangat dan lengkapi dengan selimut sebagai tambahan.

 

2. Atur Jadwal Tidur yang Tepat

Menetapkan waktu tidur yang tepat juga menjadi cara agar anak cepat terlelap di malam hari. Tetapkan kapan anak harus tidur siang dan tidur malam. Jika moms dan dads menetapkan tidur siang setiap pukul 13.00 hingga pukul 15.00 dan tidur malam pukul 21.00, upayakan untuk terus menerapkannya setiap hari.

Jika waktu tidurnya sama di setiap harinya, anak dan tubuhnya tentu akan terpola dan belajar disiplin dengan aturan. Waktu tidur itu juga berlakukan dimanapun ia berada, tak hanya di rumah saja ya!

 

3. Pastikan Anak Memiliki Tidur Siang yang Cukup

Credit Image - kumparan.com

Meski sudah tidur siang, bukan berarti anak mendapati jam tidur yang cukup pada malam harinya. Tidur siang diperlukan karena menurut para ahli baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak, lho.

Manfaat lainnya ialah untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental, mudah konsentrasi, mudah komunikasi dan mudah beradaptasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan pastikan waktu tidur siang Si Kecil tidak berlebihan, 1 hingga 2 jam sudah cukup, hal ini agar tidak mengganggu waktu tidur malamnya.

 

4. Hindari Kegiatan yang Terlalu Aktif

Nah, sebelum memasuki jam tidurnya, penting sekali untuk mengurangi kegiatan yang terlalu aktif padanya. Hindari kegiatan seperti melompat, berlari atau gerakan besar lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat menstimulus tubuhnya, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur.

Hindari juga menonton televisi dan bermain video games, hal ini agar mata anak tidak terpaku terus menerus pada layar. Sebaiknya diganti dengan membacakan buku cerita guna membuat anak lebih tenang, sekaligus mengenalkan kosa kata baru padanya.

 

5. Mengajak Si Kecil Mewarnai Sebelum Waktu Tidur

Credit Image - femina.co.id

Selain membacakan buku cerita, kegiatan mewarnai juga ampuh dalam membuat anak tenang dan cepat terlelap, lho. Sifatnya yang dapat membuat pikiran tenang dirasa mampu memanfaatkan perasaan anak dan menjadi obat tidur terbaik untuk menenangkan pikiran yang cemas menghadapi malam.

Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memasuki jam tidur anak dan pastikan anak juga sudah melakukan ritual malamnya yaitu cuci kaki dan menggosok giginya. Dengan begitu kamu dapat membantu anak lebih tenang dalam membentuk rutinitas tidurnya.

 

6. Berikan Pijatan

Sebelum memasuki jam tidurnya, nah, moms dan dads bisa mencoba memberikan sentuhan atau pijatan lembut padanya sebagai cara dalam menciptakan kondisi yang membuatnya cepat mengantuk.

Pijatan sebelum tidur terbukti dapat membantu anak merasa nyaman dan siap untuk menuju alam mimpinya. Pijatlah tubuh anak mulai dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan dan kepala dengan mesra. Tapi, pastikan tanganmu sudah dalam keadaan bersih sebelum memijatnya.

 

7. Berikan Minuman dengan Efek Relaksasi

Credit Image - ibudanbalita.com

Tips terakhir untuk membantu Si Kecil mudah terlelap di malam hari, yaitu dengan memberikan segelas susu hangat sudah bukan rahasia lagi untuk membuat anak cepat merasa ngantuk. Cara ini dirasa ampuh dalam membuat posisi lebih rileks, terlebih kandungan tryptophan dalam susu dapat memberikan ketenangan padanya.

Dengan memberikan minuman hangat, maka suhu tubuhnya akan meningkat dan menjadi lebih nyaman untuk tidur. Tapi, ingat, hindari minuman hangat yang mengandung kafein, karena ini justru akan memosisikan jantung Si Kecil untuk bekerja – bukan istirahat atau tidur!

 

Si Kecil masih sukar terlelap di malam hari, moms dan dads? Jangan khawatir dulu, ya. Permasalahan yang satu ini dapat di atasi dengan menerapkan tips tersebut secara konsisten. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – popmama.com