Sedang diet untuk menurunkan berat badan? Nah, biasanya, banyak sekali orang yang menerapkan metode defisit kalori agar hasil yang didapat pun efektif. Apakah kamu juga tengah menjalani cara yang satu ini?

Metode defisit kalori dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kalori yang dibakar dalam sehari. Dengan cara ini, program penurunan berat badan pun bisa optimal, lho. Jadi, tak heran jika banyak yang melakukan metode tersebut, ya.

Tapi untuk mencapai hasil yang maksimal, tentu kamu perlu menerapkan cara defisit kalori dengan tepat, lho. Biar gak bingung, yuk, kenalan sama metode pengurangan kalori. Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Mengenal Metode Defisit Kalori

Credit Image - parade.com

Dilansir Healthline, defisit dilakukan dengan cara mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kita butuhkan.

Metode ini diketahui cukup berhasil untuk orang yang melakukan program penurunan berat badan, karena kalori yang diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi lebih sedikit dari tenaga yang kita keluarkan.

Sebaliknya, jika kalori yang masuk ke tubuh kita melebihi kalori yang dikeluarkan, hal ini menyebabkan surplus kalori.

 

Ketahui Jumlah Kalori yang Dibutuhkan

Ketika menerapkan defisit kalori, sangat penting untuk mengetahui kebutuhan kalori yang kita butuhkan setiap harinya. Hal ini perlu dilakukan karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda dan tergantung dari beberapa faktor, seperti berat badan, usia, dan jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

Dengan mengetahui kebutuhan kalori, kamu bisa memperhitungkan berapa defisit kalori yang pas untuk menurunkan berat badan.

 

Cara Menerapkan Metode Defisit Kalori

Credit Image - verywellfit.com

Setelah mengetahui kebutuhan kalori yang dibutuhkan, kita dapat melakukan metode defisit kalori. Salah satu cara utamanya adalah mengatur pola makan agar tidak sampai berlebihan.

Menurut keterangan panduan Dietary Guidelines for Americans, pola makan yang sehat dengan sedikit kalori meliputi:

  • Sayuran.
  • Buah-buahan.
  • Protein seperti daging tanpa lemak, telur, dan kacang kedelai.
  • Minyak zaitun.
  • Susu rendah lemak.

Meskipun ingin menurunkan berat badan, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan agar tubuh tetap fit. Beberapa makanan di atas dapat kamu masukkan ke dalam menu diet atau berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan makanan yang pas untuk tubuhmu.

Selain itu, agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi meski tengah defisit kalori, pastikan kamu tetap mencukupi asupan vitamin dan mineral, seperti dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang punya kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Olahraga untuk Mengoptimalkan Metode Defisit Kalori

Nah, bukan hanya menjaga pola makan, melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti berolahraga juga penting untuk dilakukan saat menjalankan diet defisit kalori.

Seseorang yang sebelum menjalankan program defisit kalori kurang aktif secara fisik, aktivititas fisiknya tersebut harus ditingkatkan agar pembakaran kalori lebih banyak dari kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan aktivitas fisik yang ringan untuk dilakukan, seperti:

  • Bersepeda.
  • Jalan cepat.
  • Melakukan pekerjaan rumah.
  • Aktif bermain dengan anak-anak.

Makin tinggi aktivitas yang dilakukan, maka pembakaran kalori makin banyak.

 

Jadi, itulah informasi mengenai metode defisit kalori yang perlu kamu ketahui. Ingatlah untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi agar nutrisi tetap terpenuhi dengan baik.

 

 

Featured Image – bizcalcs.com

Source – idntimes.com