Virus corona memang dapat menyerang siapa saja. Tak cuma orang dewasa saja, tetapi anak-anak, bahkan bayi sekalipun bisa terinfeksi Covid-19. Ketika terpapar biasanya anak dapat mengalami berbagai gejala, mulai dari ringan sampai yang parah.

Ada pun salah satu gejala yang paling umum ditemukan pada infeksi Covid-19 anak, yaitu sakit tenggorokan. Rasa nyeri di bagian ini biasanya muncuk akibat batuk kering yang terjadi secara intens – atau terus-menerus.

Namun yang perlu dipahami, sakit tenggorokan tidak hanya muncul ketika terinfeksi Covid-19 saja. Kondisi ini bisa dirasakan oleh mereka yang terkena bakteri Streptococcus A atau Strep A. Lantas, bagaimana cara mengetahui perbedaan keduanya?

Berikut dua poin perbedaan yang penting kamu ketahui. Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Sakit Tenggorokan Akibat Covid-19

Credit Image - carevo.id

Dikutip dari CNN Indonesia, gejala sakit tenggorokan kini menjadi yang paling umum dari Covid-19. Anak-anak juga bisa mengalami gejala satu ini.

Sakit tenggorokan pada Covid-19 tentu berbeda dengan radang tenggorokan biasa yang bisa muncul saat anak terkena Strep A. Biasanya, pada kasus Covid-19, gejala sakit tenggorokan akan diikuti dengan kondisi lain seperti berikut:

  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Bersin
  • Batuk tidak berdahak
  • Sakit kepala
  • Suara serak
  • Sakit otot dan nyeri
  • Indera penciuman yang berubah

 

Radang Tenggorokan Akibat Strep A

Credit Image - checkupnewsroom.com

Radang tenggorokan jadi penyakit yang umum dialami anak kecil. Yang paling sering adalah radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus A atau Strep A. Gejalanya sendiri mirip dengan flu.

Saat anak mengalami radang tenggorokan, biasanya akan muncul ruam kasar yang terasa seperti amplas. Keropeng dan luka akan berkembang jika Strep A menyebabkan impetigo. Beberapa gejala utama adalah sebagai berikut:

  • Gejala flu, seperti suhu tinggi, pembengkakan kelenjar atau tubuh yang sakit
  • Sakit tenggorokan, radang tenggorokan atau tonsillitis
  • Ruam yang terasa kasar
  • Koreng dan luka (impetigo)
  • Nyeri dan bengkak (selulitis)
  • Nyeri otot parah
  • Mual dan muntah

 

Cegah Infeksi Penyakit pada Anak, Lakukan Hal Ini!

Credit Image - alodokter.com

Kalau kamu sudah memahami perbedaan sakit tenggorokan akibat Covid-19 dan Step A pada anak, kini kamu perlu mengajari Si Kecil langkah pencegahan agar tidak mudah terkena penyakit. Ada pun beberapa pencegahan yang dianjurkan, yaitu:

1. Ajari anak mencuci tangan dengan benar

Ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan ia membasuh seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan, sela-sela jari, dan ujung kuku. Atau, kamu juga bisa menyediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% saat anak sedang beraktivitas di luar rumah dan tidak ada air serta sabun untuk mencuci tangan.

Biasakan anak untuk mencuci tangannya secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, serta setelah batuk atau bersin.

 

2. Berikan anak makanan bergizi

Asupan gizi dari sayuran dan buah-buahan tinggi vitamin C dan beta karoten, seperti wortel dan jeruk, diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak untuk melawan infeksi, termasuk infeksi virus corona.

Guna membangun daya tahan tubuh yang kuat dan mencegah infeksi penyakit pada anak, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, pastikan makanan yang diberikan kepada Si Kecil telah dimasak hingga matang.

 

3. Ajak anak untuk rutin berolahraga

Tidak hanya menjaga kebugaran, berolahraga dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, ajaklah Si Kecil untuk rutin berolahraga, minimal 30 menit sehari.

Pilih olahraga yang disukai Si Kecil. Jika ragu untuk mengajak Si Kecil keluar rumah, moms bisa mengajaknya berolahraga ringan di dalam rumah, yang penting Si Kecil bisa aktif bergerak dengan rutin untuk menjaga kesehatannya.

 

Jadi, itulah perbedaan sakit tenggorokan akibat Covid-19 dan Strep A pada anak yang perlu diketahui orangtua.

 


Featured Image – liputan6.com

Source – cnnindonesia.com