Buat kamu yang workaholic, mengejar deadline tentunya sudah jadi santapan sehari-hari ya! Namun sayangnya, tuntutan kerja yang cukup padat ini sering kali membuatmu kelabakan sehingga pekerjaan pun justru jadi berantakan. Lalu apa yang harus dilakukan? Tidak perlu khawatir! Supaya hal ini tidak terjadi, yuk terapkan beberapa tips jitu di bawah ini!

1. Awali dengan Membuat To Do List 

Meski terdengar sepele, tapi membuat catatan to do list pada setiap pekerjaan menjadi cara yang efektif dalam mengejar deadline. Kamu bisa mulai dengan membuat prioritas kerja atau mengurutkan pekerjaan yang sifatnya urgent, kemudian dilanjutkan dengan tugas lain yang tenggat waktunya masih longgar.

Selanjutnya, kamu bisa mengerjakan tugas dari yang paling mudah hingga tersulit. Bisa juga untuk mengerjakan dengan cara sebaliknya apabila cara itu dianggap lebih nyaman dan cepat selesai. 

Untuk lebih menambah semangat kerja dan memotivasi diri agar lebih disiplin dalam mengerjakan setiap to do list tersebut, buat catatan fisik seperti di buku agenda atau sticky note yang mudah dilihat saat kerja. Ayo mulai praktekkan sekarang juga!

2. Mengatur Waktu pada Setiap Progress Pekerjaan

Selain membuat to do list, kamu juga bisa mengatur waktu pada setiap detail tugas yang harus dikerjakan. Misalnya saja, dalam satu hari setiap penulis wajib setor 2 artikel. 

Buat estimasi kerja 1 artikel selama 3 jam dengan rincian 15 menit dalam mencari sumber referensi, 15 menit untuk membuat kerangka artikel, 120 menit untuk menulis artikel, dan 30 menit sisanya memilih gambar sekaligus proofread.

Dengan menerapkan hal ini, kamu pun tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara tepat waktu. Yuk buktikan sendiri!

3. Fokus! Jauhkan Distraksi

Sering kali seseorang tidak bisa menepati tenggat waktu pekerjaan karena tidak bisa fokus. Apa penyebabnya? Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamu susah fokus seperti misalnya suasana kantor yang terlalu berisik, suara ponsel yang tidak henti-hentinya berdering, punya masalah pribadi, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mudah saja, kenali hal-hal yang sekiranya mengganggu konsentrasi saat bekerja. Jauhi berbagai distraksi tersebut dan mulailah untuk fokus pada pekerjaan. Semoga berhasil ya!

4. Jangan Menunda, Lakukan Sekarang!

Pada satu waktu tertentu, kamu mungkin dihadapkan pada tugas-tugas yang sifatnya sepele, sehingga bersikap santai dan menunda-nunda dalam mengerjakannya. Namun, hal ini bisa jadi bumerang jika dilakukan secara terus-terusan karena akan menjadi kebiasaan buruk di tempat kerja.

Oleh sebab itu, semudah apapun pekerjaan hari ini, segera kerjakan dan selesaikan sebelum kamu dihadapkan dengan tugas-tugas lain yang menumpuk.

5. Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak

Menjaga produktivitas kerja bukan berarti menjadi gila kerja dan mengabaikan waktu istirahat ya! Memang, pekerjaan yang padat sering kali membuat kamu lupa makan siang atau rehat sejenak. Padahal, tubuh juga perlu mengambil jeda waktu sejenak sebelum akhirnya kembali mengejar deadline

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat dan kembali ke rutinitas kerja dengan penuh energi serta gembira. Jika memaksakan diri, kamu mungkin akan semakin kelelahan dan rentan terhadap stres. Jangan lupa sayangi diri sendiri ya!

6. Lakukan Sesuai Kapasitas Diri

Setiap orang pastinya punya batasan energi atau kekuatan masing-masing dalam bekerja. Meskipun dituntut untuk bisa segera menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, tapi tetap lakukan sesuai kapasitas diri.

Ada kalanya, kamu harus berkata tidak dan menyerah saat benar-benar sudah tidak sanggup untuk mengejar deadline. Saat hal ini terjadi, konsultasikan kepada manajer/kepala divisi dan berterus teranglah dengan kondisimu saat ini. 

Dengan berkomunikasi pada atasan, kamu akan mendapatkan solusi tepat atas ketidakmampuan dalam mengerjakan tugas sesuai tenggat waktu. Jadi, alih-alih memaksakan diri dan jatuh sakit, lebih baik jujur dan minta bantuan ke manajer terkait ya!

7. Apresiasi Usahamu dengan Hal Kecil

Mengejar deadline akan terasa lebih fun jika kamu mampu mengapresiasi diri sendiri bahkan dengan hal-hal receh sekali pun. Untuk cara yang satu ini, masih erat kaitannya dengan poin nomor 4. 

Di sela-sela rehat atau waktu istirahat, kamu bisa menyempatkan diri untuk melakukan hal-hal yang menghibur. Kira-kira seperti apa ya? Jika kamu suka musik, buat playlist lagu favorit untuk menemani waktu istirahat yang berharga.

Bisa juga dengan cara lainnya seperti membaca buku, menonton video lucu atau film-film terkini, menyantap hidangan lezat, dan lain-lain. Dengan melakukan hal-hal tersebut, stamina akan bertambah dan kamu lebih siap untuk mengejar deadline!

8. Utamakan Kesehatan

Pekerjaan memang penting tapi kesehatanmu jauh lebih penting. Jangan mati-matian dalam mengejar deadline, tapi manfaatkan waktu dengan efisien dan efektif untuk menyelesaikan semua kewajiban sesuai tanggalnya.

Imbangi aktivitas kerjamu dengan makan makanan yang bergizi, melakukan aktivitas fisik, minum banyak air putih, serta tidur cukup. Dengan demikian, sistem imunitas akan terjaga dan kamu jadi gak gampang sakit!

Selain melakukan 8 tips di atas, kamu juga bisa lho mengonsumsi tambahan multivitamin agar tetap berenergi saat mengejar deadline. Minum Enervon Active, karena di dalamnya terdapat kandungan Non-Acidic Vit C, Vitamin B Complex (B1, B2, B6, B12, Niacinamide, Kalsium, dan Pantotenat), serta Zinc yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Perlu kamu tahu jika Vit B Complex di dalamnya mampu meningkatkan proses metabolisme yang akan mengembalikan energi secara efektif! Jadi, segera check out sekarang juga dan dapatkan produk Enervon Active hanya di official store terpercaya di sini!