Gaya hidup aktif di masa sekarang sering kali menguras energi secara berlebih. Oleh karena itu, kamu harus mengimbangi hal ini dengan menambah energi tubuh supaya tetap bisa menjalani rutinitas sehari-hari tanpa kendala. 

Tubuh yang sehat dan bertenaga akan memudahkan kamu dalam melakukan berbagai aktivitas. Lalu, apa yang bisa dilakukan agar tubuh senantiasa bugar dan penuh dengan stamina. Beberapa cara-cara alami berikut ini semoga bisa menginspirasi ya!

Cara Menambah Energi Tubuh 

1. Perbanyak Asupan Protein

Makan makanan yang bergizi adalah salah satu cara alami yang tepat dalam menambah energi tubuh. Namun, utamakan untuk menyantap hidangan yang kaya akan kandungan protein. Pasalnya, protein secara efektif akan meningkatkan stamina di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, zat protein juga berperan penting dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh lho!

Sejauh ini, ada 2 jenis protein yang bisa kamu temui yaitu protein hewani dan nabati. Sesuai dengan namanya, protein hewani berasal dari hewan seperti misalnya daging ayam, daging sapi, ikan, telur, dan lain-lain. Untuk protein nabati, pilihannya adalah tahu, tempe, serta jenis biji-bijian/kacang-kacangan lainnya.

Bahkan, sebaiknya kamu juga mulai membiasakan diri untuk makan camilan yang sarat protein seperti yogurt, biskuit, selai kacang, dan lain-lain.

2. Penuhi Cairan Tubuh

Kamu pasti sering mendengar anjuran untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi perhatikan lagi rutinitas yang kamu jalani sehari-hari. 

Orang yang punya aktivitas berat tentunya membutuhkan asupan cairan lebih banyak dari orang normal pada umumnya. Jadi, ukuran 8 gelas per hari tidak bisa menjadi patokan untuk semua orang. Semakin banyak aktivitas, maka semakin banyak pula cairan tubuh yang kamu butuhkan.

3. Tidur 8 Jam Sehari

Tidur adalah cara termudah untuk menambah energi di dalam tubuh secara alami. Namun, pastikan untuk mencukupi jam tidurmu setiap harinya. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam.

Jadi, mulailah untuk mengatur pola tidurmu sebaik mungkin sehingga mencukupi jam tidur yang direkomendasikan. Kamu juga bisa menyempatkan diri untuk tidur siang apabila memiliki waktu untuk itu. Bedanya, tidur siang sebaiknya hanya dilakukan dalam waktu 15 sampai 20 menit saja.

Di era digital seperti sekarang seringnya orang akan menghabiskan waktunya untuk bermain gadget sebelum tidur. Padahal, hal tersebut bisa menyebabkan kamu susah tidur. Jadi, biasakan untuk tidak memegang ponsel sesaat sebelum tidur, dan matikan lampu kamar supaya waktu tidurmu lebih berkualitas.

4. Lakukan Olahraga Outdoor

Jangan salah, mengeluarkan energi untuk berolahraga justru akan menambah stamina tubuh secara alami lho! Apalagi jika aktivitas fisik tersebut kamu lakukan di luar ruangan. Tak hanya bertambah bugar, kamu juga akan mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari di pagi hari. 

Tak hanya itu saja, rutin berolahraga juga akan meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh sehingga suasana hati akan menjadi lebih baik. Tak percaya? Yuk buktikan sekarang juga!

5. Jauhi Rokok dan Alkohol

Aktivitas merokok dan minum minuman beralkohol juga akan memengaruhi pembentukan energi di dalam tubuh. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga akan menurunkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Apabila hal ini terjadi, biasanya tubuh akan merasa mudah lelah

Tak hanya merokok, kebiasaan minum alkohol juga akan membuatmu tidak bertenaga. Pasalnya, gaya hidup tidak sehat tersebut akan memberikan efek mabuk dan rasa kantuk yang sangat berat. Jadi mulai sekarang, jauhi rokok dan alkohol demi kesehatan tubuh yang lebih baik.

6. Kurangi Gula dan Kafein

Asupan gula memang bisa meningkatkan energimu saat lelah, tapi sifatnya hanya sesaat. Jadi, daripada mengonsumsi makanan tinggi gula untuk meningkatkan energi, pilihlah jenis makanan yang kaya akan kandungan gizi. Apabila ingin memakan camilan manis, utamakan untuk memilih buah-buahan daripada kudapan yang tinggi kandungan gula.

Sama halnya dengan gula, minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga hanya memberikan efek bertambahnya energi secara sesaat saja. Bukan berarti dilarang, tapi sesuaikan asupan kafein sesuai dengan batas konsumsi hariannya. 

Pasalnya, jenis minuman kafein sering membuat orang ketagihan sehingga susah untuk menghentikannya. Apabila terlalu berlebihan, efeknya justru akan membuat kamu susah tidur, mudah cemas, hingga stres.

7. Menjalankan Sebuah Hobi

Kamu juga bisa menambah energi di dalam tubuh dengan melakukan hobi yang disukai. Hal ini akan lebih baik jika dilakukan bersama keluarga, teman, atau orang baru sekalipun dengan minat yang sama.

Menjalankan hobi sembari bersosialisasi secara efektif akan menambah energi sekaligus membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jadi, pertimbangkan untuk melakukan aktivitas yang satu ini ya!

8. Selalu Berpikir Positif

Kekuatan pikiran juga bisa memengaruhi cara kamu menjalani hari demi hari. Orang-orang dengan pikiran negatif biasanya mudah cemas dan lelah karena selalu merasa hal buruk akan selalu terjadi. Sebaliknya, berpikir positif akan membuat kamu lebih semangat dan juga bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain melakukan 8 cara di atas, kamu juga bisa menambah energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin terpercaya seperti Enervon Active. 

Bukan hanya multivitamin dan mineral biasa, Enervon Active mengandung ENERZINC yang efektif menjaga tubuh supaya tidak mudah lelah dan tetap bertenaga sepanjang hari! 

Miliki hidup aktif dan penuh energi bersama Enervon Active mulai dari sekarang! Kamu bisa membelinya secara online dengan klik di sini!