Saat badan drop, pada umumnya orang-orang akan memilih tidur atau beristirahat untuk mengembalikan energi yang hilang. Namun dalam beberapa kasus tertentu, tubuh kamu mungkin masih merasa lemas meski sudah beristirahat cukup. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkannya. Ingin tahu apa saja? Terus simak artikel berikut sampai habis dan temukan juga kiat-kiat efektif dalam mengatasinya!

Apa Saja Penyebab Badan Drop?

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa badan masih terasa lelah meski sudah tidur cukup dan makan makanan bergizi? Ternyata ada beberapa faktor yang berasal dari kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Simak fakta-fakta berikut untuk tahu jawabannya.

1. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup tidak sehat menjadi salah satu penyebab badan kamu sering drop. Rutinitas harian yang padat sering membuatmu melewatkan waktu sarapan, makan telat, hingga mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan untuk membuat tubuh bertenaga.

Jam kerja yang tak menentu juga bisa mengacaukan jadwal tidurmu menjadi tidak teratur. Apabila hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka bisa memengaruhi kondisi fisik seperti misalnya badan mudah drop.

2. Anemia

Jika sering mengeluhkan badan mudah lelah dan lemas, hal ini bisa jadi pertanda kamu terkena anemia. Anemia adalah kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah/hemoglobin di dalam darah. Padahal, sel darah merah berperan penting dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Saat kekurangan oksigen, biasanya tubuh akan merasa kelelahan karena tidak ada energi. Orang yang terkena anemia bisa juga menunjukkan gejala lain seperti kedinginan. Agar lebih akurat, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan/dokter untuk memastikan hal ini.

3. Kegemukan 

Kegemukan juga bisa jadi pemicu seseorang jadi mudah lelah atau sering lemas secara terus-terusan. Perlu kamu tahu bahwa, kondisi tersebut akan menghambat sel darah putih untuk membentuk zat antibodi. Jadi, pertimbangkan untuk memiliki bobot tubuh yang ideal dengan berkonsultasi terlebih dulu kepada ahlinya.

4. Konsumsi Gula Berlebihan

Tahukah kamu jika konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan badan lemas? Pasalnya, asupan gula yang masuk secara masif ke dalam tubuh justru membuat kadar gula darah mengalami penurunan sehingga menyebabkan energi terkuras dan badan menjadi lemas.

5. Kelelahan karena Depresi

Stres kerja yang tidak segera diatasi bisa membuat seseorang rentan terkena depresi. Depresi adalah perasaan tidak bahagia, kecewa, atau marah secara terus-terusan yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Gejala yang sering muncul saat orang sedang depresi adalah mudah merasa lelah, susah fokus dan berkonsentrasi, hilang selera makan, dan lain-lain. Jadi, sebelum hal ini terjadi, segera antisipasi dengan mengendalikan stres yang kamu alami supaya tidak semakin berlarut-larut.

Begini Cara Mengatasinya!

Jika kamu akhir-akhir ini sering merasakan badan mudah drop, bisa jadi salah satu hal di atas adalah penyebabnya. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan yang tak berkesudahan tersebut. Simak informasinya berikut ini.

1. Miliki Waktu Tidur yang Berkualitas

Kesibukan sering membuat orang menyepelekan waktu tidur. Padahal, memiliki jam tidur yang cukup menjadi salah satu kunci agar tubuh tidak mudah lelah. Selain memenuhi jam tidur sebanyak 7 hingga 8 jam sehari, biasakan untuk tidur dalam keadaan lampu mati dan menjauhi gadget ketika mendekati waktu tidur.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tubuh yang kurang terhidrasi juga rentan mengalami kelelahan. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kebutuhan cairan harian tercukupi sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Sumber cairan tidak hanya diperoleh dari air putih saja, tapi juga buah-buahan yang kaya akan air seperti semangka, jeruk, dan sebagainya.

3. Jangan Lupa Sarapan

Banyak orang yang melewatkan waktu sarapan karena berbagai alasan seperti terburu-buru, tidak berselera, atau menganggapnya tidak penting. Padahal, membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Selain membuat tubuh jadi lebih berenergi, sarapan juga membuat otak bisa berkonsentrasi lebih baik. Namun, pastikan untuk menyantap menu sarapan yang bergizi, ya!

4. Hindari Kafein saat Kelelahan

Saat kelelahan, kamu mungkin memaksakan diri untuk senantiasa tetap terjaga dengan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein. Sebaiknya, utamakan untuk segera beristirahat alih-alih minum kopi untuk menambah stamina. 

Selain itu, terlalu banyak minum asupan berkafein juga tidak baik bagi tubuh karena akan meningkatkan risiko insomnia, tekanan darah tinggi, mudah cemas, dan lain-lain.

5. Olahraga di Pagi Hari

Aktivitas fisik di pagi hari akan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Selain membuat badan jadi lebih bugar, kebutuhan oksigen juga terpenuhi dengan baik sehingga tubuh juga lebih bertenaga.

Di sisi lain, sinar matahari di pagi hari juga sangat baik bagi kesehatan, karena akan melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Minum Multivitamin Enervon Active

Selain melakukan 5 hal di atas, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active untuk mencegah atau mengatasi badan drop. Enervon Active adalah multivitamin dan mineral yang bantu tubuh untuk selalu bertenaga dan tidak mudah lelah.

Di dalamnya terkandung nutrisi dasar yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan energi seperti Non-acidic Vit C, Vitamin B Complex (B1, B2, B6, B12, Niacinamide, Kalsium Pantotenat), dan juga Zinc yang buat kamu tidak mudah lelah!

Hebatnya, Enervon Active juga aman bagi lambung dan tidak menimbulkan ketergantungan serta efek samping lho! Dapatkan segera produknya di sini dan rasakan manfaatnya bagi tubuh dengan konsumsi rutin!