Jalan-jalan ke luar negeri pastinya menyenangkan dan bisa menambah pengalaman berwisata baru dalam kehidupanmu. Namun, persiapan travel ke luar negeri pastinya berbeda dengan saat plesiran di negeri sendiri. Selain dari segi biaya, kamu juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen penunjang seperti paspor dan visa yang harus diurus jauh-jauh hari sebelumnya. 

Jika ini pengalaman pertamamu berpetualang ke negeri orang, maka perhatikan beberapa tips penting berikut ini ya!

Tips Travel ke Luar Negeri untuk Pemula

Siapa sih yang gak pengen jalan-jalan ke luar negeri? Apakah kamu salah satunya? Datang ke negara impian dengan mengunjungi tempat-tempat yang ada di daftar wishlist-mu pastinya akan jadi momen mendebarkan dalam hidup! Nah, supaya perjalananmu nanti berjalan lancar dan lebih menyenangkan, maka lakukan persiapan dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Mengurus Dokumen Wajib yang Diperlukan

Berbeda saat menjadi turis domestik, kamu harus berurusan dengan dokumen atau berkas pendukung perjalanan saat memutuskan untuk berkunjung ke negara lain. Syarat utama supaya bisa masuk negara asing adalah memiliki paspor. Namun, di beberapa negara tertentu, kamu mungkin juga harus memiliki visa agar bisa diterima di negara tujuan.

Proses pembuatan paspor dan visa sendiri membutuhkan waktu yang tidak instan. Oleh sebab itu, kamu bisa membuat pengajuan berbagai  dokumen penting tersebut dari jauh-jauh hari atau minimal 3 bulan sebelum keberangkatan.

2. Booking Tiket dan Akomodasi Jangan Dadakan!

Setelah urusan administrasi beres, kamu bisa melanjutkan untuk booking tiket pesawat dan akomodasi selama berada di negara tujuan. Jika ingin mendapatkan best price atau harga miring, maka hindari untuk memesan tiket mendekati waktu keberangkatan ya!

Kamu bisa membelinya dari jauh-jauh hari sebelumnya untuk bisa mendapatkan harga tiket serta akomodasi yang lebih terjangkau. Rajin-rajinlah untuk mengecek situs-situs maskapai penerbangan atau travel agent secara online untuk mendapatkan harga promo yang bikin budget liburan jadi lebih hemat.

3. Bergabung dengan Group Tour

Apabila kamu masih ragu-ragu untuk bepergian secara mandiri, maka kamu bisa menghubungi travel agent tertentu untuk bergabung dengan rombongan wisatawan lainnya. Cara ini jadi alternatif yang tepat buat kamu yang males ribet untuk mengurusi semuanya sendiri.

Pasalnya, dengan membeli paket wisata, kamu tidak perlu repot memesan tiket pesawat dan hotel serta membuat itinerary liburan karena semuanya sudah dipersiapkan oleh pihak tour and travel agent.

Namun, opsi spot wisata yang bisa kamu kunjungi mungkin akan lebih terbatas jika dibandingkan dengan menyiapkannya sendiri. Oleh sebab itu, kamu bisa menyesuaikan hal ini dengan kebutuhan masing-masing ya!

4. Persiapkan Urusan Finansial dengan Benar

Mata uang di negara tujuan tentunya berbeda dengan di negeri sendiri. Saat berada di mancanegara, kamu hanya bisa melakukan transaksi jual beli dengan mata uang di negara tersebut. Oleh sebab itu, kamu juga harus memahami bagaimana cara menggunakan uang selama berada di sana.

Sebelum berangkat, kamu bisa mengunjungi bank untuk memastikan bahwa rekening yang dimiliki bisa dipakai di negara lain. Kemudian kamu bisa menukarkan sedikit uang sesuai dengan mata uang negara tujuan untuk pegangan cash di money changer atau bank setempat. Ingat, tukarkan uang secukupnya saja ya!

Sisanya, kamu bisa mengambil uang saat diperlukan di gerai ATM di luar negeri yang memiliki logo Mastercard, Visa, Cirrus, Plus, dan sebagainya.

5. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Agar bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga di tanah air, kamu juga harus memastikan koneksi internet tetap lancar. Ada tiga opsi yang bisa kamu pilih yaitu memakai sim card lokal yang bisa dipakai di luar negeri, menyewa wifi portable, atau membeli kartu SIM baru di negara tujuan. 

Kalau urusan internet lancar kamu pun gak akan ketinggalan untuk selalu update di media sosial kapan pun dan di mana pun!

6. Menyimpan Berkas-Berkas Penting dalam Bentuk Soft Copy

Untuk berjaga-jaga, kamu sebaiknya menyimpan berbagai dokumen penting dalam bentuk soft copy agar tetap merasa aman. Buatlah salinan dari berbagai berkas-berkas penting seperti KTP, paspor, visa, hingga tiket pesawat ke dalam cloud storage yang kamu miliki.

Kamu tentunya tidak ingin hal buruk terjadi selama bepergian di negeri orang. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Menjaga Kesehatan Tubuh agar Selalu Fit

Hal yang paling krusial tapi kerap kali disepelekan adalah persiapan fisik. Kamu pasti ingin menghabiskan momen travel ke luar negeri tanpa kehilangan waktu sedetik pun bukan? Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik yang kuat dengan berusaha menjaga kesehatan sebelum dan saat melakukan perjalanan di luar negeri.

Selain makan makanan bergizi, mencukupi asupan cairan harian, dan rutin berolahraga, imbangi dengan konsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak gampang sakit.

Selama melancong di negara impian, jangan lupa untuk minum Enervon C secara teratur supaya tubuh senantiasa fit dan selalu bertenaga. Enervon C adalah multivitamin yang bisa kamu andalkan karena di dalamnya terkandung kombinasi vitamin C dan juga vitamin B kompleks yang sangat baik untuk tubuh.

Vitamin secara efektif akan menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B kompleks berperan dalam proses metabolisme untuk pembentukan energi. Jadi, kamu bisa berpetualang di negeri impian dalam kondisi tubuh yang fit dan prima. 

Dapatkan produk Enervon C hanya di sini, dan bersiaplah untuk memiliki pengalaman travel ke luar negeri yang menyenangkan!