Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Mulai dari cara medis maupun non medis. Bahkan, tidak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya.

Tetapi, sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, dan terkadang tidak memerlukan biaya apapun. Berikut ini beberapa cara untuk hidup bersih sehat yang bisa kamu lakukan sehari- hari.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Credit: topmedia.co.id

Sebagian besar dari manusia seringkali tidak minum cukup air setiap harinya. Hal ini tentu tidak baik karena air sangat penting untuk tubuh kita. Ini dikarenakan tubuh manusia kehilangan air setiap hari melalui urine, keringat, dan pernapasan. Sehingga penting untuk selalu mengisi asupan air tubuhmu.

2. Tidur dan istirahat yang cukup

Credit: jawapos.com

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari hidup bersih sehat. Tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas dengan maksimal. Selain untuk kesehatan tubuh, tidur yang cukup dapat mencegah penuaan dini.

3. Olahraga teratur

Credit: hipwee.com

Berolahraga setiap hari memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit, membuat kepadatan tulang jadi lebih tinggi, dan membantu menurunkan berat badan.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym, kamu bisa berjalan kaki lebih sering dalam beraktivitas, seperti memilih naik tangga daripada naik lift ketika sedang di kantor.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Credit: relish.com

Sayuran dan buah sangat penting untuk kesehatan tubuh. setidaknya kamu harus mengonsumsi 5-9 porsi buah atau sayuran setiap harinya. Dan disarankan untuk memilih buah atau sayur dengan warna- warna cerah. Karena, biasanya buah atau sayuran tersebut kaya akan antioksidan, yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, hindari makanan olahan atau kalengan, karena nillai gizi yang kurang baik untuk tubuh, mengandung pengawert, serta mengandung banyak garam yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Mulai mencintai diri sendiri

Credit: qldcountryhealth.com.au

Dengan mencintai diri sendiri kamu dapat terhindar dari dampak buruk stress yang akan mempengaruhi kesehatanmu. Selain itu, kamu bisa mengambil lebih banyak manfaat dengan pemikiran positif terhadap cara pandang hidup yang lebih luas. Dan hal ini akan membantumu menjadi pribadi yang lebih Bahagia setiap harinya.

6. Tuliskan mimpi dan kebahagaiaanmu

Credit: medium.com

Menyimpan banyak pikiran dan dipendam sendiri itu tidak sehat. Kamu bisa mulai menulis buku harian untuk melepaskan berbagai pikiranmu. Menulis dapat menjadi salah satu hal yang dapat mengurangi hal negative dalam dirimu. Selain itu, kamu juga menuliskan hal- hal apa saja yang membuatmu Bahagia dan apa yang menjadi impianmu.

Nah, itulah beberapa cara untuk hidup bersih dan sehat. Selain menerapkan tips- tips di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon setiap hari, yang bisa membantu jaga daya tahan tubuhmu. 

 

 

Featured Image - kirkmarket.ky