Bagaimana cara menjaga kondisi tubuh saat terjadi perubahan cuaca? Mungkin pertanyaan itu sedang terlintas di pikiranmu saat ini. Ya, cuaca ekstrem yang tak menentu memang rentan membuat daya tahan tubuh melemah sehingga badan jadi mudah sakit. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar senantiasa tetap fit. 

Jadi, kamu tidak perlu takut lagi menghadapi pergantian cuaca dari panas menyengat ke hujan yang dingin. Menariknya, hal-hal tersebut sangat mudah untuk dipraktikkan lho! Daripada penasaran, yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

 

Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Tubuh saat Terjadi Perubahan Cuaca?

Cuaca ekstrem memang berisiko membuat tubuh jadi gampang sakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2015, suhu rendah atau dingin dapat menurunkan sistem imunitas, sehingga kamu tidak boleh menyepelekan hal ini.

Selain itu, cuaca ekstrem juga membuatmu jarang terpapar sinar matahari yang mengandung vitamin D. Padahal vitamin D juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuhmu lho! Nah, supaya kondisi tubuh tetap terjaga saat terjadi perubahan cuaca, pastikan untuk konsisten melakukan hal-hal di bawah ini ya!

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan dan Jangan Lupa Istirahat

Menjaga tubuh agar selalu terhidrasi adalah hal wajib yang sebaiknya kamu lakukan saat cuaca ekstrem. Pastikan untuk mencukupi asupan air putih supaya tubuh tetap bugar dan tidak mudah lemas. Pasalnya, kekurangan cairan bisa membuatmu gampang lelah sehingga berisiko mengganggu kesehatan tubuh. 

Selain memastikan tubuh terhindar dari dehidrasi, kamu juga harus memperhitungkan aktivitas harian yang akan dijalani. Hindari memforsir diri untuk melakukan hal-hal di luar batas kemampuan dan sempatkan diri untuk beristirahat saat merasa lelah.

2. Menjaga Suhu Ruangan

Musim hujan membuat suhu menjadi rendah dan menyebabkan udara terasa sangat dingin. Supaya tidak memengaruhi kesehatan tubuh, kamu bisa mengusahakan untuk menjaga suhu ruangan agar tetap hangat.

Saat hujan lebat datang, sebaiknya tutup pintu dan jendela sehingga udara dingin tidak masuk ke dalam rumah. Selain itu, konsumsi makanan atau minuman yang hangat agar tubuh tetap nyaman. 

Pakai pakaian yang tebal agar tubuh tetap merasa hangat. Jika ada bayi atau orang lanjut usia di rumah, pastikan mereka tetap merasa hangat supaya tidak mudah sakit.

 


3. Rajin Mencuci Tangan

Aktivitas di luar ruangan membuatmu rentan terpapar kuman, virus, dan juga bakteri. Jika hal ini dibiarkan, maka berbagai partikel tadi dapat membahayakan tubuh seperti badan drop atau terserang penyakit.

Untuk mencegahnya, usahakan untuk rajin mencuci tangan terutama setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Namun, jangan asal cuci tangan, lakukan hal ini dengan benar supaya kuman, virus, dan bakteri benar-benar hilang.

Pertama-tama, pastikan kamu mencuci tangan di air yang mengalir. Kemudian pakai sabun dan gosok ke tangan hingga berbusa dalam waktu 20 detik. Perhatikan juga bagian punggung tangan dan sela-sela jari, jangan lupa juga untuk menggosok bagian-bagian tersebut ya!

4. Rutin Berolahraga

Supaya daya tahan tubuh tetap terjaga di saat perubahan cuaca ekstrem, kamu bisa membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Lakukan hal ini minimal selama 30 menit tiap harinya atau minimal 5 kali dalam seminggu.

Kamu bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan-ringan saja untuk memulainya. Bahkan, berolahraga di sela-sela rutinitas kerja juga bisa kamu lakukan lho! Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas bergerak.

 


5. Makan Makanan Bergizi

Cara mudah lainnya yang cukup efektif menjaga imunitas tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi. Perhatikan setiap asupan makanan yang kamu konsumsi saat sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Pastinya, makan makanan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayur, dan juga buah-buah. Utamakan untuk menyantap lebih banyak makanan dengan kandungan protein tinggi yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

6. Konsumsi Tambahan Vitamin C

Sumber vitamin C terbaik adalah yang berasal dari alam. Kamu bisa memilih sumber makanan yang kaya vitamin C untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Beberapa sumber makanan yang tinggi kandungan vitamin C adalah brokoli, kembang kol, jambu biji, jeruk, mangga, dan juga stroberi.
 

 

Namun, kamu juga bisa menambah asupan vitamin C dengan rutin mengonsumsi suplemen vitamin C terbaik seperti Enervon-C. Enervon-C adalah multivitamin dan mineral yang mengandung kombinasi vitamin C dan juga B kompleks.

Jadi, selain efektif menjaga daya tahan tubuhmu, multivitamin yang satu ini juga bantu pembentukan energi di dalam sehingga kamu akan senantiasa fit setiap harinya. 

Yuk cegah tubuh dari berbagai risiko penyakit dengan rutin mengonsumsi Enervon C yang tersedia dalam bentuk tablet dan juga tablet effervescent sekarang juga! Pastikan untuk belanja secara online di official store Enervon via Shopee dan juga Tokopedia untuk mendapatkan produk-produk aslinya ya!