Salah satu tantangan besar bagi orang yang berpuasa adalah menahan lapar dan haus dari pagi subuh hingga matahari tenggelam. Banyak cara ditempuh agar lapar dan haus ini tidak menghambat aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi suplemen menjadi alternatif cara yang banyak ditempuh semua kelas usia. Apalagi untuk kamu yang biasa menghadapi hari padat dan membutuhkan banyak energi. Meskipun terlihat remeh, pemilihan jenis vitamin yang tepat dengan kegiatanmu sehari-hari akan jauh lebih efektif. Untuk itu, kenali beberapa jenis vitamin yang bagus saat berpuasa untuk kamu dan keluarga di bawah ini.

Jenis Vitamin untuk Puasa Lebih Kuat

1. Vitamin A

Vitamin A berperan penting dalam meningkatkan kelancaran pencernaan, terutama dalam proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah dan sel darah putih. Hal ini akan membantu tubuh lebih bugar karena asupan oksigen yang cukup sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Vitamin C

Berikutnya adalah vitamin C, jenis zat yang populer dengan kemampuannya untuk meningkatkan imunitas. Berfungsi sebagai antioksidan juga, vitamin C mampu membantu menangkal radikal bebas dan mengurangi gejala anemia. Beberapa gejala anemia inilah yang sering muncul pada orang yang berpuasa. Fungsinya juga berkaitan erat dengan fungsi mineral zinc.

3. Vitamin B Kompleks

Sesuai dengan namanya vitamin B kompleks terdiri dari beberapa turunan, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B12. Masing-masing memiliki manfaat khusus yang saling memengaruhi kesehatan tubuh, terutama bagi orang puasa. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu pengolahan makanan menjadi energi dan menyimpannya sebagai cadangan.
  • Meningkatkan pembentukan hemoglobin untuk mencegah anemia.
  • Meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan fungsi otak.
  • Membantu menjaga kadar gula darah.

 


4. Zinc

Terakhir adalah zat dari keluarga mineral, yaitu zinc. Dengan memenuhi kebutuhan zinc, tubuh akan menurunkan risiko terkena gejala kurang darah seperti lemah, letih, dan lesu. Selain itu, zinc juga membantu meningkatkan koordinasi tubuh dan imunitas. Dengan adanya zinc, tubuh akan mengaktifkan sel darah putih sehingga tubuh tidak mudah sakit meski saat puasa.


Tips Pemenuhan Vitamin dan Mineral

Vitamin bukan zat yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar. Cara paling utama untuk memenuhi asupan berbagai jenis vitamin di atas adalah pola makan sehat dan teratur. Namun tentu saja ada hal-hal detail lain yang dapat membantu kamu mencukupi kebutuhan vitamin harian.

1. Memahami Kombinasi Bahan Makan

Sebelum mengatur pola makan dengan vitamin seimbang, kenali dan pahami dahulu kandungan beberapa bahan makan favorit. Kemudian kombinasikan dengan cara yang tepat seperti dalam pedoman Isi Piringku dari Kementrian Kesehatan RI. Khusus pada porsi vitamin dan mineral, perbanyak makan serat dari buah dan sayur. Agar bersemangat makan sehat, carilah bahan makan yang cocok disantap sekaligus memberi manfaat optimal.

2. Mendapatkan Vitamin secara Natural

Masih berkaitan dengan tips pertama, makan makanan sehat adalah salah satu cara mendapatkan vitamin secara natural. Dalam hal ini, natural diartikan sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pengolahan berlebihan. Sebagian besar jenis vitamin tidak tahan dan bisa rusak jika terkena panas berlebihan. Artinya, kamu harus mengonsumsinya mentah-mentah atau yang diolah maksimal satu kali proses saja. Semakin sedikit proses pengolahan, maka semakin banyak vitamin yang akan kamu dapatkan.

3. Mendapatkan Vitamin dengan Cepat

Bagi sebagian orang, pemenuhan vitamin dengan cara natural mungkin kurang praktis karena perlu menghitung atau mengira-ngira kadar vitamin suatu makanan. Terutama jika saat berpuasa, orang cenderung memilih makanan yang sedang diinginkan dibanding yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi suplemen atau vitamin instan adalah alternatif terbaik. Hal penting sebelum memilih produk suplemen adalah kandungan bahan-bahannya yang harus sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Mudah dan Nyaman Diminum

Indikator lain dalam mengonsumsi vitamin yang bagus saat berpuasa adalah memilih produk yang mudah dan nyaman diminum. Mengonsumsi vitamin tambahan saat ini adalah kegiatan yang sangat mudah. Bagaimana tidak? Hampir semua produk hadir dengan kemasan praktis berbentuk tablet, kapsul, hingga pil. Bahkan ada juga vitamin yang mudah larut dalam air putih (effervescent). Jangan sampai hal ini membuat kamu malas minum vitamin.

 


Daftar vitamin yang bagus saat berpuasa dan tips pemenuhan vitamin di atas bisa dikombinasikan. Artinya, bisa jadi pada hari biasa kamu mudah mendapatkan vitamin dengan cara yang natural. Namun saat bertemu hari yang padat dan penuh aktivitas, kebanyakan orang mengabaikan hal ini. Sehingga agar tidak terlewatkan, bantu dengan konsumsi tablet penambah vitamin.


Cukupi Kebutuhan Vitamin saat Puasa dengan Enervon!

Keluarga muslim dengan anggota yang berusia beragam tentu memiliki kebutuhan yang beragam pula. Meskipun begitu, pemenuhan vitamin untuk setiap usia bisa menjadi hal yang mudah dilakukan bersama Enervon. Pertama, Enervon Gold untuk usia di atas 50 tahun. Dapatkan produk yang asli dengan mengunjungi toko official Enervon di Tokopedia atau Shopee. Jangan sampai kehabisan untuk kebutuhan bulan puasa kamu dan keluarga.