Untuk memiliki tubuh yang bugar dan sehat sebenarnya kamu tidak perlu meluangkan waktu terlalu lama untuk berolahraga. Cukup 30 menit sehari maka kamu akan merasakan perubahan yang nyata.

Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki. Aktivitas ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan kamu hanya membutuhkan sepasang sepatu serta niat.

Untuk menambah motivasimu agar mulai rutin melakukan jalan sehat, berikut ini beberapa perubahan yang bisa kamu rasakan jika rutin jalan sehat selama 30 menit sehari.

1. Mood jadi lebih baik

Credit: netdoctor.co.uk

Jika kamu butuh cokelat, donat, atau makanan manis untuk mengembalikan mood, maka berjalan kaki bisa jadi alternative yang lebih sehat, tapi memiliki pengaruh yang sama untuk mengembalikan mood. Rutin jalan sehat akan mengubah sistem saraf sehingga kamu akan merasakan penurunan rasa marah atau emosi dalam tubuh.

2. Mendorong ide kreatif

Credit: engagedly.com

Ketika kamu merasa jenuh atau stuck dengan pekerjaan, berjalan kaki adalah kegiatan yang baik untuk menyegarkan pikiranmu.

3. Celana jadi lebih longgar

Credit: medium.com

Jika kamu sudah mulai rutin jalan sehat, perubahan yang paling terlihat mungkin adalah celana yang mulai longgar, meskipun angka di timbangan memang tidak berubah teralu banyak. Ini karena rutin jalan kaki akan memperbaiki respon tubuh terhadap insulin, yang akan mengurangi lemak perut.

Jalan kaki adalah olahraga dengan benturan rendah aman untuk siapapun) yang bisa membakar kalori dan mencegah hilangnya otot.

4. Saluran pencernaan jadi lebih baik

Credit: netdoctor.co.uk

Setelah rutin latihan jalan kaki setiap hari, kamu pasti akan merasakan buang air jadi lebih lancar. Setiap jenis olahraga pada dasarnya akan meningkatkan gerakan usus, sehingga mencegah sembelit.

5. Terhindar dari penyakit

Credit: inspirelle.com

Berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah sehingga risiko diabetes pun menurun. Selain itu, risiko penyakit jantung juga akan menurun, bagi kamu yang rutin berjalan kaki selama 30 menit selama 5 hari seminggu. ‘

6. Bentuk kaki jadi lebih baik

Credit: shape.com

Semakin bertambahnya usia, risiko mengalami varises pun akan semakin besar. Dengan rutin jalan sehat, risiko itu bisa dicegah.

Berjalan kaki dapat memperkuat sistem sirkulasi vena yang berada di sekitar kaki dan telapak kaki. Aliran darah pun jadi lebih lancar dan otot juga semakin kuat. Namun, jika kamu sudah terlanjur memiliki varises, maka rutin jalan kaki akan mengurangi bengkak dan juga rasa pegal di kaki.

 

Itu dia 6 perubahan yang bisa kamu rasakan ketika rutin jalan kaki setiap hari. Selain melakukan aktivitas jalan sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin, agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

Featured Image - medium.com