Kesehatan mental anak sama pentingnya dengan kesehatan fisiknya. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kamu juga wajib memperhatikan hal tersebut ya! Sayangnya, masih ada yang belum menyadari bahwa kondisi psikis yang sehat tak hanya bermanfaat bagi diri anak sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Pada artikel kali ini, kamu akan diajak untuk memahami kenapa hal ini sangat penting dan berbagai tips dalam menjaga kesehatan mental putra putri tercinta.

Kenapa Kesehatan Anak Penting?

Banyak orang tua yang sampai saat ini masih menyepelekan perihal masalah kesehatan mental. Padahal, hal tersebut sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang dan cara mereka dalam menjalani hidup. 

Tak hanya orang dewasa saja, kesehatan mental anak juga sangat penting untuk diperhatikan. Kenapa demikian? Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kesehatan psikis yang baik digambarkan sebagai kondisi batin yang tenteram dan tenang. Kondisi tersebut memungkinkan seseorang untuk bisa menikmati hidup dan juga menghargai orang-orang yang ada di sekitarnya.

Hal tersebut juga berlaku untuk anak-anak. Anak yang sehat secara mental umumnya bisa memaksimalkan kemampuan dan potensinya, mampu mengatasi masalah, serta bisa memberikan pengaruh positif untuk lingkungannya. 

Hal tersebut juga didukung oleh UNICEF yang menyatakan bahwa anak-anak yang sehat secara mental berpeluang lebih besar untuk memiliki kehidupan yang bahagia dan sukses.

Sebaliknya, kesehatan mental yang  terganggu akan menyulitkan anak dalam mengontrol emosi, bahkan memicu mereka untuk berperilaku buruk. 

 


Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa mental anak yang sehat akan mempengaruhi perilaku dan hubungan sosialnya dengan orang lain. Lebih dari itu, hal tersebut akan membuat anak lebih bahagia dan bisa memaksimalkan potensinya. Berikut ini telah terangkum beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak.  

1. Membangun Kepercayaan Anak

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan psikis adalah dengan membangun kepercayaan anak. Pertama-tama, orang tua harus bisa menciptakan rasa aman dan nyaman kepada anak. 

Bagaimana cara mewujudkannya? Mudah saja, kamu harus selalu sigap dan siaga saat anak membutuhkanmu. Saat kamu mampu memenuhi kebutuhan fisik dan emosional mereka, maka anak akan merasa aman dan dicintai. Apabila hal ini dilakukan secara konsisten, maka anak akan percaya bahwa kamu adalah orang tua yang bisa diandalkan.

2. Meluangkan Waktu untuk Bermain Bersama

Rutinitas harian seringkali membuat orang tua tidak punya waktu untuk menemani sang buah hati tercinta. Padahal, anak juga butuh kehadiran orang tua di dalam hidupnya. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk bisa bermain bersama mereka ya!

Pasalnya mengajak anak untuk bermain bersama juga jadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental mereka. Saat anak-anak bermain bersama orang tuanya, mereka akan merasa bahagia dan terhindar dari risiko cemas hingga depresi.

3. Tunjukkan Rasa Cinta ke Anak

Meski terdengar remeh dan sepele, tapi mengungkapkan rasa cinta ke anak akan membuat mental mereka lebih sehat. Hal tersebut tidak perlu ditunjukkan secara berlebihan. Hanya dengan memberikan senyuman, memeluk, dan mencium kening atau pipi anak juga bisa menjadi bahasa cinta yang sangat berharga untuk mereka.

4. Menerapkan Hidup Sehat

Pola hidup sehat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik semata, tapi juga baik untuk mental si anak. Oleh sebab itu, kamu bisa mengajak si kecil untuk menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, tidur yang cukup, melakukan aktivitas fisik, dan sebagainya.

5. Ajari Anak Manajemen Stres

Stres bisa dialami siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun. Sayangnya, anak-anak belum bisa menyikapinya dengan bijak sehingga hal tersebut bisa menyebabkan masalah lainnya. Nah, peran orang tua sangat diperlukan untuk mencari tahu kira-kira hal apa yang membuat mereka stres. 

Saat orang tua mau mendengarkan keluhan anak tanpa menghakimi, mereka akan mudah untuk terbuka dan menceritakan segala hal yang mengganjal di hati dan pikiran. Dengan demikian, orang tua akan lebih mudah untuk membimbing dan membantu mereka dalam menghadapi berbagai kendala tersebut.

Lambat laun, anak akan semakin paham dalam menyikapi berbagai masalah yang mengganggu mereka kedepannya.

6. Ajak Anak untuk Bersosialisasi

Selain menjalin hubungan yang sehat dengan orang tuanya, anak juga perlu diajak untuk berhubungan dengan orang lain. Dorong anak untuk mau bersosialisasi dengan keluarga yang lain seperti kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, hingga tetangga, atau teman sebayanya. Cara yang satu ini juga cukup efektif dalam menjaga kondisi psikis anak lho!
 

 

Agar bisa selalu menjaga kesehatan mental anak, kamu juga wajib menjaga daya tahan tubuh dengan rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C tambahan seperti Enervon-C. Hanya Enervon-C satu-satunya multivitamin yang tak hanya menawarkan khasiat Vitamin C, tapi juga kombinasi Vitamin B-Kompleks yang bantu pembentukan energi.

Menariknya, Enervon-C hadir dengan dua pilihan yaitu kemasan tablet siap minum dan effervescent yang memberikan sensasi segar di tubuh! Temukan produk-produk Enervon-C hanya di official store Enervon terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia ya!