Liburan biasanya hal yang paling ditunggu oleh mahasiswa. Setelah menjalani satu semester perkuliahan yang melelahkan, kamu yang masih mahasiswa pasti memerlukan waktu untuk bersantai dan bersenang- senang. Mumpung masih muda, banyak petualangan seru yang bisa kamu jelajahi.

Tetapi, kendala utama bagi mahasiswa biasanya adalah soal budget. Nah, berikut ini tips hemat travelling untuk mahasiswa yang bisa kamu coba!

1. Buat perencanaan dengan niat

Credit: theadventuresofpandabear.com

Buatlah rencana perjalananmu dari jauh- jauh hari. Cari tempat mana yang ingin kamu kunjungi, perbekalan apa yang harus dibawa, dan sebagainya. Jika kamu membuat rencana perjalanan dari jauh- jauh hari, jadi kamu bisa menabung biaya perjalanan dari sekarang.

2. Manfaatkan semua yang ada

Credit: cbsnews.com

Jika kamu memiliki kenalan atau saudara di tempat tujuanmu, manfaatkanlah. Daripada menginap di hotel, lebih baik kamu menginap di tempat saudara atau kenalanmu. Karena hal ini bisa mengirit biaya menginap atau bahkan biaya makan kamu.

3. Pilih tanggal low season

Credit: inews.co.uk

Hindari berpergian saat musim liburan. Kalau bisa pilih tanggal yang low season. Karena jika kamu memilih tanggal saat musim liburan, harga semua tiket dan akomodasi akan lebih mahal daripada hari biasanya. Selain itu, tempat wisata juga pasti akan lebih ramai.

4. Kalau bisa, pinjam saja perlengkapan yang dibutuhkan

Credit: outdooradventurestore.ie

Biasanya ketika akan travelling, kamu akan menyiapkan perlengkapan. Terutama jika akan melakukan petualangan di alam bebas seperti hiking dan diving.

Siapkan perlengkapan yang kamu butuhkan, kalau bisa tidak usah beli, cukup pinajm dengan teman atau saudara yang punya. Misalnya, kalau mau mendaki gunung, kamu bisa meminjam tas carrier, tenda, dan sleeping bag. Uangmu lebih baik dialokasikan untuk mengunjungi tempat- tempat lain.

5. Gunakan transportasi publik

Credit: www.kxly.com

Untuk jalan- jalan di kota tujuanmu, usahakan untuk naik trasnportasi public daripada naik taksi yang biasanya biayanya lebih mahal.

6. Bawa perbekalan dari rumah

Credit: delish.com

Jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan selama perjalanan. Pilih makanan yang bersifat tahan lama, seperti mie instan cup, roti, keripik kentang, atau lainnya.

Dan kalau kamu mau cari makanan, usahakan hindari makan di restoran. Coba makan di warung- warung pinggir jalan. Selain lebih murah, kamu jadi bisa menyicipi makanan khas setempat.

7. Cari kerja part time

Credit: harborparkapartments.com

Budget yang pas- pasan membuatmu tidak bisa menjelajahi banyak tempat wisata. Jadi, kamu bisa lho mencari kerja part time selama liburan. Misalnya, ketika kamu mau liburan ke Bali, cari info- info kerja part time disana. Biasanya di hotel atau restoran banyak kerja part time. Lumayan kan, kamu bisa berlibur sekaligus mencari uang.

 

 

Featured Image - thesouthafrican.com