Wawancara atau interview kerja adalah salah satu tahap pencarian kerja yang cukup mendebarkan. Pencari kerja cenderung akan mempersiapkan banyak hal agar prosesnya berjalan lancar dan tentu saja tujuan akhirnya adalah mendapatkan pekerjaan tersebut. Salah satu bentuk persiapan wawancara kerja adalah merancang jawaban yang umumnya ditanyakan. Jika terkait dengan hal teknis, kamu sudah pasti lebih memahaminya. Namun pertanyaan yang sering muncul dan cukup menantang untuk dijawab adalah “apa alasan kamu bekerja di perusahaan ini?”. Berikut ini adalah beberapa alternatif jawaban dan tips menyampaikannya untuk kamu.

Hampir setiap perusahaan melalui tim HRD mereka sering menanyakan pertanyaan tersebut. Hal ini karena dari satu jawaban kamu, perusahaan dapat mengetahui beberapa hal. Pertama, seberapa jauh kamu melakukan riset terkait perusahaan dan produknya. Kedua, cara menjawab kamu akan memperlihatkan seberapa penting profesionalitas dan jenjang karier yang kamu tuju. Ketiga, perusahaan akan melihat apakah kamu memiliki target pekerjaan untuk mengukur ekspektasi mereka jika kamu resmi menjadi karyawan. Semakin komprehensif jawaban yang kamu sampaikan, maka kamu akan semakin meyakinkan. Sehingga kemungkinan untuk diterima di perusahaan tersebut akan semakin tinggi.

 

 

Jenis Pertanyaan Serupa

  • Mengapa kamu memilih perusahaan ini untuk bekerja?
  • Boleh diceritakan alasannya memilih perusahaan ini?
  • Apa yang membuat kamu tertarik bekerja di perusahaan ini?
  • Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?

 

Contoh Jawaban yang Bisa Kamu Gunakan

 

Saya tertarik dengan (produk atau layanan perusahaan) yang tidak hanya terkenal di kalangan konsumen domestik, tapi juga luar negeri. Dari analisis saya kemarin, kemampuan dan fokus saya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan untuk proses pengembangan.

Saya memiliki visi yang sama dengan perusahaan ini sehingga saya ingin berkontribusi untuk mencapai visi tersebut. Keterampilan yang dibutuhkan dalam posisi ini juga sesuai dengan pengalaman saya belajar selama ini.

Pada tugas di tempat kerja sebelumnya, saya memiliki beberapa pencapaian terkait (produk atau layanan perusahaan). Ketika melihat perusahaan ini memiliki konsep produk/layanan yang sama, saya tertarik untuk melakukan pengembangan yang jauh lebih pesat.

Untuk industri ini, saya memiliki target dapat mencapai pasar dunia. Setelah saya mempelajari (produk atau layanan perusahaan) dan strateginya, saya memiliki rencana kerja untuk mencapai target tersebut dalam (angka) tahun.

Dari pengamatan dan riset saya, lingkungan kerja yang ditawarkan perusahaan ini sesuai dengan potensi yang saya miliki. Berdasarkan pengalaman saya memegang proyek serupa, saya merasa bisa mencapai target yang lebih baik dengan lingkungan kerja tersebut.

Perusahaan ini telah berdiri selama (angka) tahun dan saya melihat nilai dan komitmen yang dibawa sesuai dengan karakter dan pencapaian saya selama ini. Saya melihat cita-cita jangka panjang bersama perusahaan ini untuk semakin bermanfaat bagi masyarakat luas.

 

 

Hal yang Perlu Dicermati dalam Menjawab

1. Temukan Karakter Perusahaan yang Unggul dan/atau Unik

Saat melakukan riset, temukan keunggulan dan/atau keunikan perusahaan yang bisa kamu eksplorasi. Dari situ, kaitkan analisis kamu dengan pengalaman kerja atau penelitian yang pernah dilakukan bagi fresh graduate. Dengan begitu perusahaan akan menilai kamu benar-benar memiliki minat yang besar kepada mereka.

2. Kesamaan Tujuan antara Kamu dan Perusahaan

Ketika perusahaan menemukan calon karyawan dengan target dan tujuan yang sama, mereka akan mempertimbangkan kemampuan orang tersebut. Dari satu pertanyaan tersebut, kamu harus menyampaikan kemampuan yang kamu tawarkan untuk mencapai tujuan itu. Selanjutnya, tim HRD bisa saja menanyakan detail kemampuan kamu sebagai tanda mereka tertarik denganmu.

3. Kaitkan Pengalaman dan Kemampuan dengan Posisi yang Dituju

Bagi kamu yang memiliki pengalaman kerja cukup lama, tidak ada salahnya untuk mengaitkan jawaban dengan pengalaman tersebut. Sesuaikan pengalaman tersebut dengan posisi yang dilamar. Nantinya, tim HRD yang tertarik akan menanyakan pengalaman tersebut lebih detail. Inilah saatnya kamu menunjukkan keunggulan diri dan menawarkannya kepada calon perusahaan. Perlu diingat juga bahwa pengemasan kalimat yang tidak berfokus pada diri sendiri akan meninggalkan kesan yang jauh lebih baik. Sehingga penting juga untuk mengontrol susunan kalimat agar lebih terkesan rendah hati.

4. Bahas Garis Besar Rencana Kerja dan Targetnya

Ketika kamu ingin menjawab dengan mengunggulkan rencana dan/atau target kerja, sampaikan secara garis besar. Hal ini akan menambah poin kamu di mata para pewawancara. Perusahaan akan melihat kontribusi yang kamu tawarkan tidak sekedar hadir dan menyelesaikan pekerjaan saja. Tapi juga peduli dengan perkembangan perusahaan di masa mendatang.

5. Hindari Jawaban Umum dan yang Terkesan Tidak Antusias

Kamu harus menghindari jawaban umum yang justru menjadikan perusahaan terlihat kurang bermakna. Beberapa contohnya adalah gaji yang besar, kenaikan karier cepat, lokasi kantor strategis, dan sebagainya. Termasuk menunjukkan jawaban yang terkesan tidak antusias, seperti mendaftar kerja hanya karena perusahaan sedang membuka lowongan.

 

 

Sampai di sini, sudahkah kamu melakukan beberapa tips untuk menjawab alasan bekerja di perusahaan tersebut? Selain menyiapkan jawaban dan berlatih untuk menyampaikannya, kamu juga perlu mempersiapkan kondisi tubuh yang prima. Wawancara kerja biasanya dilakukan saat tim HRD sedang produktif, yaitu pada pagi hingga tengah hari. Oleh karena itu, persiapkan kesehatan tubuh kamu sejak beberapa hari sebelumnya. Enervon Active siap menjadi teman tubuh yang bugar dan memiliki performa baik. Dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap, kamu akan lebih lancar melalui hari berharga ini karena energi dan stamina yang kuat. Pastikan kamu mendapatkan produk Enervon di e-commerce atau marketplace official dari sekarang.