Aktivitas fisik bagi anak-anak memberikan manfaat yang sangat banyak, terutama untuk tumbuh kembangnya. Mulai dari koordinasi tubuh, kemampuan menyelesaikan masalah, hingga memberikan pengalaman seru yang penuh pelajaran. Salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh anak-anak adalah olahraga renang. Beberapa dari mereka bahkan bisa mahir melakukannya pada usia yang cukup dini. Terdapat faktor-faktor yang membuat anak suka dengan olahraga renang, dan apabila didukung akan mendatangkan manfaat besar bagi anak-anak.

Alasan Mengapa Olahraga Renang Digemari oleh Anak-Anak

Olahraga renang digemari oleh anak-anak karena banyak faktor. Pertama, anak-anak masih bisa merasakan keamanan dan kenyamanan seperti saat di dalam kandungan. Fakta bahwa air ketuban melingkupi bayi selama 9 bulan membuat anak merasa familier dengan kondisi tersebut. Meski pada awalnya anak akan takut masuk ke kolam renang, tapi mereka akan mudah menyesuaikan diri.

Kedua, tentu saja bermain air adalah elemen yang paling mengasyikkan bagi mereka. Semua indra sensorik mereka bekerja dengan cara yang seru. Apalagi jika ayah dan ibu mengenalkan mereka dengan permainan air penuh keseruan dan tantangan seperti perosotan dan ban pelampung dengan bentuk yang menarik dan penuh warna.

 

 

Manfaat Olahraga Renang tuk Anak

1. Mendukung Perkembangan Sensorik & Motorik

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, renang mendukung perkembangan kemampuan sensorik dan motorik anak. Perabanya merasakan tekstur air dan dasar kolam, mata yang terlatih untuk melihat di dalam air, serta hidung yang menghembuskan napas saat menyelam.

2. Melatih Kooordinasi Tubuh

Kemudian pada organ tubuh yang termasuk dalam rangkaian motorik halus, olahraga renang dapat membantu melatih koordinasi otak kecil, mata, dan tangan. Sedangkan dalam perkembangan motorik kasarnya, berenang membuat mereka terbiasa mengelola gerakan dan keseimbangan antar anggota tubuh. Dalam jangka panjang, anak akan memiliki keterampilan fisik yang terasah.

3. Pertumbuhan Otot dan Sendi

Kegiatan renang secara tidak langsung akan memaksa anak memperkuat otot-ototnya, terutama otot punggung dan perut. Selain itu, otot sendi yang dekat dengan tulang akan lebih fleksibel dan mengurangi gejala peradangan otot. Ketika anak menggerakkan seluruh tubuhnya, otot akan bekerja lebih banyak dan menurunkan risiko obesitas akibat berat badan berlebih.

4. Melatih Pernapasan dan Jantung

Saat berenang, anak akan berlatih menahan dan menghembuskan napas secara perlahan. Hal ini menjadi salah satu cara melatih pengontrolan napas sekaligus meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menyimpan udara. Bagi anak-anak yang memiliki riwayat penyakit asma, renang menjadi olahraga yang disarankan. Kemudian untuk jantungnya, peredaran darah menjadi lebih lancar dalam mengalirkan oksigen dan nutrisi. Kesehatan jantung menjadi lebih terjaga dan memiliki performa yang baik.

5. Penyaluran Energi yang Positif

Karena mereka suka bermain air, renang dapat menjadi salah satu cara menyalurkan energi positif. Terutama jika anak memiliki kecenderungan aktif secara fisik. Bahkan bukan tidak mungkin kegiatan ini membuat mereka memiliki cara tersendiri dalam mengelola emosi dan stres.

6. Kebutuhan Bertahan Hidup

Ketika anak sudah bisa berenang, ayah dan ibu tak perlu terlalu khawatir anak akan tenggelam. Hal ini karena kemampuan berenang pada balita dapat menurunkan risiko tenggelam hingga 80%. Tidak hanya saat berlibur, berenang juga menjadi kebutuhan bertahan hidup pada situasi dan kondisi yang tidak terduga.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berawal dari energi yang digunakan pada kegiatan penuh manfaat, kemudian berakhir pada banyak energi yang terpakai. Hal tersebut dapat membuat anak tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik dan stabil akan mengantarkan anak pada proses tumbuh kembang yang optimal.

 

Tips Renang bagi Anak

1. Tahap Pengenalan dan Pembiasaan Itu Penting

Sebelum mengikutkan anak pada kelas renang, ayah dan ibu perlu memberi mereka pengenalan terhadap air dahulu. Bisa saat mandi, membelikan kolam portable, atau berkunjung ke kolam renang umum atau waterpark. Sehingga anak tidak akan terlalu takut saat turun ke kolam dan menerima pelajaran.

2. Pilihkan Baju Renang yang Nyaman

Saat mengajak mereka bermain air, pastikan anak-anak telah menggunakan baju renang yang nyaman bagi tubuhnya untuk bergerak. Pilihkan motif atau gambar karakter yang mereka suka untuk meningkatkan kesemangatan belajar.

3. Hal Penting sebelum Memulai Kelas Renang

Agar hasil berlatih renang lebih optimal, usahakan ayah dan ibu mengikutkan mereka pada kelas renang yang berkualitas. Selain untuk mencegah kesalahan gerakan atau teknik saat berenang, pendampingan guru les renang akan mempercepat proses belajarnya. Sebelum memulai, orang tua perlu memberikan daftar riwayat kesehatan dan penyakit yang pernah diderita anak.

4. Perhatikan Hal Detail saat Akan Berangkat Renang

Sebelum berangkat les, pastikan anak sudah makan dan ada jeda kurang lebih 30 menit. Hal ini untuk menghindarkan anak dari kram perut, mual, dan muntah saat ada di kolam. Selama renang pun orang tua perlu memastikan kebutuhan cairan tubuhnya tercukupi agar tidak dehidrasi. Jangan lupa juga mengoleskan tabir surya tahan air agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

5. Perkuat Imunitas dengan Pola Makan Sehat

Ada beberapa penyakit yang harus dihindari selama berenang, seperti diare, muntaber, dan infeksi telinga. Belum lagi dengan adanya paparan kaporit bagi mata, kulit, dan organ tubuh lainnya. Untuk itu, sangat penting memastikan mereka memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Cara utamanya tentu saja dengan menjaga pola makan sehat dan asupan gizi yang tercukupi.

Salah satu pendukung daya tahan tubuh yang praktis bagi anak aktif dan gemar berenang adalah suplemen makan. Enervon-C Effervescent hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap. Bentuknya yang mudah larut dalam air minumnya menjadikan proses penyerapan nutrisi lebih cepat. Cocok untuk anak dan keluarga dengan aktivitas fisik yang beragam setiap harinya. Pastikan Moms mendapatkan produk yang asli melalui e-commerce Tokopedia atau Shopee sekarang juga.