Meskipun cuma sebentar, liburan singkat atau short trip pastinya akan cukup melelahkan. Agar kondisi tubuh tetap fit dan prima, kamu perlu melakukan persiapan untuk menjaga kesehatan sebelum hari libur tiba. Pasti tak mau kan, waktu yang seharusnya digunakan untuk bersenang-senang malah mengecewakan karena kondisi tubuh tak bersahabat. Nah, supaya liburan singkatmu berjalan lancar, ayo lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan saat Short Trip

Weekend akan lebih menyenangkan saat bisa bepergian bersama keluarga atau teman untuk sekadar refreshing atau melakukan short trip ke tempat yang kamu inginkan. Selain menyiapkan berbagai keperluan selama berlibur, kamu juga harus menjaga kesehatan supaya badan tetap fit saat waktu libur sudah di depan mata.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan hal ini karena merasa hanya akan melakukan perjalanan dalam waktu singkat, sehingga merasa tidak perlu melakukan persiapan fisik. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kamu inginkan, yuk ikuti berbagai tips menjaga kesehatan saat melakukan short trip berikut ini.

1. Banyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah kamu tahu, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Saat sedang short trip, usahakan untuk tetap melakukan anjuran tersebut. Bahkan kamu bisa menambah konsumsi air putih dari yang biasa diminum agar terhindar dari dehidrasi.

Meski liburan identik dengan kegiatan bersenang-senang, tapi tanpa kamu sadari tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Apalagi jika bertepatan dengan musim panas, konsumsi air putih jadi hal yang wajib kamu perhatikan. Jadi, jangan malas untuk minum air putih ya!

2. Perhatikan Asupan Makanan

Saat berlibur, kamu pastinya akan tergoda untuk mencicipi berbagai kuliner lokal yang bikin lapar mata. Meski tidak ada larangan untuk hal itu, tapi usahakan untuk tetap mengutamakan makanan bergizi supaya kondisi badan tetap terjaga.

Perhatikan kandungan makanan yang akan kamu santap, apalagi jika memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan/minuman tertentu. Tak lupa, jagalah kebersihan saat santap kuliner untuk menghindari kuman atau bakteri masuk ke tubuh.

 

 

3. Makanlah secara Tepat Waktu

Saking asyiknya berlibur, kamu sering lupa waktu sehingga terlambat untuk makan. Nah, jangan sampai hal ini menimpa kamu ya! Makanan adalah sumber energi utama bagi tubuh. Jika kamu sering telat makan, bukannya bersenang-senang, agenda liburanmu bisa berakhir di tempat tidur karena sakit atau tidak enak badan.

4. Istirahat yang Cukup

Kesempatan untuk bisa berlibur meski dalam waktu yang singkat membuat banyak orang ingin berpetualang ke semua objek wisata yang ada. Namun, sesuaikan hal ini dengan kondisi tubuhmu dan jangan memaksakan diri untuk tetap melanjutkan agenda short trip saat tubuh sudah merasa lelah.

Segera beristirahat saat tubuh sudah merasa lelah dan lanjutkan perjalananmu di keesokan harinya. Apabila waktu liburmu benar-benar terbatas, maka prioritaskan tempat-tempat wisata yang paling ingin dikunjungi.

 

 

5. Rajin Mencuci Tangan

Hal sepele yang sebaiknya kamu lakukan selama berlibur adalah rajin-rajin mencuci tangan. Selama beberapa hari, kamu akan berkunjung ke tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi orang-orang. Untuk menghindari paparan virus, bakteri, kuman, dan partikel berbahaya lainnya, maka jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.

Utamakan untuk mencuci tangan terutama setelah menggunakan toilet umum, sebelum dan sesudah makan, setelah bersin-bersin, atau sesaat setelah memegang benda yang banyak disentuh orang lain. Selain rajin mencuci tangan, bawalah hand sanitizer untuk berjaga-jaga saat tidak menemukan sumber air bersih.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa persiapan fisik sangat penting dalam menyambut short trip di hari liburmu. Agar fisik senantiasa fit dan bugar, maka biasakan untuk berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan selama minimal 30 menit setiap harinya. Beberapa opsi aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah jalan kaki, joging, bersepeda, berenang, dan sebagainya.

 

 

7. Jangan Lupa Berjemur

Selain rutin berolahraga, biasakan juga untuk berjemur pada pagi hari. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Rajin berjemur akan meningkatkan sistem imunitas, memperkuat tulang, meningkatkan kualitas tidur, mencegah depresi, hingga mengurangi risiko kanker. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari adalah antara jam 9 hingga 10 pagi. Namun, kamu disarankan untuk berjemur dalam kurun waktu 15 menit saja.

8. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Baju yang kamu pakai saat melakukan liburan singkat juga memengaruhi kondisi tubuh. Jika bepergian saat musim panas, maka gunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Sebaliknya, gunakan jaket, syal, hingga topi rajut apabila kamu pergi ke tempat yang suhunya dingin atau berlibur saat musim dingin tiba.

 

 

9. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Area Wajah

Menyentuh area wajah terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena virus, bakteri, atau kuman yang masuk lewat mata, hidung, dan mulut. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak menyentuh wajah sering-sering untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

10. Minum Multivitamin Tambahan

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat short trip adalah mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Effervescent. Walaupun sumber vitamin terbaik berasal dari bahan makanan organik, tapi tidak ada salahnya untuk rutin minum multivitamin agar tubuh selalu fit dan sehat.

Enervon-C Effervescent adalah tablet vitamin yang larut dalam air dengan kandungan 1000 mg vitamin C di dalamnya. Tak hanya itu saja, multivitamin yang satu ini juga diperkaya dengan vitamin B Kompleks yang efektif menambah energi di tubuh. Cukup diminum satu kali sehari, maka badan akan senantiasa fit dan sehat sepanjang hari. Order sekarang juga dengan klik tautan Shopee dan Tokopedia ini!