Menu sarapan untuk anak sebaiknya berganti- ganti setiap harinya, agar si kecil tidak mudah bosan dan tetap minat untuk sarapan.

Dalam memilih menu sarapan sehat untuk anak, jangan memikirkan kenyangnya saja, tapi juga kandungan nutrisi yang bisa menunjang aktivitas anak. Jadi, menu apa saja yang sebainya diberikan kepada anak untuk sarapan? Berikut ini menu pilihan yang bisa kamu coba!

1. Salad buah dan sayur

Credit: pbs.org

Anak- anak harus dibiasakan makan buah atau minum sari buah. Kamu bisa menggabungkan beberapa buah seperti apel, tomat, semangka, melon, nanas, dan anggur. Kamu cukup memotong dadu semua buah tersebut, lalu campurkan mayonnaise dan parutan keju. Dan agar lebih lengkap gizinya, kamu bisa campurkan sayuran yang disukai si kecil, seperti timun atau daun selada.

2. Roti gandum isi selai

Credit: tastyfood.com

Roti gandum utuh mengandung protein, vitamin B, antioksidan, magnesium, zat besi dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Agar menu sarapan sehat ini semakin terasa nikmat, tambahkan selai kacang atau nanas untuk menambah selera makan anak.

3. Nasi goreng telur ceplok

Credit: delish.com

Sediakan sedikit nasi putih atau nasi goreng untuk sarapan dan tambahkan telur cepok. Lebih nikmat lagi kalau ditambahkan sedikit kecap di atas nasi panas. Dan kamu bisa berikan buah sebagai tambahan, seperti melon atau jeruk.

4. Sereal dan susu

Credit: indystar.com

Sereal dengan semangkuk susu dingin memang jadi kesukaan anak- anak. Di dalam semangkuk susu dan sereal mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Dan agar anak semakin berselera, biarkan mereka memilih bentuk dan rasa sereal yang disukainya.

5. Sosis dan kentang goreng

Credit: johnsonville.com

Sosis daging sapi memang paling pas kalau ditambahkan dengan saus tomat atau saus pedas. Agar karbohidrat anak bisa terpenuhi, tambahkan kentang sebagai side dish nya. Menu sarapan sehat ini bisa jadi simpanan energi sampai anak akhirnya menyantap makan siangnya.

6. Bubur sereal manis

Credit: snapguide.com

Oatmeal mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, berbagai vitamin, kalsium, magnesium, folat, fosfor, zat besi, dan lain sebagainya. Selain itu, oatmeal juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, jaringan tubuh, serta sistm kekebalan.

Cara membuat menu ini adalah dengan menyeduh 5 sendok makan bubur sereal dan campurkan dengan susu panas. Berikan topping buah- buahan yang manis seperti pisang, kiwi, dan stroberi. Bubur sereal manis ini mengandung gandum utuh, jagung, beras, serat pangan, vitamin dan mineral, serta kandungan gula yang rendah.

7. Dadar gulung sayur dan daging cincang

Credit: nomoliciouslife.wordpress.com

Telur kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Sedangkan, zat besi dari daging dapat membantu anak terhindar dari anemia. Dan sayur baik kaya akan vitamin dan bagus untuk merawat kesehatan kulit anak.

 

Kocok lepas 2 butir telur menjadi dadar dengan menggunakan Teflon.

Tumir daging cincang menggunakan bawang bombai, berikan sedikit saus tiram dan setelah matang masukan sayur yang sudah dikukus. Kamu bisa menggunakan wortel atau jagung sebagai sayurannya. Setelah itu, masukkan tumisan daging cincang dan sayur ke dalam telur gulung.

 

Itu dia menu sarapan sehat yang bisa kamu sajikan untuk anak. Si kecil dijamin suka deh!

 

 

Featured Image - todayifoundout.com