Road trip atau perjalanan darat pasti sudah gak asing lagi buat kamu, apalagi yang sering pulang mudik atau liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Meski memakan waktu lebih lama ketimbang naik transportasi umum, tapi bepergian via perjalanan darat menghadirkan pengalaman yang seru dan berbeda. Buat kamu yang baru mau mencoba, ada beberapa hal yang perlu disiapkan supaya perjalananmu nanti lebih menyenangkan. Kira-kira apa saja yang harus kamu siapkan ya? Cek informasinya hanya di sini!

Keuntungan Berpetualang via Road Trip

Menempuh perjalanan jarak jauh via kereta api atau pesawat mungkin memang lebih praktis karena kamu hanya tinggal pesan tiket, duduk nyaman, dan akhirnya sampai ke tempat tujuan. Hal ini berbeda dengan road trip karena semuanya harus kamu lakukan sendiri. 

Walaupun terkesan kurang nyaman, nyatanya masih banyak orang yang memilih opsi perjalanan darat dengan kendaraan sendiri saat pergi liburan ataupun balik ke kampung halaman. Buat yang belum tahu, menempuh perjalanan darat juga menawarkan banyak keuntungan lho! Cek fakta-faktanya berikut ini!

1.  Lebih Fleksibel

Kamu bisa nentuin sendiri jadwal hari dan jam keberangkatan saat melakukan road trip. Jadi, melakukan perjalanan via darat secara mandiri membuatmu lebih fleksibel dalam menentukan waktu keberangkatan.

Hal ini berbeda jika kamu memakai moda transportasi umum karena jadwal sudah diatur sehingga kamu yang harus menyesuaikan jam keberangkatan. Namun, semuanya kembali lagi ke kenyamanan dan kondisi masing-masing orang.

2. Lebih Banyak Waktu untuk Family Time

Perjalanan liburan bareng keluarga dengan cara ini juga bisa membuat hubunganmu makin dekat dengan keluarga. Dengan kata lain, road trip bisa jadi kegiatan untuk family time. Pasalnya, kamu akan berada di dalam mobil selama berjam-jam sehingga bisa bercengkrama bersama mereka dalam waktu yang lebih lama.

3. Bisa Mampir-Mampir

Nah, keuntungan yang satu ini gak akan kamu dapatkan jika memilih transportasi umum untuk bepergian. Dengan membawa kendaraan sendiri, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat baru atau yang kamu ingin kunjungi sebelum sampai ke tujuan. Tentu saja hal ini akan menambah keseruan saat berlibur bukan!

 

 

Tips Road Trip yang Aman

Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, maka ada beberapa hal yang wajib untuk kamu siapkan. Tak hanya tentang kendaraan, dan barang bawaan, tapi juga persiapan diri terutama fisik dan kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Hal pertama yang harus kamu  siapkan tentu saja kendaraan yang akan dipakai. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar perjalanan aman dan nyaman. Periksa mesin kendaraan, kondisi ban, dan juga bahan bakar di dalamnya. Kamu juga perlu membawa perkakas darurat dan cadangan ban untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Memilih Rute Terbaik

Selain memastikan kondisi kendaraan, kamu juga perlu menentukan rute perjalanan terbaik untuk bisa sampai ke tujuan. Oleh sebab itu, pilih rute yang tepat dan pilih akses jalan yang tak jauh dari pos peristirahatan, swalayan, dan pom bensin. Jangan lupa untuk memesan kamar hotel atau penginapan sesuai budget yang dimiliki jika waktu tempuh lebih dari 24 jam.

3. Membawa Bekal yang Cukup

Perjalanan berjam-jam tentu cukup menguras tenaga. Oleh sebab itu, kamu harus membawa bekal makanan dan minuman yang cukup supaya tetap berenergi selama dalam perjalanan. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamu memasuki area yang jauh dari pemukiman penduduk dan tempat-tempat umum yang minim penjual. Dengan membawa bekal, setidaknya tubuh menerima asupan yang cukup saat memasuki jam makan.

 

 

4. Bijak dalam Membawa Barang Bawaan

Perhatikan juga barang-barang yang ingin kamu bawa saat bepergian. Pilihlah barang-barang yang memang perlu dan penting supaya tidak memenuhi kendaraan pribadi. Jika barang bawaan yang kamu siapkan terlalu banyak, maka perjalananmu bisa jadi akan terasa kurang nyaman. Selain itu, saat kembali ke kota asal, biasanya barang-barang yang dibawa pulang akan semakin banyak seperti oleh-oleh atau barang belanjaan lainnya.

5. Jaga Kondisi Tubuh

Nah, hal penting berikutnya yang kerap kali orang abaikan adalah menjaga kondisi tubuh. Selain memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, kamu juga harus menjaga kesehatan tubuh.

Perjalanan panjang yang melelahkan bisa saja membuatmu sakit  karena kondisi tubuh sedang dalam tidak fit. Oleh sebab itu, pastikan kamu menjaga kesehatan sebelum berangkat road trip dengan makan makanan bergizi, banyak minum air putih, dan cukup istirahat.

 

 

6. Minum Multivitamin

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan energik selama perjalanan, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tambahan. Meski sumber makanan alami lebih baik, tapi minum multivitamin tambahan akan menjaga stamina dan meningkatkan sistem imunitas.

Salah satu multivitamin terbaik yang bisa kamu pilih untuk menemani perjalananmu adalah Enervon-C Effervescent. Enervon-C Effervescent adalah multivitamin yang mengandung kombinasi vitamin C dan B Kompleks dengan manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Vitamin C akan memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak akan gampang sakit. Kandungan vitamin B Kompleks di dalamnya juga akan membantu pembentukan energi sehingga kamu akan selalu aktif sepanjang hari.

Enervon-C Effervescent dikemas dalam tablet 1000mg yang larut air sehingga memberi kesegaran pada tubuh saat meminumnya. Cukup minum 1 kali sehari dan rasakan manfaatnya di tubuhmu! Order sekarang juga melalui official store terpercaya yang ada di Shopee atau Tokopedia ya!