Pergi liburan seorang diri atau yang akrab disebut dengan solo traveling juga bisa jadi agenda yang menyenangkan lho! Namun, hal ini perlu didukung dengan persiapan yang matang supaya perjalananmu tetap aman dan nyaman. Apalagi jika kamu ingin mengunjungi negara-negara lain di luar Indonesia, menyiapkan sejumlah uang saja tidak cukup. Ada banyak informasi penting yang harus kamu cari tahu sebanyak mungkin sebelum menyambangi negara tujuan. Namun, kamu tidak perlu khawatir! Lakukan berbagai persiapan berikut dan ketahui hal-hal yang harus dihindari saat pergi liburan sendiri hanya di sini!

Tips Aman Solo Traveling

1. Membuat Rencana Perjalanan/Itinerary

Saat memutuskan untuk pergi liburan, tentu ada banyak destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Namun, tidak semua tempat mungkin bisa kamu sambangi karena faktor tertentu. Oleh sebab itu, buatlah rencana perjalanan dengan mendata spot wisata mana saja yang jadi prioritas utama untuk didatangi.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengatur waktu jalan-jalan dengan lebih optimal. Selain itu, kamu juga bisa membuat anggaran pengeluaran secara bijak dan terencana.

2. Tentukan Akomodasi dan Akses Transportasi

Tips penting berikutnya adalah menentukan akomodasi selama berada di tempat tujuan. Pastikan kamu memilih tempat terbaik untuk beristirahat, tentunya yang sesuai budget ya! Selain itu, usahakan untuk mencari tahu tentang tingkat keamanan dari penginapan atau hotel yang kamu pilih. Kamu bisa melihat-lihat review pengguna terlebih dulu untuk memastikannya.

Selain penginapan, akses transportasi menuju tempat wisata juga perlu diperhatikan. Cari tahu juga tentang harga tiket transportasi tersebut beserta jalur yang dilewati. Informasi ini juga sangat berguna untuk mempersiapkan budget perjalanan. 

3. Menyiapkan Dokumen Pendukung

Saat bepergian, kamu juga perlu membawa beberapa dokumen pendukung seperti kartu identitas diri, paspor dan visa jika pergi ke luar negeri, serta tiket pesawat atau transportasi lainnya. Jangan sampai rencana perjalananmu gagal hanya gara-gara melupakan hal ini ya!

4. Jangan Lupa Bawa Obat-Obatan Pribadi!

Hal yang tak kalah penting berikutnya untuk kamu siapkan saat sedang solo traveling yaitu membawa obat-obatan pribadi. Obat-obatan ini bisa seperti obat anti mabuk perjalanan, obat demam, multivitamin, atau jenis obat untuk alergi tertentu.

Bagi kamu yang punya riwayat medis tertentu dan harus rutin meminum obat dari dokter, maka jangan sampai kelupaan untuk membawanya ya!

5. Siapkan Uang Cash Secukupnya

Meski sekarang sudah zamannya cashless, tapi kamu tetap wajib menyiapkan uang tunai secukupnya selama berlibur. Pasalnya, serapi apa pun persiapan yang dibuat, kamu tidak akan tahu kemungkinan apa yang bisa terjadi selama pergi liburan. Menyiapkan uang cash jadi salah satu cara untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi memudahkan segala hal dalam kehidupan termasuk saat kamu pergi traveling. Pasalnya sistem pembayaran online kini sudah banyak diadaptasi oleh banyak bidang seperti misalnya untuk pembayaran hotel, pemesanan transportasi online, membeli makanan, dan sebagainya.

7. Sedikit Berinteraksi dengan Penduduk Lokal

Meski kamu memang berniat melakukan segalanya sendirian, tapi sesekali mungkin kamu akan membutuhkan bantuan seseorang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sedikit mengakrabkan diri kepada warga setempat, terutama jika kamu berlibur dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa meminta bantuan mereka jika sewaktu-waktu menghadapi situasi genting/darurat.

 

 

Hindari Ini saat Solo Traveling

Selain melakukan persiapan, kamu juga harus tahu hal apa saja yang sebaiknya dihindari saat berencana untuk pergi liburan seorang diri. Pastikan jangan lakukan ini saat kamu sedang solo traveling ya!

1. Membawa Banyak Barang

Selayaknya orang berlibur pada umumnya, bawalah barang-barang seperlunya saja. Jangan terlalu banyak membawa barang karena hal itu akan merepotkanmu saat tiba di tempat tujuan. Selain itu, kemas barang-barang tersebut serapi mungkin agar memudahkanmu saat mengambilnya.

2. Salah Menyiapkan Pakaian

Pakaian adalah barang bawaan paling penting saat melakukan perjalanan. Namun, perhatikan pakaian yang akan digunakan saat tiba di kota atau negara tujuan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan terutama untuk kamu yang pergi liburan ke luar negeri. Cuaca dan iklim di setiap negara pastinya berbeda-beda.

Oleh karena itu, siapkan sejumlah pakaian yang cocok digunakan di iklim atau cuaca tertentu. Jika negara tujuan memiliki iklim dingin, maka siapkan baju tebal, sweater, topi hangat, sarung tangan, kaos kaki, dan sebagainya untuk menghangatkan tubuh.

Sebaliknya, jika destinasi yang kamu tuju beriklim panas maka siapkan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Intinya, jangan sampai salah kostum ya!

3. Tidak Memperhatikan Budaya dan Adat Istiadat Setempat

Sebelum pergi ke tempat tujuan, sebaiknya kamu melakukan riset tentang budaya dan adat istiadat setempat. Tentunya setiap kota atau negara tertentu punya kebiasaan atau aturan tradisional yang masih dipegang teguh. Oleh sebab itu, cari tahu banyak hal tentang hal tersebut untuk menghindari kesalahan saat sampai di tempat tujuan.

4. Lupa Membawa Obat-Obatan Tertentu

Bagi kamu yang punya riwayat penyakit tertentu wajib hukumnya untuk membawa obat-obatan yang biasa diminum. Namun, untuk yang tidak punya catatan medis apa pun, sebaiknya tetap menyiapkan jenis obat-obatan seperti anti mual, plester luka, vitamin, dan lain-lainnya.

5. Mudah Percaya dengan Orang Lain

Meskipun kamu dianjurkan untuk berinteraksi dengan warga lokal, tapi tetapkan batasan dan jangan mudah percaya dengan kebaikan orang lain. Jika kamu merasa ada hal yang mencurigakan segera tinggalkan dan jangan takut untuk menolak ya!

Agar terhindar dari berbagai modus kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi, kamu bisa melakukan riset melalui internet atau bertanya kepada orang lain yang pernah berkunjung ke sana.

6. Tidak Menyiapkan Uang Cash

Semaju apa pun negara yang kamu kunjungi, tetap siapkan uang cash untuk berjaga-jaga. Bisa jadi kamu mengunjungi tempat terpencil yang belum menerapkan sistem pembayaran non tunai. Kasus lainnya mungkin kamu kehabisan baterai ponsel sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan scan barcode.

 

 

Kesehatan fisik juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan selama solo traveling. Untuk memastikan tubuh tetap fit dan berenergi, minum Enervon Active secara rutin ya! Hanya Enervon Active, multivitamin dengan vitamin C, vitamin B Kompleks, dan Zinc yang menjaga tubuh supaya tidak mudah lelah dan tetap aktif sepanjang hari.


Menariknya, Enervon Active sangat aman untuk lambung, tidak membuat ketagihan, sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Order sekarang juga dengan klik link Shopee dan Tokopedia berikut!