Wisata luar negeri selalu menarik perhatian banyak orang karena ada banyak tempat indah di luar sana yang mungkin tidak kamu temukan di negeri sendiri. Namun, bepergian ke mancanegara tentunya berbeda dengan liburan di tanah air. Ada banyak hal yang harus kamu siapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Selain itu, perbedaan iklim, budaya, dan bahasa di negara tujuan juga perlu kamu pahami, supaya segala persiapan bisa dilakukan dengan tepat.

Nah, jika ini adalah pengalaman pertamamu pergi ke luar negeri, dan bingung ingin memulai dari mana, maka baca artikel ini sampai habis ya! Di bawah ini telah terangkum lima negara paling recommended untuk dikunjungi pemula dan cari tahu tips liburan ke mancanegara untuk pertama kalinya hanya di sini!

Wisata Luar Negeri untuk Pemula

1. Singapura

Wisata luar negeri pertama yang bisa kamu kunjungi sebagai pemula adalah Singapura. Singapura adalah negara yang berbatasan dengan Pulau Batam. Lokasinya masih cukup dekat dari tanah air, sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke sana.

Selain itu, cuaca, iklim, serta budayanya tidak jauh berbeda dengan di sini. Jadi kamu tidak akan kewalahan dan langsung bisa beradaptasi. Beberapa objek wisata yang wajib kamu kunjungi di Singapura antara lain Marina Bay Sands, Orchard Road, Garden by The Bay, Esplanade, Universal Studio Singapore, Haji Lane, Chinatown, dan lain-lainnya.

2. Malaysia

Negara selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Malaysia. Memiliki julukan sebagai Negeri Jiran, Malaysia dan Indonesia memang memiliki banyak kesamaan. Namun, negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini juga punya daya tarik tersendiri bagi turis Indonesia.

Jika kamu ingin jalan-jalan ke luar negeri dengan budget minim, maka Malaysia adalah destinasi yang paling tepat karena semuanya serba terjangkau, baik harga makanan, transportasi, biaya hidup, dan lain-lainnya.

Nah, liburan ke Malaysia akan sangat menyenangkan jika kamu datang ke berbagai spot wisata unggulan yang ada di sana. Beberapa rekomendasi objek wisata yang wajib kamu kunjungi selama di Malaysia adalah Menara Kembar Petronas, Batu Caves, Langkawi Cable Car, Legoland Malaysia, Kuil Kek Lok Si, dan lain-lainnya.

 

 

3. Thailand

Selain Singapura dan Malaysia, kamu juga bisa menyambangi Negeri Gajah Putih atau Thailand. Selain menawarkan wisata budayanya yang elok, Thailand juga memiliki banyak spot wisata alam yang menawan lho!

Kamu bisa mengunjungi Kuil Buddha Berbaring, Wat Phra Kaew Bangkok, Ton Gold Buddha, Wat Pho Bangkok, Khaosan Road, China Town, dan lain-lain. Untuk spot wisata alam unggulannya, Thailand punya Phuket, Phi-Phi Island, Goa Tham Lot, Taman Nasional Khao Yai, dan masih banyak lagi.

Menariknya, Thailand juga merupakan surganya belanja fashion dengan harga yang relatif terjangkau lho! Bahkan, banyak orang yang datang ke sini hanya untuk membeli banyak pakaian untuk dijual lagi di tanah air.

4. Vietnam

Vietnam juga bisa jadi opsi lainnya untuk dikunjungi. Jaraknya yang tidak terlalu jauh, tidak akan membuatmu terlalu lama berada di atas pesawat. Selain itu, Vietnam juga punya wisata alam yang menakjubkan seperti Ha Long Bay, Ba Na Hills, Sa Pa Terrace, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk menikmati kuliner lokalnya ya!

Kalau ingat Turki pasti ingat Cappadocia. Ya, tempat tersebut memang jadi spot wisata unggulan di negara tersebut. Mengunjungi Turki, ada banyak spot wisata sejarah dan religi yang tidak boleh kamu lewatkan.

Menariknya, arsitektur bangunannya merupakan kombinasi dari Budaya Arab dan juga Eropa. Beberapa spot wisata yang sangat populer di Turki adalah Hagia Sophia, Blue Mosque, Selat Bosphorus, Galata Bridge, dan lain-lain.

 

 

Tips ke Luar Negeri bagi Pemula

Supaya perjalananmu ke luar negeri tetap aman dan nyaman, tentu ada banyak hal yang mesti disiapkan. Simak berbagai tips di bawah ini untuk tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan!

1. Memastikan Kelengkapan Dokumen

Berbeda dengan liburan di tanah air, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen untuk bisa pergi ke luar negeri. Selain KTP, dokumen yang wajib dibawa biasanya adalah paspor dan visa.

Paspor adalah bukti identitas diri saat bepergian ke mancanegara, sedangkan visa merupakan surat izin yang dibuat oleh suatu negara untuk kemudian diberikan kepada WNA yang akan masuk ke negara tersebut.

Beberapa negara ada yang mewajibkan warga negara lain untuk menunjukkan visa saat memasuki negara tersebut. Namun, ada juga yang hanya membutuhkan kepemilikan paspor saja. Jadi, sebelum membeli tiket pesawat, kamu bisa mencari informasi tentang hal ini terlebih dulu ya!

Oiya! Pembuatan paspor sebaiknya juga jangan mendadak. Paling tidak kamu sudah mengurus kepemilikan paspor dan visa tersebut sekurang-kurangnya 3 bulan sebelum berangkat.

 

 

2. Tukar Rupiah ke Mata Uang Asing

Meskipun kamu sekarang sudah berada di era digital, tapi tetap siapkan uang cash untuk berjaga-jaga ya! Pasalnya, tidak semua gerai atau toko mungkin menyediakan pembayaran non tunai, sehingga mau tidak mau kamu harus melakukan pembayaran secara tunai.

Karena mata uang negara tujuan berbeda dengan yang di tanah air, maka kamu harus menukarnya dulu di money changer lokal terdekat. Hindari menukar uang di bandara karena kamu harus membayar lebih mahal untuk itu.

3. Membuat Itinerary dan Memilih Akomodasi

Perjalanan menjelajahi wisata luar negeri akan lebih menyenangkan jika sebelumnya kamu membuat rencana perjalanan/itinerary terlebih dulu. Buat daftar list tempat-tempat mana saja yang ingin dikunjungi setiap harinya.

Selain itu, pikirkan tentang akomodasi dan moda transportasi yang akan kamu gunakan selama melancong di negara tujuan. Sebaiknya, pilih penginapan yang lokasinya strategis dan dekat dengan berbagai objek wisata yang ada di sana.

4. Beli Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Tips lain yang sebaiknya diperhatikan yaitu membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelumnya agar berpeluang mendapatkan tiket pesawat dengan harga promo. Jadi, budget liburan akan lebih hemat dan sisanya bisa kamu pakai untuk hal-hal lainnya. Kamu bisa mulai hunting tiket pesawat murah sejak 6 bulan sebelum jadwal keberangkatan lho!

5. Booking Hotel Sebelum Berangkat

Selain membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari, kamu juga sebaiknya booking hotel yang ada di negara tujuan sebelum berangkat. Jadi, pesan penginapan yang kamu mau saat masih ada di Indonesia supaya setibanya di negara tujuan kamu sudah tahu akan beristirahat di mana. 

6. Pastikan Ponsel Tetap Aktif

Meski berada jauh dari tanah air, pastikan kamu tetap terhubung dengan teman dan keluarga baik via telepon atau media sosial. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kamu dalam kondisi yang aman. Selain itu, kamu bisa segera mendapat pertolongan kalau-kalau terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

7. Cari Info Sebanyak-banyaknya tentang Negara Tujuan

Setiap negara tentu memiliki perbedaan iklim dan budaya, sehingga kamu harus mencari informasi terkait hal-hal itu. Jika negara tujuan beriklim dingin, kamu harus menyiapkan baju-baju tebal atau jaket, sweater, dan sebagainya.

Selain itu, pelajari budaya dan adat istiadat yang ada di negara tujuan. Informasi ini sangat penting supaya kamu tahu hal-hal yang dilarang dan diperbolehkan di negara tersebut.

 

 

Jangan lupa untuk menjaga daya tahan tubuhmu selama berada di luar negeri dengan rajin minum Enervon-C Tablet  setiap hari! Multivitamin yang satu ini tak hanya mengandung vitamin C saja, tapi juga vitamin B Kompleks yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh. Jadi, kamu akan senantiasa fit dan sehat selama melakukan wisata luar negeri.

 

Order sekarang juga dengan klik tautan Shopee dan Tokopedia berikut!