Sejak akhir tahun 2022, konser musik di Indonesia mulai banyak digelar setelah sempat terhambat akibat pandemi. Hingga pada tahun ini, sudah terlaksana banyak konser musik yang diisi oleh deretan musisi terkenal dalam dan luar negeri. Antusias yang tinggi membuktikan banyak penggemar konser dari berbagai kalangan usia. Sayangnya, situasi dan kondisi saat nonton konser mengharuskan seseorang untuk berkerumun dengan banyak orang dalam waktu yang lama. Tingginya intensitas interaksi ini membuat kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Ikuti tips nonton konser nyaman, aman, dan berstamina berikut ini.

Selain fokus pada cara mendapatkan tiket, hari H nonton konser juga perlu dipersiapkan lho. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah faktor keamanan, kenyamanan, dan stamina tubuh. Baik sebelum konser, selama pertunjukan, maupun setelah konser berakhir. Jangan sampai pulang dari konser justru membuat kamu terlalu lelah dan tidak bertenaga.

Tips Nonton Konser Aman

1. Kenali Tempat Konser dan Aksesnya

Jauh hari sebelum keberangkatan, akan sangat penting jika kamu sudah hafal tempat konser dan akses untuk datang dan pulang dari lokasi tersebut. Panitia konser biasanya akan membagikan denah tempat konser beberapa hari sebelumnya. Jadi pastikan kamu sudah mengetahui letak kamar mandi, pintu darurat, dan pos panitia jika diperlukan. Untuk urusan akses, perhatikan jalur kendaraan pribadi dan transportasi umum. Terutama untuk kamu yang berangkat dari kota atau negara yang berbeda.

2. Bawa Barang Wajib dan Penting

Persiapkan barang bawaan sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Selain meminimalisir kerepotan selama menikmati konser, barang bawaan sedikit akan mempermudah tahap pemeriksaan. Selain itu, kecil kemungkinan untuk disita oleh pihak panitia. Salah satu bentuk barang wajib yang dimaksud adalah data diri untuk menukarkan tiket fisik. Kemudian untuk barang penting yang umumnya dibutuhkan dan diperbolehkan dibawa masuk adalah sebagai berikut:

  • Dompet (uang tunai secukupnya, e-money, dan lain-lain)
  • Payung atau jas hujan
  • Obat pribadi
  • Ponsel dan pengisi dayanya, termasuk power bank
  • Air minum

3. Simak Ketentuan dari Penyelenggara Konser

Setiap panitia atau penyelenggara konser pasti memiliki aturan yang berbeda. Jadi pastikan kamu sudah memperhatikan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dan/atau dibawa. Beberapa contoh yang umumnya diatur adalah pengambilan gambar/video, jenis dan ukuran atribut penggemar, benda tajam dan minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman berat.

 

Tips Nonton Konser Nyaman

1. Pilih Outfit Paling Nyaman

Outfit untuk pergi nonton konser memang harus menarik, namun faktor kenyamanan juga harus diperhatikan. Mulai dari atasan, bawahan, hingga sepatu harus mendukung untuk berdiri dan duduk dalam waktu lama. Usahakan juga untuk memilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak cepat bau, terutama jika konser diadakan di luar ruangan.

2. Sampai di Lokasi Lebih Awal

Sangat disarankan untuk tiba di lokasi konser lebih awal atau sebelum pintu masuk dibuka. Selain agar tidak terburu-buru dan bisa menikmati suasana, hal ini juga akan menghindarkan kamu dari kepanikan dan kerumunan berlebih.

 

Tips Nonton Konser Berstamina

1. Jangan Sampai Perut dalam Kondisi Lapar

Karena kamu membutuhkan tenaga yang banyak selama pertunjukan berlangsung, pastikan kamu tidak dalam kondisi lapar. Apalagi jika kamu harus mengantre saat akan masuk lokasi utama konser. Usahakan makan kenyang kurang lebih 30 menit sebelum masuk agar perut tidak terlalu penuh.

2. Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

Dalam memilih menu makan, hindari makanan pedas dan berlemak tinggi. Kegiatan paling banyak yang akan kamu lakukan adalah bernyanyi dan bersorak bersama. Jadi agar tenggorokan tidak sakit, pilih makanan yang ramah untuk sistem pencernaan kamu ya.

3. Siapkan Camilan Penambah Energi yang Praktis

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sekali konser biasanya 2-3 jam, belum termasuk mengantre dan sebagainya. Untuk kamu yang cepat lapar atau khawatir akan lemas sebelum keluar dari tempat konser, siapkan camilan penambah energi dan stamina yang praktis. Misalnya, coklat batang, protein bar, madu kemasan kecil, atau 1-2 biji buah.

4. Memastikan Tubuh Terhidrasi

Selain makanan, penting sekali untuk memastikan tubuh mendapat cairan sebelum dan selama konser berlangsung. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menghindarkan kamu dari kepala pusing, tenggorokan kering, hingga badan yang terlalu lemas setelah keluar dari tempat konser. Jika menghendaki membawa selain air putih, pastikan minuman tersebut tidak mengandung gula dan kafein berlebih.

5. Istirahat Cukup Sebelum Hari H

Agar tubuh tetap fit dan berstamina selama ada di lokasi konser, istirahat yang cukup sangat diperlukan. Jangan sampai perasaan menggebu-gebu menyaksikan musisi favorit menurunkan kualitas tidur kamu ya. Selain menjaga stamina selama konser, hal ini juga akan membantu kamu dalam mengelola energi bahkan setelah konser berakhir dan kembali ke rumah.

Untuk momen nonton konser yang sempurna, tubuh yang sehat dan berstamina tidak boleh menjadi pilihan, tapi wajib diusahakan. Bahkan beberapa hari sebelumnya agar sepulang dari konser tubuh tetap bugar. Dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap, Enervon Active siap menemani kamu selama menikmati keseruan konser. Sebagai penambah stamina, kamu akan siap memulai aktivitas pada hari berikutnya. Persiapkan diri dari sekarang dengan mengakses produk secara mudah melalui Shopee atau Tokopedia Enervon resmi.