Melakukan perjalanan jauh baik via transportasi darat, laut, maupun udara tentunya sangat melelahkan. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh, kamu harus duduk diam dalam waktu berjam-jam sampai tiba di tujuan. Meski selama perjalanan kamu tidak beraktivitas, tapi tubuh akan merasa lemas pasca melakukan perjalanan jauh. Namun, tidak perlu khawatir cobalah melakukan beberapa tips mengatasi badan lemas berikut ini jika kamu mengalaminya saat mudik ke kampung halaman atau traveling ke tempat yang jauh.

Tips Mengatasi Badan Lemas

Ada banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi badan lemas akibat efek setelah bepergian jauh. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Minum Air Putih

Konsumsi air putih setelah melakukan perjalanan jauh akan mengembalikan energi di dalam tubuh, sehingga kamu tidak akan lemas. Namun, sebaiknya konsumsi air putih tak hanya saat sampai di tujuan saja, tapi sebelum dan saat berada di dalam perjalanan.

Selain mencegah dehidrasi di tubuh dan mengatasi rasa lemas, minum air putih juga bisa menjaga kesehatan sendi dan otot, sehingga otot-otot di dalam tubuh menjadi tidak mudah kaku.

 

 

2. Buat Minuman Hangat yang Dicampur Madu dan Lemon

Perjalanan jauh yang memakan banyak waktu pastinya sangat melelahkan. Apalagi jika kamu terpapar suhu AC selama berjam-jam, lumrah jika merasakan pusing kepala. Nah, hal ini bisa kamu atasi dengan mudah yaitu dengan membuat minuman hangat yang dicampur lemon dan madu.

Minuman hangat ini bisa berupa air putih hangat atau teh yang diberi sedikit madu dan buah lemon. Cara ini dianggap cukup efektif untuk mengatasi nyeri kepala dan rasa lelah setelah bepergian jauh.

 

 

3. Konsumsi Makanan Hangat 

Konsumsi makanan hangat seperti sup hangat juga bantu atasi kelelahan akibat mudik atau bepergian jauh. Kamu bisa mengutamakan untuk membuat sup dengan isian sumber makanan yang mengandung magnesium. Pasalnya, magnesium dapat mencegah tubuh mengalami kram atau nyeri otot.

Beberapa sumber makanan yang mengandung magnesium adalah tahu, tempe, kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

4. Lakukan Peregangan

Umumnya, kamu akan merasakan otot kaku saat bepergian jauh dengan mengendarai kendaraan pribadi selama berjam-jam. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk melakukan peregangan ringan untuk melemaskan otot-otot yang kaku tersebut.

Kamu bisa melakukannya saat sedang istirahat di tengah perjalanan atau sesampainya di tempat tujuan. Lakukan gerakan memutar leher ke atas dan bawah secara bergantian. Kemudian, putar bahu ke arah depan dan belakang selama beberapa kali yang dilanjutkan dengan membalik sisi badan ke arah kiri dan kanan.

Selain itu, atur posisi duduk saat istirahat dengan menurunkan sandaran kursi, meluruskan kaki, dan mengganjal leher dengan bantal kecil.

 

 

5. Berendam dengan Air Hangat

Tips mengatasi badan lemas berikutnya adalah dengan berendam atau mandi air hangat. Cara ini akan membuat sirkulasi darah naik, mengurangi rasa sakit, melemaskan otot tubuh, serta meminimalisir tingkat stres pada tubuh.

Kamu bisa menambahkan garam epsom ke dalam bathup atau bak yang digunakan untuk berendam guna menambah khasiat. Penambahan garam epsom saat berendam air hangat dapat mengurangi nyeri otot  dan peradangan pada jaringan otot.

6. Pijat dengan Minyak Esensial

Kamu juga bisa memijat tubuh dengan minyak esensial untuk mengatasi kelelahan setelah bepergian jauh. Beberapa jenis minyak yang bisa kamu pilih antara lain minyak atsiri, pinus, lavender, jahe, atau peppermint. Berbagai minyak esensial tersebut terbukti sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri otot yang menyerang tubuh.

7. Istirahat yang Cukup

Cara yang paling mudah untuk mengatasi rasa lelah dan lemas setelah berjam-jam lamanya di dalam kendaraan adalah dengan istirahat. Sesampainya di tempat tujuan, kamu bisa membersihkan diri, makan, kemudian istirahat atau tidur kurang lebih selama 6 hingga 8 jam. Dengan melakukan cara ini, kamu akan lebih bertenaga saat bangun keesokan harinya.

8. Relaksasi dengan Aromaterapi

Tahukah kamu bahwa wewangian pada aromaterapi juga bisa membantumu mengatasi rasa lelah? Nah, kamu bisa memanfaatkan aromaterapi tersebut untuk relaksasi dan menghilangkan lelah. Selain membuat tubuh lebih segar, aromaterapi juga bisa mengembalikan energi.

 

 

9. Minum Multivitamin

Tips mengatasi badan lemas yang terakhir yaitu dengan minum multivitamin. Namun, sebaiknya makanlah terlebih dahulu sebelum mengonsumsi vitamin tersebut. Lalu, jenis multivitamin apa yang sebaiknya dikonsumsi. Pilih multivitamin yang menawarkan kandungan vitamin C dan juga B kompleks. Kenapa demikian?

Vitamin C dikenal sebagai zat yang efektif menjaga daya tahan tubuh, sedangkan vitamin B kompleks bantu pembentukan energi, sehingga kamu akan kembali fit dan senantiasa bugar. Oleh sebab itu, percayakan hanya kepada Enervon Effervescent yang mengandung baik vitamin C dan B kompleks.

Kandungan 1000 mg vitamin C serta vitamin B kompleks di dalamnya akan melindungi tubuhmu supaya tidak gampang sakit dan mudah lelah. Selain itu, Enervon Effervescent merupakan jenis multivitamin yang larut dalam air, sehingga kamu bisa merasakan sensasi kesegaran saat mengonsumsinya.

Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkannya secara online sekarang juga!