Siapa bilang memulai bisnis dari rumah itu sulit? Jika kamu pandai melihat peluang, justru hal ini akan sangat menguntungkan lho! Bahkan, modalnya pun tidak bernilai fantastis dan bisa dilakukan dengan budget minim. Lalu bisnis apa ya yang sebaiknya kamu bangun sebagai pemula? Gak perlu bingung! Berikut ini telah terangkum sederet usaha rumahan yang lagi trend yang bisa kamu coba.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

 

1. Bisnis Makanan Delivery

Bisnis makanan adalah jenis usaha yang tak lekang oleh zaman. Dari dulu hingga sekarang, bisnis ini selalu menjanjikan. Apalagi di era digital seperti sekarang di mana semuanya serba online. Kamu bisa memasarkan usaha kuliner lewat media sosial dan berbagai platform pesan antar. Modalnya pun bisa disesuaikan dengan kapasitas masing-masing.

Kamu bahkan bisa memulai bisnis ini tanpa modal lho! Bagaimana caranya? Kamu bisa menerima pesanan makanan dalam jumlah tertentu dan meminta uang muka terlebih dulu untuk dijadikan modal. Namun, pastikan untuk menjamin cita rasanya ya, supaya pelanggan tidak hanya melakukan pembelian satu kali saja, tapi berkali-kali.

2. Agen Frozen Food

Usaha yang lagi trend berikutnya adalah menjadi agen frozen food. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menyediakan berbagai olahan makanan frozen dengan harga miring. Selanjutnya, kamu tinggal memasarkannya, bisa dimulai dari tetangga, teman, dan keluarga.

Makanan frozen umumnya memiliki masa kedaluwarsa yang cukup lama, sehingga kamu bisa menyimpannya di kulkas atau chiller apabila stoknya masih banyak. Kamu juga bisa memasarkannya via jejaring sosial untuk menggaet lebih banyak konsumen.

3. Produk Ramah Lingkungan

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan kini semakin meningkat. Hal ini membuat produk-produk eco-friendly memiliki lonjakan peminat setiap tahunnya. Situasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis produk ramah lingkungan. Berbagai jenis produk ramah lingkungan yang banyak dicari saat ini seperti misalnya adalah tote bag, wadah bekal/kontainer, pembalut kain, sedotan non-plastik, gelas atau cup yang bisa didaur ulang.

4. Kedai Kopi

Bagi kamu yang punya rumah di lokasi strategis seperti di area kota, di pinggir jalan atau dekat dengan tempat wisata, maka bisa mencoba untuk membuka kedai kopi. Kamu bisa belajar cara membuat jenis minuman kopi sederhana dari internet. Selain kopi, kamu juga bisa menjual berbagai jenis makanan pendamping yang banyak digemari orang-orang saat ini.

5. Bimbingan Belajar

Menjadi guru privat mata pelajaran sekolah juga jadi ide usaha rumahan berikutnya yang sangat cuan lho! Berbekal pengetahuan dan kemampuan mengajar, kamu sudah bisa meraup untung banyak dari bisnis ini. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih, membuka bimbingan belajar di rumah sendiri, atau kamu yang datang ke tempat siswa yang membutuhkan tambahan bimbingan pelajaran.

6. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing juga menjadi salah satu ide bisnis online yang sedang digandrungi beberapa tahun terakhir. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa jenis bisnis yang satu ini cepat cuan dan mudah untuk dilakukan. Kamu bahkan bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja. 

Affiliate marketing adalah skema bisnis yang memanfaatkan orang lain dalam promosi produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan atau merchant tertentu. Mekanisme kerjanya adalah kamu akan mendapatkan sejumlah komisi sesuai kebijakan perusahaan saat promosi yang dilakukan berhasil mendatangkan penjualan.

Kamu bisa melakukan promosi secara daring melalui berbagai platform online seperti media sosial, website, blog, forum online, dan berbagai media digital lainnya. Alur bisnis ini dimulai dengan mencari info tentang perusahaan atau merchant yang menawarkan program affiliate marketing. 

Setelah mendaftar dan menyetujui berbagai syarat, ketentuan, dan komisi yang diberikan, Anda tinggal membagikan link afiliasi ke berbagai platform online sebagai langkah awal pemasaran. Produk yang bisa diiklankan tidak terbatas, semakin banyak link produk yang Anda bagikan, maka peluang untuk mendapatkan komisi juga semakin banyak. 

7. Laundry Kiloan

Usaha yang terakhir ini juga termasuk jenis bisnis yang selalu bisa diandalkan. Rutinitas harian yang padat membuat banyak orang tidak punya banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika bajunya sendiri.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih jasa laundry untuk mengurusi perihal baju kotor yang sudah menumpuk di rumah. Kamu bisa memulainya dari rumah dan memanfaatkan mesin cuci yang ada atau membelinya sesuai ketersediaan budget apabila belum memilikinya.

 

 

Tips Memulai Usaha Rumahan

Memulai usaha rumahan memang tidak mudah, tapi dengan persiapan yang matang, kamu pasti bisa melakukannya lho! Nah, supaya tidak salah langkah, ayo simak beberapa tips dalam memulai usaha rumahan berikut ini.

1. Pilih Jenis Usaha Sesuai Minat

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha dari rumah adalah dengan mempertimbangkan minat pribadi atau passion yang dimiliki. Dengan memilih ladang bisnis yang sesuai minat dan passion, kamu cenderung lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi rintangan apa pun yang menghadang nantinya. Jadi pertama-tama tentukan dulu minat dan passion yang kamu miliki.

2. Memperhitungkan Modal

Setiap orang tentunya memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, kamu bisa mengukur kemampuan ekonomi masing-masing untuk menentukan modal usaha yang diperlukan. 

Apabila budget-nya minim, maka bisa memulainya secara kecil-kecilan terlebih dulu. Hindari mengajukan utang bank atau mencari jenis pinjaman lainnya saat memulai sebuah usaha untuk menghindari kerugian yang berlipat ganda.

3. Buat Produk yang Unik dan Punya Ciri Khas

Ada banyak wirausaha yang menjual jenis produk yang sama. Agar bisa bersaing, maka buatlah produk yang unik dan punya ciri khas tersendiri. Hal ini juga berlaku pada usaha di bidang jasa di mana kamu bisa menawarkan benefit yang berbeda dari kompetitor untuk menarik minat pelanggan.

4. Melakukan Promosi

Agar produk dan jasa yang kamu tawarkan bisa lebih dikenal banyak orang, maka kamu perlu melakukan promosi. Kamu bisa melakukan promosi baik secara konvensional atau modern berdasarkan target market yang dibidik. 

Apabila memakai cara konvensional, maka promosi bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Namun, akan lebih baik jika dikombinasikan dengan cara modern seperti beriklan via jejaring sosial yang jangkauannya lebih luas.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Sebuah usaha tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak diimbangi dengan pelayanan yang optimal. Oleh sebab itu, berikan pelayanan terbaik kepada konsumen ya! Apabila kamu berniaga secara online, pastikan barang yang dikirim sudah benar. 

Selain itu, kemas barang dengan baik dan aman supaya tidak mudah rusak selama berada di ekspedisi kurir. Segera kirim barang yang diorder pembeli karena kecepatan waktu dalam mengirim juga sangat penting bagi konsumen.

Apabila bisnis yang kamu tekuni di bidang jasa, maka berikan pelayanan yang ramah dan selalu bersikap sabar apabila mendapat komplain pelanggan.

 

 

Selain melakukan kelima tips di atas, kamu juga harus menyiapkan fisik dan stamina yang prima. Oleh sebab itu, dukung daya tahan tubuh agar tetap aktif sepanjang hari dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active adalah multivitamin dan mineral yang mengandung kombinasi vitamin C, vitamin B-Kompleks, dan juga Zinc.

Konsumsi Enervon Active setiap hari dijamin aman untuk lambung dan tidak akan menyebabkan ketergantungan lho! Selain itu, multivitamin yang satu ini juga akan meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga kamu gak gampang lelah dan juga sakit!

Tunggu apalagi, ayo order Enervon Active sekarang juga melalui official store di Shopee dan Tokopedia untuk mendapatkan jaminan produk aslinya secara online.