Traveling atau jalan-jalan menjadi salah satu cara bersenang-senang yang banyak ditempuh. Sebagian ingin memanfaatkan waktu libur bersama orang terdekat dan sebagian yang lain memang meluangkan waktu untuk mendapat waktu liburan paling sesuai. Apa pun itu, kamu tentu setuju bahwa menikmati perjalanan secara penuh adalah tujuan utama dari traveling. Untuk itu, menjaga kesehatan jadi satu hal wajib yang harus diperhatikan ke mana pun kamu pergi. Ikuti beberapa tips jaga kesehatan saat traveling tanpa mengurangi keseruan liburan kamu berikut ini.

Tips Jaga Kesehatan Saat Traveling

1. Tetap Aktif Latihan Selama Traveling

Jalan-jalan bukan menjadi alasan kamu untuk berhenti melakukan latihan. Cukup dengan 10-15 menit sekali setiap hari, kamu telah menjaga tubuh tetap bugar dan berenergi meski mencoba banyak atraksi seru seharian. Agar suasana liburan tetap terasa, kombinasikan dengan kegiatan sederhana tapi asyik dilakukan. Di antaranya seperti bersepeda di sekitar hotel, jalan kaki untuk ke lokasi wisata yang dekat, hingga melakukan beberapa gerakan peregangan di dalam mobil. Bisa juga dengan memanfaatkan tangga daripada lift, peregangan 10-15 menit sebelum beraktivitas, dan lain sebagainya.

2. Kebiasaan yang Harus Dijaga

Berikutnya adalah memiliki kebiasaan baik penuh manfaat bagi diri sendiri sekaligus orang lain. Beberapa contohnya adalah rutin mengaplikasikan ulang tabir surya, memastikan tidur dan minum air putih cukup setiap hari, hingga makan sarapan sebelum mengawali hari. Termasuk kebiasaan yang membantu menjaga kebersihan seperti rajin cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi serta tidak mudah memegang wajah kecuali tangan telah bersih.

3. Barang Bawaan dan Alat Pertolongan Pertama

Jangan sampai kamu hanya fokus pada outfit yang harus dibawa sampai ada barang bawaan penting yang terlupakan. Termasuk dalam mengemas alat dan obat untuk pertolongan pertama saat terjadi hal tidak terduga yang mengganggu kesehatan. Mulai dari pembalut luka ringan, cairan antiseptik, obat mabuk, minyak aromaterapi, obat anti nyeri, obat mag, bubuk oralit, hingga obat flu dan termometer. Selain itu, ada baiknya kamu mengantongi informasi fasilitas kesehatan terdekat untuk tindakan lanjut bila diperlukan.

4. Membawa Bekal dan Camilan Sehat

Jalan-jalan menjadi lebih seru ketika kamu dan teman-teman menghabiskan waktu bersama sambil ngemil. Namun perlu diperhatikan bahwa camilan dengan kandungan gula dan garam berlebih bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Minimalisir makan dan minum sembarangan dengan membawa bekal dan camilan sehat yang mudah dipersiapkan. Di antaranya adalah buah-buahan segar, kacang tanpa bumbu tabur, telur rebus, kacang polong rebus, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Perhatikan Bahan Makanan Penyebab Alergi

Apabila kamu memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, jangan ragu bertanya sebelum membeli suatu makanan. Terutama jika daftar menu yang ada tidak memiliki gambar atau deskripsi yang jelas. Saat traveling ke luar negeri, bawalah kartu identitas khusus dengan daftar bahan makanan yang membuatmu alergi dalam bahasa Inggris atau bahasa lokal yang umum digunakan di negara tujuan. Kemudian tunjukkan kartu tersebut sebagai alat pendukung untuk bertanya.

6. Trik Makanan Menu Cepat Saji

Traveling memang identik dengan wisata kuliner dan hal ini sah-sah saja. Tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada saat tertentu kamu sulit menemukan menu makan sehat dan hanya ada makanan cepat saji. Ada satu trik yang bisa kamu coba agar tetap mendapat asupan yang lengkap. Trik tersebut adalah meminta tambahan sayur atau salad, kurangi atau hilangkan mayo dan saus, pesan menu ukuran kecil, dan ganti minuman soda berpemanis dengan air putih segar dalam kemasan. Cara-cara ini juga tidak akan mencegah kamu mengonsumsi cheat meal enak saat liburan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

7. Maksimalkan Waktu untuk Kesehatan Mental

Terakhir namun tak kalah penting adalah memastikan kesehatan mental juga terjaga dengan baik. Apakah bisa waktu liburan justru menghasilkan stres? Jawabannya mungkin saja terjadi jika kamu masih mengecek email, membalas pesan rekan kerja soal pekerjaan, dan sebagainya. Untuk itu, kurangilah screen time serta maksimalkan waktu dan momen berharga dengan keluarga dan/atau teman. Hargai lebih pada udara segar yang kamu temui, ombak dan pasir pantai yang alami, serta keindahan lain di tempat wisata. Periksa ponsel sesekali saja dan hindari untuk langsung membagikan momen seru di media sosial jika memang itu bisa mengganggu waktu kamu. Dengan begitu, kamu akan kembali dari traveling dengan tubuh dan pikiran yang sehat dan segar.

Enervon Permudah Kamu Penuhi Gizi Harian

Dengan semua tips sehat saat traveling di atas, menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi suplemen juga disarankan. Enervon-C Tablet hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap. Tidak hanya vitamin C, tapi juga vitamin B kompleks, kalsium pantotenat, serta niacinamide. Kemasan strip juga tersedia untuk memungkinkan kamu lebih praktis membawanya. Hanya dengan konsumsi 1 tablet per hari, kamu telah mendukung kesehatan tubuh selama perjalanan. Pastikan kamu mendapatkan semua produk Enervon yang asli di toko resmi Tokopedia dan Shopee. Persiapkan traveling sehat kamu dari sekarang.

Referensi:

  1. Vora, Shivani. Stay Healthy While Traveling. New York Times. Diakses pada 29 Agustus 2023 dari https://www.nytimes.com/guides/travel/healthy-traveling-tips
  2. Koutsky, Judy. 2022. 11 Ways To Stay Healthy While Traveling. Forbes. Diakses pada 29 Agustus 2023 dari https://www.forbes.com/sites/judykoutsky/2022/12/31/11-ways-to-stay-healthy-while-traveling/?sh=7e7d0dfcfbb4