Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Tetapi, mencari pekerjaan tidaklah mudah, karena banyaknya lulusan baru yang juga sedang mencari kerja. Belum lagi, kamu juga harus bersaing dengan orang- orang yang sudah berpengalaman di bidang pekerjaan yang sama.

Banyak fresh graduate yang terkadang asal memilih pekerjaan tanpa melihat atau mencari tahu lebih jauh tentang pekerjaan dan perusahaan tujuan. Jangan sampai nanti kamu merasa terjebak karena salah pilih jenis pekerjaan, atau pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minat dan bakatmu.

Nah, setelah kamu mengetahui mengenai kriteria perusahaan yang baik, berikut ini jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu yang baru lulus kuliah.

1. Agen asuransi

Credit: purvesinsurance.com

Ada banyak sekali lowongan agen asuransi, terutama di situs- situs pencari kerja. Rata- rata, perusahaan asuransi menerima fresh graduate, lho. Untuk kamu yang baru saja lulus kuliah, jenis pekerjaan ini cocok untukmu yang ingin menambah pengalaman. Dan meskipun agen asuransi sering dipandang sebelah mata, tetapi prospek dan pendapatannya sangat lumayan.

2. Jurnalis

Credit: dailywire.com

Banyaknya media- media baru yang bermunculaan di zaman sekarang ini, perusahaan tersebut tentu akan membutuhkan tenaga kerja yang masih fresh. Nah, jenis pekerjaan ini sangat cocok deh untuk kamu para fresh graduate, apalagi kalau kamu suka menulis.

Pekerjaan ini akan sangat menyenangkan, karena kamu akan sering mewawancarai tokoh- tokoh besar atau penting, mulai dari pejabat sampai selebriti.

3. Account executive

Credit: resources.workable.com

Selain kedua pekerjaan diatas, jenis pekerjaan ini juga sering muncul di situs pencari kerja dan mulai menjamur belakangan ini.

Untuk para fresh graduate yang tertarik dan ingin menjalani jenis pekerjaan ini, nantinya kamu akan banyak melakukan pertemuan dengan klien di luar kantor, jadi berpenampilan menarik menjadi salah satu syarat wajib untuk menjadi account executive.

4. Management trainee

Credit: jojonomic.com

Program ini diperuntukkan untuk kamu yang baru lulus. Kamu akan dibekali selama pelatihan untuk menduduki posisi yang strategis. Program management trainee biasanya memakan waktu selama 2 tahun. Dan disini kamu akan diberikan bekal materi mengenai detail perusahaan.

Tetapi, proses seleksi untuk program ini tidaklah mudah, jadi kamu harus mempersiapkan diri untuk berkompetensi dengan kandidat lainnya.

 

Nah, itulah 4 jenis pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate. Semua keputusan ada di tanganmu, pilihlah perusahaan dan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginanmu. Jangan sampai terlalu banyak memilih, sehingga nantinya kamu akan lama mendapat pekerjaan.

 

 

 

Featured Image - qerja.com