Berolahraga setiap hari tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena, aktivitas ini tidak harus dilakukan di gym atau di lapangan terbuka. Kamu bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan membiasakan jalan kaki setiap hari.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, setiap orang membutuhkan kurang lebih 10.000 langkah kaki setiap harinya. Dan jika kamu bisa mencapai angka tersebut, maka kamu termasuk orang yang aktif dan bugar.

Lalu, bagaimana cara mencapai target tersebut? Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu lakukan.

1. Kamu bisa menggunakan pedometer

Credit: walkingnewzealand.co.nz

Pedometer adalah alat yang dapat menghitung seberapa banyak langkah kaki yang sudah kamu lakukan. Sebenarnya, kamu tidak harus memiliki alat ini, tapi dengan pedometer kamu akan lebih mudah untuk mengetahui banyak langkah yang kamu lakukan sehari- hari. Jika langkahmu masih kurang, tingkatkan target langkah kakimu keesoka harinya dan mulai lah dengan perlahan- lahan.

2. Jika membawa kendaraan pribadi, pilih tempat parkir yang jauh

Credit: foxinsure.com

Kamu tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi ke kantor. Tapi, sebaiknya pindahkan parkir kendaraanmu ke tempat yang sedikit lebih jauh dari tempat biasanya. Jika sebelumnya kamu hanya membutuhkan sedikit langkah untuk sampai ke kantor, sekarang kamu bisa coba berjalan lebih jauh lagi.

3. Coba sesekali menaiki tangga

Credit: economictimes.indiatimes.com

Jika ruangan kerjamu terletak di lantai yang tidak terlalu tinggi, maka coba sesekali naik tangga untuk sampai ke ruang kerjamu. Atau jika ruanganmu berada di lantai yang tinggi, kamu bisa naik tangga dahulu, lalu lanjutkan dengan lift. Yang terpenting, buat tubuhmu tetap aktif bergerak dan melakukan jalan sehat setiap hari.

4. Perbanyak langkah kakimu saat makan siang

Credit: westmoreland.edu

Waktu makan siang adalah waktu untuk jalan kaki selanjutnya. Ketika kamu akan membeli makanan di area kantor, kamu bisa memilih tempat yang berbeda, lebih jauh sedikit, agar target langkah harianmu tercapai. Atau kamu juga bisa berkeliling area kantor untuk membuat tubuhmu tetap bergerak aktif. Dengan begini, target 10.000 langkah per hari pun bisa kamu capai.

5. Kembali ke cara belanja konvensional

Credit: retailthinktank.co.uk

Jika kamu lebih suka berbelanja melalui online shop, sekarang coba beralih lagi ke cara belanja konvensional. Karena, belanja online hanya membuatmu duduk seharian, sambil menunggu paket yang datang. Berbeda ketika kamu mencari langsung ke toko tujuan, setidaknya kamu bisa menghabiskan waktu untuk memutari pusat perbelanjaan dengan berjalan kaki.

6. Dengarkan musik dapat membantmu lupa dengan rasa lelah

Credit: economictimes.indiatimes.com

Kalau kamu masih memiliki banyak waktu, kamu bisa berjalan sehat di sore hari atau di pagi hari sebelum beraktivitas. Untuk membuat tubuh lebih rileks dan nyaman, kamu bisa sambil mendengarkan musik. Mendengarkan musik sambil berjalan kaki, bisa membuat jarak jalan kaki yang kamu lakukan jadi tidak terasa jauh. 

 

Untuk meningkatkan stamina mu, terutama selama kamu berjalan kaki, jangan lupa untuk selalu minum vitamin C dari Enervon setiap hari ya. Ayo lebih sering berjalan kaki, ya.

 

 

 

Featured Image - sbs.com.au