Bekerja di perusahaan startup merupakan salah satu impian bagi seseorang di zaman sekarang ini. Selain dianggap menawarkan gaji yang lebih besar, bekerja di perusahaan startup juga menjadi hal baru yang cukup bergengsi, lho.

Tapi, sebenarnya profesi seperti apa sih yang banyak dicari oleh perusahaan seperti ini? berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang cukup banyak dicari oleh perusahaan startup.

1. Sales

Credit: highlight.id

Hampir seluruh perusahaan startup bergerak untuk menjual sesuatu. Tetapi, belum banyak perusahaan startup yang memiliki karyawan sales yang cukup hebat. Oleh karena itu, dunia startup saat ini banyak mencari orang- orang yang tepat untuk bisa menjual dan mengerti peluang yang tepat dalam menjual produk perusahaan.

Untuk sukses dibidang ini, kamu memerlukan kemampuan untuk bisa menjadi persuasive, hebat dalam bernegosiasi, bisa menjangkau semua kalangan, dan mampu menjaga hubungan dengan klien. Selain itu, kamu juga harus tahan banting ketika mendapat penolakan.

2. UX (User Experience) Researcher

Credit: sergiomedina.home.blog

Seorang UX tidak selal memerlukan kemampuan dalam coding. Justru kemampuan yang paling dibutuhkan oleh jenis pekerjaan ini adalah dapat meriset keinginan user atau pengguna. Dan kamu bertugas membangun startup sesuai dengan keinginan dari para penggunanya.

Untuk menjadi UX kamu harus mampu meriset dengan baik, bisa mewawancara pengguna dan mendapatkan pandangan yang dibutuhkan perusahaan, dan mampu mengumpulkan serta memproses data kualitatif dan kuantitatif.

3. Analisis Data

Credit: maxmanroe.com

Perusahaan startup membutuhkan orang- orang yang dapat mengukur data dan menginterpretasikannya. Untuk menjadi seorang analis data, kamu perlu memiliki kemampuan yang memadai dalam mengelola data dan angka. Dan jika kamu ingin belajar dan memahami jenis pekerjaan ini, kamu bisa mulai membuat dirimu menguasai konsep dasar dari statistic dan coba memahami cara membaca Google Analytics.

4. Digital Marketing

Credit: www.retailcustomerexperience.com

Jenis pekerjaan ini memang banyak ditawarkan oleh perusahaan mana saja, namun banyak juga pelamarnya. Untuk membuatmu menonjol, kamu perlu mengetahu bahwa digital marketer di perusahaan startup harus memiliki kemampuan teknis, dapat membuat konten, dan mengerti SEO.

Yang terpenting adalah kamu membutuhkan kemampuan untuk mengarahkan pertumuhan produk melalui beragam media. Dan terkadang perusahaan startup memiliki dana marketing yang terbatas, jadi kamu harus kreatif untuk mengatasi tantangan tersebut, ya!

5. Customer Service

Credit: retailcustomerexperience.com

Adanya customer service di perusahaan startup sangat dibutuhkan, terutama untuk e-commerce. Kemampuan untuk mengubah rasa khawatir pelanggan menjadi lebih baik sangat diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan ini. Memang tidak mudah, namun kemampuan ini sangat penting. Selain itu, customer service yang baik juga harus memiliki empati yang tinggi, responsive, dan dapat menenangkan suasana.

 

Nah, jika kamu ingin bekerja di perusahaan startup, kamu perlu menguasai beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh jenis pekerjaan yang telah disebutkan di atas. Hal ini akan membantu kamu memiliki peluang lebih banyak dan lebih besar. Jadi, kira- kira dari kelima jenis pekerjaan diatas, mana nih yang cocok untuk kamu?

 

 

 

Featured Image - brillio.net