Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tapi, banyak orang yang memilih mengonsumsi makanan pengganti nasi saat diet. Sebenarnya, nasi mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh yaitu karbohidrat. Namun sayangnya, nasi mengandung terlalu banyak karbohidrat dan gula yang kurang baik untuk tubuh.

Untuk kamu yang sedang diet dan bingung mencari pengganti nasi, terutama untuk menu makan siang. Berikut ini beberapa menu yang bisa kamu coba.

1. Kentang kukus

Credit: heygrillhey.com

Masih dalam kelompok umbi- umbian, kentang mengandung vitamin, serat, dan kalori yang cukup untuk mengganti nasi dalam menu makan siang sehatmu. Namun, kamu tetap harus memperhatikan cara mengelola kentang, ya.

Agar tetap sehat, kamu dapat mengkukus atau merebus kentang, dan hindari menggorengnya. Karena, ketika digoreng kentang akan jadi tidak sehat, terutama karena kandungan minyaknya.

2. Singkong rebus

Creit: viva.co.id

Diet makanan rebus dapat menghindarimu dari kolesterol jahat yang terdapat dalam makanan yang diolah dengan cara digoreng. Kamu bisa mengonsumsi singkong rebus untuk menu makan siang sehatmu.

Kamu dapat memadukan singkong rebus dengan parutan keju. Manfaat keju ujntuk diet juga tidak kalah baik dengan makanan olahan susu lainnya, seperti yogurt. Keju dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Tapi, tetap harus dalam takaran yang pas ya!

3. Talas rebus

Credit: goodhousekeeping.com

Talas merupakan salah satu jenis umbi- umbian yang banyak ditemukan di Bogor, Jawa Barat. Kamu bisa mengonsumsi talas rebus sebagai menu makan siang sehat pengganti nasi. Talas juga mengandung indeks glikemik yang rendah yaitu 54, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat diet. Selain itu, talas juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, tekanan darah tinggi, dan hipertensi.

4. Roti gandum

Credit: hfbreadco.com

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memasak untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi roti gandum sebagai menu makan siang sehatmu. Gandum sendiri bermanfaat untuk membantu memperlancar pencernaan, sebagai sumber karbohidrat yang sehat untuk tubuh, dan membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Salad buah

Credit: superhealthykids.com

Meskipun tidak mengandung karbohidrat tinggi, kamu tetap dapat mengonsumsi salad buah untuk makan siang sehatmu. Cara membuatnya pun sederhana, kamu tinggal memotong beberapa jenis buah pilihamu, ditambahkan dengan plain yogurt, dan tanpa tambahan dressing.

6. Salad sayuran

Credit: pbs.org

Sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat tinggi sehingga dapat membuatmu tetap kenyang dalam waktu lama tanpa harus mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. Karena itu, sayuran juga cocok dijadikan sebagai menu makan siang sehat pengganti nasi saat kamu sedang diet.

 

Itulah beberapa menu makan siang sehat yang bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat yang bisa kamu coba. Selain cocok untuk yang sedang diet, menu makan siang sehat ini juga memiliki banyak manfaat, seperti dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu, memperlancar pencernaan, dan bahkan bisa membuat sistem kekebalan tubuh bertambah, sehingga kamu tetap sehat.

Nah, selain mengonsumsi makanan- makanan di atas, selalu konsumsi vitamin C dari Enervon yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu.

 


Featured Image - rappler.com