Salah satu cara menikmati liburan adalah dengan jalan-jalan bersama keluarga pada malam hari. Pemandangan yang ditawarkan memiliki keindahan yang berbeda dengan pagi hari. Belum lagi suasana yang mendukung untuk bercengkerama sambil menyantap makan malam. Yogyakarta atau Jogja adalah salah satu destinasi yang belum sempurna jika kamu belum menjelajahi wisata malamnya. Bahkan banyak juga wisata malam di Jogja yang cocok dikunjungi keluarga. Simak deretan wisata malam di Jogja yang ramah keluarga di bawah ini.

Wisata Malam di Jogja Ramah Keluarga

1. Jalan Malioboro dan Tugu Jogja

Tentu saja tempat pertama dan yang paling ikonik dari kota Jogja adalah Jalan Malioboro dan Tugu Jogja (gambar di atas). Dengan menyusuri Jalan Malioboro sekitar 15-20 menit ke utara sampai Tugu Jogja, kamu akan menemukan suasana night market yang meriah. Sepanjang jalan akan dipenuhi dengan penjual beragam jenis makanan dan barang-barang khas Jogja. Selain menikmati cantiknya Tugu Jogja hingga puas, kamu dan keluarga juga harus mencicipi menu-menu yang ditawarkan oleh angkringan, gerobak makanan bernilai budaya dari Yogyakarta yang legendaris.

2. Bukit Bintang Jogja

Sumber: Google oleh Laode Asfahyadin Aliddin

Berikutnya ada Bukit Bintang, spot nongkrong yang menyajikan pemandangan lampu kota dari dataran tinggi. Lokasi tepatnya ada di Srimulyo, Patuk, Gunung Kidul, sekitar 30 menit dari pusat Kota Jogja. Meski sedikit jauh, kamu akan terpesona dengan keindahan lampu-lampu seperti taburan bintang dari ketinggian 150 mdpl. Untuk menyempurnakan momen, pilih satu warung dan jangan lupa memesan secangkir kopi serta beberapa kudapan pendampingnya. Dijamin malam kamu di Jogja akan semakin sempurna.

3. Taman Pelangi

Sumber: Google oleh Indra Rachmawan

Jika kamu datang ke Jogja bersama anak-anak, maka Taman Pelangi harus menjadi salah satu destinasi wisata malam kalian. Masih satu area dengan Monumen Jogja Kembali, objek wisata ini menyajikan taman lampion penuh warna yang cantik. Selain lorong lampion dengan bentuk khas, banyak juga berbagai lampion yang dibuat dengan karakter favorit anak-anak. Termasuk bentuk wayang yang menggambarkan budaya Jogja. Agar suasana lebih seru, tantang diri kamu dan keluarga pada beberapa wahana permainan seperti bianglala dan boom-boom car.

4. Tebing Breksi

Sumber: Google oleh Sayurasem Muantep

Apakah kamu penikmat karya seni alam yang unik dan megah? Datanglah ke Tebing Breksi, tempat wisata bekas tambang batuan yang kini menjadi primadona warga setempat. Latar belakang batuan putih tulang kecoklatan di sini memiliki area yang luas dan setidaknya terdapat 12 titik foto yang keren. Mengunjungi lokasi ini pada siang hari yang cerah kurang diminati karena terik matahari yang panas. Sehingga banyak yang tertarik datang pada malam hari. Pantulan warna lampu dan batuan yang menyatu akan membuat foto kamu instagramable.

5. Candi Prambanan

Sumber: res.klook.com

Kamu tentu setuju bahwa Yogyakarta adalah gudangnya budaya Jawa yang kental. Jika kamu ingin menyaksikan pertunjukan tari tradisional Jogja yang menjadi media cerita legendaris, maka Candi Prambanan adalah tempat yang tepat. Pada malam hari, kamu dan keluarga akan takjub saat melihat ratusan penari di Panggung Sendratari Ramayana. Latar belakang Candi Prambanan yang menjulang tinggi melebur menjadi sebuah faktor yang tak bisa dipisahkan dari pertunjukan ini. Karena penonton perlu memiliki tiket, pastikan kamu sudah mengantonginya sebelum ke sana.

6. Pantai Parangtritis dan Bukit Paralayang

Sumber: Niagatour.com

Siapa bilang keindahan alam sulit dinikmati saat malam hari? Jogja nyatanya memiliki Pantai Parangtritis, pantai yang tak kalah menarik dikunjungi saat petang menjelang. Selain menikmati pemandangan matahari terbenam sambil makan jagung bakar, taburan bintang di langit menjadi daya tarik yang harus kamu saksikan sendiri. Polusi cahaya yang minim membuat kamu lebih nyaman melihat langit berbintang plus suara ombak yang menenangkan. Masih dalam satu area yang sama, Bukit Paralayang juga menawarkan spot pemandangan matahari terbenam yang nyaman.

7. Obelix Hills

Sumber: Google oleh Obelix Hills

Satu lagi tempat untuk menikmati senja di Jogja, yaitu Obelix Hills. Area wisata yang luas dengan puluhan spot foto yang unik ini juga menawarkan restoran dan kafe. Tidak berhenti di situ, pengunjung juga bisa menjajal wahana bermain seru seperti taman bermain air, trampolin, hingga ATV. Bahkan untuk keluarga yang ingin merasakan glamping juga bisa di sini.

Tetap Sehat Meski Jalan-Jalan Malam

Salah satu tantangan dalam melakukan perjalanan di tempat wisata malam adalah menjaga suhu tubuh tetap hangat. Suhu tubuh yang menurun drastis terbukti dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sehingga apabila seseorang kurang menjaga kebersihan dan berada dalam kerumunan dalam waktu yang lama, kemungkinan terserang penyakit menjadi lebih tinggi. Untuk itu, menjaga daya tahan tubuh adalah tips yang sangat disarankan.

Selain mengenakan pakaian dan aksesoris yang menghangatkan tubuh, mengonsumsi makanan dan minuman hangat juga bisa dilakukan. Bila perlu, lengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian dengan mengonsumsi suplemen. Enervon menjadi salah satu produk dengan varian beragam yang terpercaya di Indonesia.

Enervon-C Effervescent akan menjaga imun tubuh keluarga dari usia anak-anak hingga dewasa. Dapatkan semua produk tersebut dari satu tempat sekaligus di toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Google oleh Tugu Jogja