Jalan-jalan ke Semarang tentu belum afdal kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Selama ini, ibukota Jawa Tengah ini terkenal akan sajian lumpia dan bandeng prestonya yang lezat. Padahal, masih ada banyak jenis makanan lainnya yang juga tak kalah nikmat lho! Nah, bagi kamu yang sedang merencanakan liburan ke Semarang, maka jangan lewatkan untuk mencoba wisata kuliner Semarang di bawah ini ya!

Wisata Kuliner Semarang

Sajian wisata kuliner Semarang sangat beragam, mulai dari hidangan nasi, bakmi, hingga camilan manis atau asin yang menggugah selera. Berikut ini telah terangkum daftar makanan lezat khas Semarang yang jadi favorit banyak wisatawan untuk kamu coba.

1. Lumpia Gang Lombok

Sumber: kuasakata

Lumpia seakan sudah jadi ikon dari kota Semarang itu sendiri. Oleh karena itu, saat berlibur ke sini, pastikan untuk mencicipi sajian lumpianya ya! Dari sekian banyak tempat yang menjual jajanan lumpia, kamu bisa mampir ke Lumpia Gang Lombok yang beralamatkan di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah.

Lumpia Gang Lombok sangat populer dan menjadi spot kuliner lumpia legendaris dengan isian rebung, ayam, dan udang. Lumpia basah hanya bertahan selama 24 jam, sedangkan lumpia goreng bisa awet sampai 3 hari. Selain untuk disantap sendiri, jajanan lezat yang satu ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah ya!

 

2. Nasi Gandul Pak Memet

Sumber: sonora.id

Meskipun Semarang terkenal dengan sajian lumpianya, masih ada banyak kuliner lezat lainnya yang wajib kamu coba. Salah satunya adalah Nasi Gandul Pak Memet. Nasi Gandul adalah hidangan berupa nasi putih yang disiram dengan kuah santan dengan tambahan daging sapi atau jeroan di dalamnya. 

Agar lebih nikmat, beri sedikit perasan jeruk nipis dan juga sambal. Biasanya, makanan ini disajikan di atas piring berlapis daun pisang, sehingga membuatnya terlihat unik. 

 

 

3. Tahu Gimbal Pak Haji Edy

Sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Sajian lezat berikutnya yang wajib banget untuk kamu santap adalah Tahu Gimbal Pak Haji Edy yang sudah ada sejak tahun 1972 lho! Bagi yang sudah familier, pastinya tahu kalau makanan ini berisi lontong, telur goreng, kol, dan juga gimbal yang disiram dengan kuah kacang. 

Bagi orang Semarang, gimbal adalah sebutan untuk gorengan/bakwan udang. Jika kamu penasaran, yuk langsung saja menuju ke lokasinya yang beralamatkan di Jl. Pandanaran No.2, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

 

4. Soto Bangkong

Sumber: ikurniawan.com

Opsi wisata kuliner Semarang lain yang cukup menyegarkan adalah Soto Bangkong. Sajian soto yang dijual di sini terasa sangat gurih karena menggunakan daging ayam kampung. Selain itu, kuahnya juga terasa sangat khas karena menggunakan kecap hasil racikan sendiri. Nama Bangkong sendiri dulunya diambil dari lokasi warung soto yang ada di Jalan Bangkong. 

 

 

5.  Nasi Koyor Kota Lama

Sumber: beritajateng.tv

Kuliner legendaris di Semarang kerap diburu oleh para wisatawan, contohnya seperti Nasi Koyor Kota Lama yang sudah ada sejak tahun 1955. Bahkan, cita rasanya masih tetap sama sampai sekarang lho! Sesuai dengan namanya, hidangan ini berisi nasi putih yang disajikan dengan urat sapi/koyor, oseng kacang panjang, dan tambahan sambal.

 

6. Babat Gongso Pak Karmin

Sumber: ayosemarang.com

Buat kamu yang hobi makan jeroan, maka wajib mampir ke Babat Gongso Pak Karmin. Ada banyak jenis jeroan yang bisa kamu temukan di sini seperti hati, paru, dan juga limpa yang dibumbui dengan kecap serta cabe rawit. Warung kuliner yang sudah ada dari tahun 1971 tersebut bisa kunjungi di kawasan Jembatan Mberok, Jl Pemuda, Kota Lama Semarang.

 

 

7. Bebek Goreng Pak Thori

Sumber: kompas

Mau hidangan yang simpel dan lezat? Kamu bisa datang ke Bebek Goreng Pak Thori yang berlokasi di Desa Wisata Kandri, Gunungpati. Dijamin kamu tidak akan kecewa karena sajian bebek diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk nan lembut. Selain bebek, warung ini juga menjual menu lain seperti ayam, lele, burung dara, dan juga gongso.

 

8. Bakmi Jawa Pak Gareng

Sumber: jatenglive

Pecinta bakmi Jawa jangan lupa singgah ke Bakmi Jawa Pak Gareng yang beralamatkan di Jalan Wotgandul Dalam No 177, Gabahan, Semarang Tengah. Di sini kamu bisa memesan rangkaian menu bakmi seperti bakmi goreng atau kuah, serta nasi ruwet yang merupakan sajian nasi goreng dengan campuran bakmi goreng. Umumnya, semua menu tersebut diolah dengan tambahan telur, ayam suwir, kol, dan juga sawi.

 

 

9. Tahu Pong Gajah Mada 

Sumber: banggasemarang

Sajian sederhana khas Semarang yang satu ini jangan sampai lolos ya! Apalagi kalau bukan Tahu Pong Gajah Mada. Perpaduan tahu gurih, tahu gimbal, dan juga telur dengan saus cocolan yang khas ini pasti akan bikin kamu ketagihan. Yuk langsung saja meluncur ke Jalan Gajahmada Nomor 63 B daripada penasaran.

 

10. Kue Leker Paimo

Sumber: lifestyle.okezone

Bosan dengan yang asin-asin? Ada juga lho kuliner Semarang yang rasanya manis seperti Kue Leker Paimo. Walaupun hanya bermodalkan gerobak dan tenda kaki lima, tapi wisata kuliner Semarang yang satu ini selalu ramai pembeli. Pilihan topping yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari coklat, keju, pisang, hingga telur sosis. Bagi yang mau mencoba langsung saja menuju ke Jalan Karang Anyar No 37, tepatnya di depan SMA Kolese Loyola Semarang.

 

 

Nah, jangan sampai kamu sakit saat sedang wisata kuliner di Semarang ya! Pastikan untuk menjaga daya tahan tubuhmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet setiap hari.

Di dalam setiap tablet Enervon-C Tablet mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imunitas, serta vitamin B-Kompleks yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh. Dengan demikian, kamu akan senantiasa sehat dan fit sepanjang hari selama berlibur!

Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produk asli Enervon-C Tablet dan lainnya secara online sekarang juga!