Mungkin banyak dari kalian yang setuju bahwa memilih jurusan kuliah sama dengan memilih jalan karier di masa depan. Terutama bagi kamu yang berencana untuk langsung bekerja segera setelah lulus. Dengan dinamisnya dunia kerja, dalam jangka waktu 3-4 tahun masa kuliah, ada kemungkinan tren pekerjaan juga ikut berubah. Sehingga pemilihan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dalam 5-10 tahun ke depan menjadi hal yang banyak dipertimbangkan.

Selain mengenali topik pembelajaran dan bidang pekerjaan yang paling kamu sukai, menganalisis prospek kerja tak boleh diremehkan. Sebagian orang terbuka pada banyak hal dan berusaha mengasah fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi terlepas dari jurusan apa yang diambil. Namun jika pemilihan jurusan kuliah sudah sesuai dengan permintaan dunia kerja yang tinggi, tentu saja kemungkinan untuk diterima perusahaan atau organisasi menjadi semakin besar. Simak daftar jurusan kuliah yang paling dibutuhkan dunia kerja dan tren pekerjaan pada tahun 2024 di bawah ini.

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

1. Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Semakin tingginya perkembangan teknologi komputer dan perangkat lunak di semua sektor kehidupan menjadikan kedua jurusan ini banyak diminati pemberi kerja. Jika kamu lebih suka bidang teoritis dan penelitian, maka ilmu komputer akan cocok. Sedangkan untuk kamu yang percaya diri pada praktik dan penerapan di lapangan, teknik informatika akan lebih sesuai. Meski begitu, keduanya memiliki keterikatan yang kuat saat masuk dunia kerja.

2. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Bicara soal pemanfaatan perangkat lunak, kecerdasan buatan dan teknik robotika juga akan banyak dibutuhkan. Jurusan ini tak kalah peminatnya dengan jurusan teknik perangkat lunak. Terutama oleh perusahaan besar yang mengalami pertumbuhan cepat di bidang teknologi, produksi, dan pelayanan. Karena kampus yang membuka jurusan ini di Indonesia belum banyak, jadi lulusannya tentu akan bernilai tinggi bagi pemberi kerja.

3. Teknik Mesin dan Elektro

Meski terkesan hampir sama, teknik mesin dan elektro memiliki fokus studi dan arah karier yang berbeda. Lulusan teknik elektro akan banyak dibutuhkan di bidang produksi dan inovasi perangkat elektronik, otomotif, hingga jaringan internet. Sedangkan jurusan teknik mesin memiliki peluang yang lebih luas lagi di bidang industri.

4. Teknik Biomedik, Keperawatan, dan Farmasi

Untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia kesehatan, peluang kerja masih sangat terbuka lebar. Apalagi dengan fenomena bonus demografi dan peningkatan jumlah lansia pada beberapa tahun yang akan datang. Selain jurusan keperawatan dan farmasi, jurusan biomedik juga banyak dicari. Jurusan ini akan menggabungkan kesehatan dan teknologinya.

5. Ilmu Ekonomi dan Akuntansi

Pada kategori sosial humaniora, ilmu ekonomi dan akuntansi masih memegang peringkat atas untuk jurusan yang banyak diminati. Hampir semua sektor bisnis akan membutuhkan lulusan jurusan ini. Menganalisis data keuangan, memproyeksikan keuntungan, hingga mengambil keputusan bisnis dan birokrasi akan banyak melibatkan lulusan ekonomi dan akuntansi.

6. Manajemen dan Administrasi Bisnis

Masih berkaitan dengan birokrasi korporat, bisa dibilang semua bentuk usaha akan membutuhkan lulusan manajemen dan administrasi. Persoalan mengenai penyusunan strategi dan rencana bisnis, pemasaran, perekrutan, dan segala kebutuhan administrasi masih banyak dicari. Terutama jika lulusan jurusan ini mampu mengolaborasikannya dengan teknologi terkini.

7. Digital Marketing

Dalam satu bidang bernama pemasaran, sudah banyak profesi baru yang akan dibuka. Kamu akan belajar soal pemasaran digital, pengelolaan media sosial dan marketplace, SEO dan SEM, hingga pengembangan merek. Meningkatkan pengguna aktif dunia digital membuat lulusan jurusan ini banyak dicari pebisnis. Jurusan lain seperti desain grafis, pembuat konten pemasaran, hingga analisis pelanggan juga masuk dalam bidang sejenis.

8. Matematika dan Statistika

2024 dan tahun-tahun berikutnya akan identik dengan penggunaan data di segala bidang. Tidak hanya proses pengolahan, data analis juga sangat dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan berdasarkan analisis yang valid dan akurat. Khusus pada jurusan matematika, lulusannya bahkan bisa merambah ke dunia pendidikan dan penelitian.

Tren Pekerjaan 2024

Bicara soal tren pekerjaan yang akan banyak dicari pada tahun 2024, maka akan jauh lebih mudah jika mengerucutkannya pada sektor atau bidangnya. Dalam laporan The Economic Times (2023), dijelaskan bahwa terdapat 5 sektor yang akan tumbuh dan berkembang pesat pada tahun 2024. Secara singkat, kelima sektor tersebut adalah manufaktur, e-commerce, telekomunikasi, farmasi dan kesehatan, serta bisnis retail.

Salah satu tips untuk mengikuti tren tersebut adalah dengan tidak takut untuk terus belajar. Ilmu pengetahuan dan dunia kerja akan terus berkembang, apalagi dengan banyaknya faktor eksternal yang sulit diprediksi. Sehingga keterampilan untuk berani mengambil kesempatan besar dalam berbagai bidang juga penting dimiliki. Dengan jutaan profesi dan jenis pekerjaan baru pada 5-10 tahun yang akan datang, akan ada banyak peluang yang terbuka dari satu jurusan kuliah. Jadi, pastikan juga kamu suka dan memiliki minat yang besar pada bidang tersebut.

Tetap Aktif Belajar dan Berkarya Bersama Enervon

Investasi paling menjanjikan untuk menjalani kehidupan perkuliahan dan mempersiapkan dunia kerja adalah kesehatan fisik dan mental yang terjaga. Belajar dan berkarya dalam bidang yang kamu sukai akan memberikan manfaat yang optimal kepada lebih banyak orang saat tubuh berenergi, bugar, dan bahagia. Khusus pada kesehatan fisik, Enervon Active siap mendukung dan melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Bahan non-acidic yang digunakan membuat suplemen ini aman dikonsumsi setiap hari. Hanya dengan minum satu tablet per harinya, kamu telah membantu tubuh dalam mengelola energi seharian. Jaga produktivitas dan pengembangan diri kamu bersama Enervon dengan mengaksesnya dari toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

Debleena Majumdar. 2023. Class of 2024: The sectors and job roles that will rule the year ahead. The Economic Times. Diakses pada 9 Januari 2024 dari https://economictimes.indiatimes.com/jobs/hr-policies-trends/class-of-2024-the-sectors-and-job-roles-that-will-rule-the-year-ahead/articleshow/106012599.cms?from=mdr