Sebagai orangtua, kamu pasti sering menyuruh anak untuk fokus, terutama ketika sedang belajar. Anak- anak memang mudah sekali teralihkan perhatiannya, apalagi jika anak mengerjakan hal yang tidak menarik baginya, pasti ia semakin tidak fokus.

Tetapi, tenang saja. Di waktu bermainnya, kamu bisa mengajak si kecil untuk memainkan 5 permainan berikujt ini yang bisa melatih konsentrasinya jadi lebih baik lagi.

1. Tounge twister, membantu anak mengingat rangkaian kata dengan cepat

Credit: heritageseniorcommunities.com

Permainan anak yang populer ini bisa meningkatkan konsentrasi anak dan keterampilan berbicaranya. Cara bermainnya pun cukup mudah, siapkan beberapa kalimat yang akan dibacakan oleh anak, seperti “ular melingkar di atas pagar”, atau “red lorry, yellow lorry, red lorry, yellow lorryI”  dan lain sebagainya.

Setelah itu, minta anak untuk melafalkannya dengan cepat. Kamu juga bisa melafalkannya barengan dengan anak.

2. Dot to dot, fokus dari satu titik ke titik lain

Credit: handsonaswegrow.com

Permainan anak yang satu ini pasti sulit untuk ditolak. Pilih gambar dot to dot yang menarik untuk anak dari internet. Permainan ini dilakukan dengan menggambar sebuah benda dan membuat garis dari satu titik ke titik lainnya. Dengan begitu, anak akan lebih fokus untuk melihat setiap titik karena penasaran akan jadi apa gambarnya nanti.

3. Mencari nomor yang hilang, melatih indera pendengaran

Credit: hellomagazine.com

Beri instruksi pada anak untuk memberitahu kamu angka berapa yang hilang. Lalu, mulailah menghitung angka secara berurutan dan dengan sengaja lewatkan satu nomor. Misalnya “11,12,13,14,16”. Maka si kecil harus mengatakkan “15”. Begitu seterusnya dan tingkatkan kesulitan secara perlahan.

4. Menebak apa yang berubah, meningkatkan visual anak

Credit: kidspot.com.au

Berdiri berhadapan dengan anak, lalu minta anak memperhatikanmu dengan teliti, seperti cara berpakaian, aksesoris yang kamu gunakan, dan lainnya. Setelah anak siap, kamu dan anak saling berbalik.

Kemudian, ubahlah penampilanmu seperti melepas kacamata yang kamu pakai, menggulung lengan baju, atau memakai aksesori tambahan seperti gelang danjam tangan. Setelah itu, kamu bisa meminta anak menjawab apa saja yang berubah darimu. Permainan ini akan meningkatkan kemampuan visual dan daya konsentrasi anak jadi semakin tinggi.

5. Permainan anak “satu menit saja” dapat melatih konsentrasinya saat berhadapan dengan waktu

Credit: unsplash.com

Yang kamu perlukan adalah stopwatch dan bola warna- warni. Sebarkan bola ke dalam ruangan bermain. Kemudian, minta anak untuk mengumpulkan bola berwarna biru sebanyak- banyaknya selama satu menit. Setelah satu menit, minta anak menghitung ada berapa bola yang berhasil ia kumpulkam, dan liat apakah ada warna lain yang tercampur atau tidak.

Permainan satu menit ini bisa divariasikan dengan aktivitas lain seperti menuang air dalam beberapa gelas plastik tanpa tumpah selama satu menit.

 

Nah, itu dia 5 permainan anak yang bisa membantunya untuk meningkatkan konsentrasinya. Jika kamu melakukannya lebih sering, hasilnya pasti maksimal. Selamat bermain bersama si kecil, ya!

 

 

Featured Image - babycaremag.com