Semua orang pasti mengenal jeruk sebagai salah satu sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan, khususnya untuk daya tahan tubuh. Satu buah jeruk mengandung 70 mg vitamin C, yang merupakan 78 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Sumber vitamin C ini tidak hanya ada pada jeruk, tetapi ada berbagai sumber buah dan sayur lainnya yang juga mengandung tinggi vitamin C. Asupan vitamin ini merupakan hal yang penting untuk perkembangan si kecil, lho.

Asupan vitamin C setiap anak, berbeda sesuai usianya. Untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, perlu mengonsumsi 15 mg vitamin C setiap hari. Dan untuk anak usia 4 sampai 8 tahun, memerlukan 25 mg vitamin C setiap harinya.

Manfaat vitamin C untuk si kecil

Credit: yummy.ph

Dalam dosis yang tepat, vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk anak, yaitu:

  • Membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan
  • Membantu gusi anak tetap sehat
  • Memperkuat pembuluh darah anak
  • Meminimalkan memar dari jatuh dan goresan
  • Membantu luka agar cepat sembuh
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah infeksi
  • Membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan.

Makanan sehat sumber vitamin C untuk anak

1. Kale

Credit: backyardvitality.com

Sayuran yang satu ini mengandung vitamin C yang tidak kalah tinggi dengan jeruk, yaitu sekitar 89 persen vitamin C. Selain vitamin C, kale juga mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi, mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin.

2. Kiwi

Credit: jawapos.com

Dibalik rasanya yang segar, kiwi mengandung sekitar 7 mg vitamin C atau sekitar 79 persen kebutuhan vitamin C harian. Penelitian menunjukkan bahwa kiwi dapat membantu mengurangi stres oksidatif, hingga dapat menurunkan kolesterol terutama pada orang dewasa. Dan tentu saja, kandungan vitamin C nya pun bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, dengan mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama empat minggu, dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20 persen. Dan kadar vitamin C dalam darah menjadi normal setelah satu minggu, setelah mengalami peningkatan sebesar 304 persen.

3. Brokoli

Credit: greengoldfarms.net

Brokoli seringkali disebut sebagai sayuran super karena khasiat kesehatannya yang besar. Brokoli mengandung 51 mg vitamin C atau sekitar 57 persen dari kebutuhan harian. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi brokoli dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Leci

Credit: report.az

Sumber vitamin C dari makanan sehat untuk anak yang memiliki kandungan vitamin C selanjutnya adalah leci. Buah ini mengandung 7 mg atau 7,5 persen vitamin C dari kebutuhan harian.

Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang baik untuk pertumbuhan otak anak, menyehatkan jantung, dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

5. Pepaya

Credi: globalvillagespace.com

Buah papaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam satu porsi, sekitar 145 gram, papaya memiliki 87 mg atau 97 persen vitamin C dari kebutuhan harian. Bahkan, papaya juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita Alzheimer, karena dapat menurunkan peradangan dan mengurangi 40 persen stres oksidatif dalam 6 bulan.

 

Nah itu dia manfaat dan sumber vitamin c dari makanan sehat untuk anak. Selain dari makanan- makanan di atas, kamu bisa memberikan vitamin C dari Enervon dalam bentuk syrup yang cocok dikonsumsi oleh si kecil.

 

 

Featured Image - healthline.com