Apakah kamu ingin menurunkan berat badan tapi tidak menyukai olahraga berat? Tenang saja, kamu tetap bisa menurunkan berat badan dengan olahraga sederhana, yaitu jalan kaki sehat. Selain bisa mengurangi berat badan, kegiatan ini juga bisa memberikan banyak manfaat.

Seperti dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menyeimbangkan hormon, mencegah obesitas, serta membuat tubuh jadi lebih berenergi.

Mengenal Teknik power walking

Credit: cewekbanget.grid.id

Olahraga jalan kaki sehat memerlukan Teknik yang berbeda dari jalan kaki biasa. Yaitu dengan menggunakan Teknik power walking. Untuk melakukan power walk, kamu perlu berjalan lebih cepat, dengan kecepatan rata- rata 5- 7 km per jam.

Power walking mengharuskan kamu untuk berjalan dengan langkah yang lebih panjang dari basanya. Selain itu, tumpuanmu saat menjejakan kaki adalah pada tumit, baru kemudian pindah ke seluruh telapak kaki sambil bergerak maju. Pastikan punggung tetap tegak selama berjalan dan kepala menghadap ke depan.

Angkat kedua lenganmu di kedua sisi tubuh hingga membentuk sudut siku atau 90 derajat. Selama berjalan ayunkan kedua tanganmu mengikuti irama kaki.

Cara menurunkan berat badan dengan jalan sehat

Credit: menshealth.com

Setelah mengetahui Teknik power walking, lalu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga sehat? Berikut ini ulasannya.

1. Untuk membakar 220 kalori

Mulailah dengan berjalan santai selama 5 menit. Kemudian, lakukan power walking selama setengah jam. Sebelum mengakhiri sesi olahraga jalan sehatmu, lakukan pendinginan dengan berjalan santai selama 5 menit. Power walking ini setara dengan olahraga angkat beban selama satu jam.

2. Untuk membakar 355 kalori

Jika kamu memiliki banyak waktu, mulailah dengan berjalan santai selama 5 menit. Kemudian, lanjutkan dengan power walk selama 5 menit. Kurangi sedikit kecepatanmu hingga kira- kira 4 km per jam. Berjalanlah selama satu menit dengan kecepatan ini.

Lalu, kemudian lakukan kembali power walking selama 5 menit. Ulangi ritme ini sampai 6 kali. Setelah itu, akhiri dengan pendinginan selama 3 sampai 5 menit.

3. Untuk membakar 405 kalori

Mulai dengan pemanasan berupa jalan santai selama 5 menit. Lalu, lakukan power walk selama 2 menit. Kurangi kecepatan selama satu menit dan ulangi sampai 15 kali.

Untuk mengakhiri olahraga jalan kaki, berjalanlah dengan santai selama 5 menit. Jika kamu ingin membakar lebih banyak kalori, cari jalur yang memiliki banyak tanjakan. Dan usahakan untuk memperpanjang setiap langkahmu.

 

Itulah caranya menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga jalan sehat. Agar tubuhmu semakin sehat dan bugar, selalu minum vitamin C dari Enervon yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu.

 

 

Featured Image - littleletterslinked.com