Untuk memutuskan resign kerja memang dibutuhkan berbagai pertimbangan yang matang, agar kamu tidak menyesal. Tidak hanya itu, kamu juga perlu cari kerja pengganti sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempatmu bekerja.

Resign sebelum mendapat pekerjaan baru sangat tidak disarankan. Karena kalau teryata setelah resign tidak ada kantor yang nyangkut, kamu sendiri yang akan kewalahan.

Jadi, bagaimana caranya cari pekerjaan baru untuk kamu yang ingin resign? Berikut ini tipsnya.

1. Bikin daftar

Credit: foxnews.com

Ketika kamu bekerja di perusahaan dalam bidang otomotif. Maka, bikinlah daftar perusahaan otomotif yang menjanjikan. Menjanjikan dalam hari ini diliat dari segi kualitas dan kuantitas, ya. Mulai dari jenjang kariernya, gaji, fasilitas, lingkungan kerja, dan jarak atau akses dari rumah. Setidak kelima hal tersebut harus lebih baik daripada tempat kerjamu sekarang.

2. Cari info dari alumni

Credit: bestcellphonespyapps.com

Coba kamu cari informasi, apakah ada alumni sekolah atau kampus kamu yang bekerja di perusahaan yang menjadi targetmu. Kamu bisa bertanya lewat media sosial atau grup di aplikasi chat. Tanyakan apa saja benefit dari kantor tersebut dan bandingan dengan tempat kerjamu sekarang.

3. Jadikan rutinitas

Credit: jopus.net

Aktivitas mencari info kerja ini harus dijadikan sebagai rutinitas setiap hari. Hal ini dilakukan agar kamu tetap fokus pada rencana resignmu, sekaligus menguji kemantapan niatmu.

Kalau kamu memang niat, seharusnya giat dalam mencari- cari info. Sebisa mungkin dapatkan info yang spesifik, agar kamu tidak menyesal kalau ternyata tempat kerja barumu kurang sesuai dengan harapan.

4. Tetap professional

Credit: kaylaitsines.com

Walaupun kamu sudah tidak betah, kamu harus tetap bersikap professional di tempat kerja yang sekarang. Jangan sampai aktivitas mencari pekerjaan barumu menyita banyak waktu, dan akhirnya kerjaanmu berantakan.

Hal ini berguna agar saat resign namamu tidak tercemar. Dan ketika sedang mencari info atau mengirim resume, hindari menggunakan fasilitas perusahaan, terutama e-mail kantor.

5. Rahasiakan dari teman

Credit: sheknows.com

Sebisa mungkin rahasiakan niatmu ini dari rekan kerja, bahkan termasuk teman dekatmu di kantor. Karena satu orang saja bisa menyebarkan kabar ini ke banyak orang. Dan akhirnya rencana resign yang sudah kamu susun malah jadi berantakan.

6. Memperbaiki CV

Credit: usnewsglobaleducation.com

Setelah menetapkan target perusahaan yang akan dituju, sekarang saatnya kamu mengirim lamaran dan CV. Dan jangan lupa untuk memperbaiki CV sebelumnya, ya. Siapa tau perusahaan tujuanmu tertarik denganmu!

 

Itulah keenam tips cari kerja baru untuk kamu yang ingin resign. Yang paling penting adalah memantapkan niatmu ini. Jangan sampai kamu sudah pindah tapi ternyata menyesal dan ingin kembali ke kantor lama. Atau malah salah informasi dan ternyata kantor barumu lebih parah dari sebelumnya.

 

 

 

Featured Image - hrasiamedia.com