Sarapan merupakan rutinitas penting untuk mengawali hari agar tubuhmu tetap berenergi saat beraktivitas. Di Indonesia sendiri, menu sarapan pada umumnya adalah olahan nasi seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, dan lontong sayur.

Namun, menu sarapan di berbagai negara pastinya berbeda- beda. Nah berikut ini menu sarapan sehat ala orang Jepang yang bisa kamu jadikan sebagai menu alternative.

1. Tamago Kake Gohan

Credit: idntimes.com

Tamago kake gohan adalah nasi yang dicampur dengan telur mentah. Berasal dari kata ‘tamago’ yang berarti telur dan ‘gohan’ yang berarti nasi. Dan menu sarapan sehat ini sangat populer di Jepang.

Membuat menu ini juga sangat mudah dan simple, telur mentah biasanya dikocok dalam wadah kemudian dicampur dengan shoyu sesuai selera. Kemudian dituang ke dalam mangkuk berisi nasi. Atau dengan cara lain yaitu mencampurkan telur mentah langsung ke dalam mangkuk nasi dan diaduk bersama shoyu, setelah itu langsung dimakan.

2. Tamagoyaki

Credit: urbanloka.com

Selain menu tamago kake gohan, telur dadar juga merupakan menu sarapan sehat yang sering dijumpai di Jepang. Tamagoyaki merupakan telur dadar yang digulung dan disajikan dengan nasi. Tidak hanya tamagoyaki, terkadang telur juga diolah menjadi telur mata sapi atau telur rebus. Ini tergantung selera masing- masing saja.

Olahan telur memang bergizi, terutama bagian kuningnya karena mengandung kolin, yang merupakan vitamin penting untuk pembentukan sel- sel memori di otak. Selain itu, telur juga mengandung protein tinggi, zat besi, folat, dan vitamin A yang penting untuk pertumbuhan, perbaikan, dan perkembangan sel.

3. Sup miso

Credit: professionalmoron.com

Sup miso merupakan makanan yang selalu ada pada menu makanan orang Jepang. Sup miso sering hadir menemani hidangan nasi ala Jepang. Rasanya seperti kurang lengkap tanpa hadirnya sup miso.

Cara membuat sup miso juga cukup praktis. Cukup panaskan air kaldu dashi lalu masukkan pasta kacang kedai yang difermentasi (miso), kemudian tambahkan potongan tahu, daun bawang, dan wakame (sejenis rumput laut). Dan sup miso pun siap dihidangkan.

4. Olahan ikan salmon atau makarel

Credit: recipes.beewild.buzz

Untuk menu sarapan sehat biasanya ikan digoreng atau dipanggang, kemudian disajikan dengan semangkuk nasi. Ikan jenis ini memiliki kandungan minyak omega-3 yang tinggi dan baik untuk perkembangan otak dan kesehatan. Karena asam lemak omega- 3 merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk perkembangan sel.

Menu makanan ini bisa disajikan satu per satu, misalnya semangkuk nasi dengan salmon serta sup miso atau full set satu nampan berisi semangkuk nasi, natto, olahan telur, ikan dan sup miso. Lengkap deh!

5. Onigiri

Credit: hipwee.com

Onigiri juga dikenal sebagai nasi kepal. Menu sarapan sehat ini mengenyangkan dan juga praktis, karena dapat dimakan di mana saja, terutama untuk kamu yang tidak punya banyak waktu. Saat ini, onigiri sudah bisa didapatkan dimana- mana, atau bahkan kamu bisa membuatnya sendiri.

 

Nah, itu dia kelima menu sarapan sehat ala orang Jepang. Mana nih yang ingin kamu coba? Selain mengonsumsi makanan sehat saat sarapan, agar tubuhmu tetap berenergi saat melakukan aktivitas, jangan lupa untuk minum vitamin C dari Enervon setiap hari.

 

 

 

Featured Image - www.japantrips.co