Sebagai generasi milenial, tentunya sudah cukup dalam menguasai teknologi komunikasi dibandingan dengan generasi sebelumnya. Kemampuan ini yang membentuk perbedaan keadaan pekerjaan milenial dengan generasi sebelumnya.

Zaman dulu mungkin memiliki pekerjaan tetap ada suatu kebanggan, sehingga terkadang sulit untuk memahami ada jenis pekerjaan lain yang tidak kalah membanggakan, yaitu freelance.

Nah, karena semakin banyak milenial yang memilih pekerjaan freelance. Berikut ini merupakan 5 alasan mengapa kamu perlu memilih freelance sebagai pekerjaan di masa mendatang.

1. Sekarang sudah memasuki Technologies Revolution through Internet

Credit: aginginplace.org

Banyak yang belum menyadari, saat ini sudah memasuki zaman dimana sebagian besar masyarakat sudah beralih ke dunia digital. Mulai dari social media, e- commerce, finance technology, dan lain sebagainya.

Kalau kamu masih berpikir bahwa kerja kantoran masih sesuai dengan pekerjaan di masa mendatang, coba pikirkan kembali. Karena jenis pekerjaan tersebut akan semakin sedikit.

2. Artificial Inteligence akan mengambil alih pekerjaanmu

Credit: fairobserver.com

Artificial Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan akan mengambil sebagian dari pekerjaan yang ada saat ini, terutama yang monoton. Semuanya ini akan digantikan oleh mesin, robot, otomatisasi, dan digital aplikasi yang mempermudah segala sesuatunya.

3. Perusahaan yang akan bertahan dalam 20 tahun ke depan adalah perusahaan jasa dan pariwisata

Credit: edumor.com

Bidang pekerjaan yang akan masih bertahan dan tetap ada adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan pariwisata. Hal ini tidak bisa disediakan atau sulit diciptakan oleh mesin atau robot.

4. Pekerjaan freelance menyediakan banyak pilihan pekerjaan yang sesuai dengan passion

Credit: hipwee.com

Perusahaan di kantor mungkin tidak menyediakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Nah, beda dengan pekerjaan freelance. Kamu bisa bekerja apa saja sesuai dengan kemampuan dan passion kamu. Ditambah, kamu akan lebih fleksibel dan bebas dengan waktu.

5. Pekerjaan freelance sudah banyak dan menjadi tren belakangan ini

Credit: jakartakerja.com

Jika di jalan kamu melihat banyak pengendara ojek online, mereka merupakan salah satu contoh dari pekerja freelance yang sedang booming. Penghasilannya pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan banyak dari mereka yang bisa hidup hanya dengan melakukan pekerjaan freelance tersebut.

 

Sudah saatnya kamu mulai memilih pekerjaan yang menjadi passion kamu di masa kini dan masa mendatang. Salah satunya dengan bekerja freelance, tanpa harus selalu merasa wajib bekerja di kantoran. Selamat mencoba!

 

 

 

Featured Image - transferwise.com