Banyak orang yang berpikir bahwa melakukan pekerjaan online dari rumah itu mudah. Banyak kebebasan bekerja yang bisa didapat, seoerti tidak perlu khawatir bangun kesiangan, jam bisa diatur sesuka hati, dan bebas dari aturan kantor yang mengikat.

Meski terlihat santai, bekerja online bisa tetap produktif selama kamu bisa menerapkan strategi yang tepat. Berikut ini cara mengatur dan meningkatkan produktivitas saat memiliki pekerjaan online.

1. Anggap rumah seperti kantor

Credit: hipwee.com

Kamu bisa menciptakan suasana kerja dengan membuat ruangan khusus. Bekerja online dari rumah juga berarti kamu bisa memakai apa pun, tapi kamu juga bisa coba pakai pakaian yang agak rapih seperti pekerja kantoran.

Agar lebih fokus, jauhkan segala gangguan seperti televisi, ponsel, dan media sosial. Dan jangan lupa, awali harimu dengan berolahraga, agar tubuhmu bugar dan produktivitas pun meningkat.

2. Bersihkan ruang kerja

Credit: alpinemaintenance.com

Jangan biarkan ruang kerjamu berantakan, karena ini bisa jadi masalah. Meskipun ruang kerjamu adalah kamarmu sendiri, tetapi ruangan yang berantakan bisa bikin kamu tidak berkonsentrasi.

Coba beli organizer alat tulis, pembatas rak buku, mengelap meja kerja, dan tata ulang ruanganmu. Selain itu, tata dokumen yang kamu perlukan dengan rapih. Hal- hal seperti ini dapat berdampak besar pada kinerja dan dapat membantumu lebih teratur setiap hari.

3. Ketahui apa yang dibutuhkan

Credit: money.usnews.com

Salah satu masalah orang- orang yang memiliki pekerjaan online adalah mereka merasa sulit untuk berinvestasi dalam bisnis. Misalnya, dalam hal software cenderung menggunakan versi gratis daripada yang berbayar. Padahal tidak ada salahnya, meng-upgrade software tersebut agar pekerjaan semakin maksimal.

Investasi pun tidak harus mahal. Misalnya, jika kamu membutuhkan sesuatu untuk mengelola dokumen, jangan menyewa freelancer untuk melakukannya, tapi lakukan sendiri dengan otomatisasi dokumen menggunakan cloud.

4. Set jam kerja

Credit: elitereaders.com

Penting untuk disiplin pada diri sendiri. Jika kamu bisa mengatur jam kerja, kamu dapat meningkatkan organisasi dan produktivitasmu. Susun prioritas dan tetapkan waktu kapan aktivitasmu harus berakhir. Jika kamu disiplin dengan jam kerja, maka akan banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk belajar hal- hal baru.

5. Tentukan target

Credit: sierrakellogg.com

Rencanakan target yang harus diselesaikan, agar pekerjaanmu tetap teratur. Sehari sebelumnya, buat daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Dan susun pekerjaan tersebut berdasarkan prioritas, tapi harus tetap fleksibel apabila ada hal urgent yang harus diselesaikan.

Perencanaan yang baik tentu membuatmu lebih fokus dan mengetahui secara detail berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

 

 

Featured Image - finance-solutions.org