Kerjasama dalam tim atau teamwork terkadang dihindari oleh beberapa orang. Ada yang merasa sanggup bekerja secara individual, sehingga tidak mengandalkan orang lain.

Padahal, teamwork memberikan sejumlah manfaat untuk diri sendiri dan perusahaan, lho. Nah berikut ini 5 manfaat penting dari teamwork yang perlu kamu ketahui dan pahami. Simak ulasannya berikut ini.

1. Meningkatkan efisiensi kerja

Credit: careeraddict.com

Masing- masing orang dalam tim memiliki pemikiran yang berbeda- beda. Namun, tim kerja harus memahami target dalam kelompok dan memiliki satu visi yang sama dalam bekerja.

Jika terjalin teamwork yang baik, maka efisiensi kerja jadi meningkat. Setiap orang akan menjalankan fungsinya secara bersamaan sesuai tanggung jawab masing- masing, sehingga pekerjaan pun dapat cepat selesai.

2. Memiliki banyak ide kreatif

Credit: wework.com

Jika kamu selalu bekerja sendiri, pikiranmu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang. Saat pikiranmu buntu, kamu sulit untuk menemukan ide kreatif dan inovatif. Berbeda jika kamu bekerja dalam tim, kamu dapat saling berkomunikasi untuk bertukar pikiran.

Kreativitas pun akan terbangun karena adanya diskusi untuk membahas berbagai ide yang menarik. Kamu bisa mendapatkan ide terbaik dan menciptakan solusi yang optimal bersama- sama.

3. Beban kerja jadi lebih ringan

Credit: dzone.com

Banyak hal yang dapat dikerjakan jika dilakukan bersama- sama. Pekerjaan besar akan terasa lebih mudah jika dikerjakan bersama dengan tim kerja.

Enaknya memiliki tim kerja adalah kamu bisa membagikan beban kerjamu dan juga memberikan bantuan pada anggota tim lainnya. Semuanya akan saling tolong- menolong dan belajar untuk tidak mementingkan kepentingan sendiri saja, tetapi mengutamakan kepentingan bersama.

4. Saling menguatkan di masa sulit

Credit: uangonline.com

Setiap anggota tim memiliki perannya masing- masing. Namun, semuanya saling mendukung dan melengkapi, terutama pada masa- masa sulit. Manfaat teamwork akan semakin terasa karena kamu bisa mengandalkan satu sama lain.

Bandingkan jika kamu bekerja sendiri, kamu akan merasa kewalahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan kamu pun cenderung mengambil keputusan yang salah di saat stres, karena tidak ada orang yang bisa diajak berdiskusi.

5. Memajukan perusahaan

Credit: alphagamma.eu

Teamwork akan berdampak pada kemajuan perusahaan. Produktivitas akan meningkat karena setiap orang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pekerjaan, sesuai dengan skill nya masing- masing. Pastinya, sebuah proyek yang dikerjakan bersama akan lebih cepat selesai. Dan target perusahaan pun akan cepat tercapai dengan adanya teamwork yang baik.

 

Itulah beberapa manfaat teamwork untuk dirimu sendiri dan juga perusahaan. Manfaat ini bisa kamu rasakan jika kamu memiliki tim kerja yang kompak untuk mencapai tujuan yang sama. Hindari ego masing- masing dan hargai lah kepentingan bersama.

Dengan begitu, semua pekerjaan akan selesai dalam waktu yang cepat dan memenuhi target perusahaan sesuai dengan harapan.

 

 

 

Featured Image - blog.proofhub.com